6 Jenis Lembaga Sosial yang Siswa Perlu Tahu

Anastasia Anjani - detikEdu
Selasa, 24 Agu 2021 15:10 WIB
sekolah tatap muka di ponorogo
Foto: Charoline Pebrianti
Jakarta -

Lembaga sosial menurut Koentjaraningrat adalah suatu sistem norma khusus yang menata serangkaian tindakan yang berpola untuk keperluan khusus manusia dalam kehidupannya. Secara umum lembaga sosial adalah suatu sistem norma tentang aktivitas masyarakat yang bersifat terarah untuk melangsungkan kehidupan bermasyarakat dan kebutuhan pokok manusia.

Jenis-jenis lembaga sosial yang ada di masyarakat antara lain: keluarga, pendidikan, ekonomi, agama, politik, dan budaya.

Berikut adalah penjelasannya yang dikutip dari laman Kemdikbud:

1. Keluarga

Keluarga adalah jenis lembaga sosial yang terkecil dan terbentuk atas dasar perkawinan dan hubungan darah. Terdapat beberapa fungsi dalam lembaga keluarga adalah sebagai berikut:

- Fungsi reproduksi: yaitu menghasilkan keturunan.

- Fungsi ekonomi: yaitu menghidupi keluarga.

- Fungsi proteksi: yaitu menciptakan ketentraman dan keterlindungan baik secara psikologis maupun fisik.

- Fungsi sosialisasi: yaitu mengenalkan anak untuk cara-cara hidup yang baik dan benar. Agar dapat berperan di masyarakat.

- Fungsi afeksi: yaitu memberikan kasih sayang.

- Fungsi pengawasan sosial: yaitu mengontrol segala aktivitas dan tingkah laku dalam keluarga mereka, hal ini biasanya dipegang oleh orang tua untuk mengawasi anaknya.

- Fungsi pemberian status: yaitu melalui perkawinan sebagai pasangan suami istri.

2. Pendidikan

Lembaga pendidikan adalah lembaga berlangsungnya proses pendidikan yang bertujuan untuk mengubah tingkah laku ke arah yang lebih baik. Lembaga pendidikan dimulai dari pra sekolah hingga pendidikan tinggi.

Lembaga pendidikan dibagi menjadi 3:

a. Pendidikan Formal

Pendidikan formal merupakan pendidikan yang dilakukan di sekolah yang diperoleh secara sistematis, teratur, bertingkat, dan dengan mengikuti syarat-syarat yang jelas. Contohnya adalah pendidikan umum, kejuruan, vokasi, profesi, keagamaan, dan khusus.

b. Pendidikan Non Formal

Pendidikan non formal berfungsi sebagai pengganti, penambah, atau menjadi pelengkap pendidikan formal dalam rangka mendukung pendidikan sepanjang hayat. Contohnya adalah lembaga kursus, kelompok belajar, lembaga pelatihan, pusat kegiatan belajar, majelis taklim, serta satuan pendidikan yang sejenis.

c. Pendidikan Informal

Lembaga pendidikan informal adalah pendidikan keluarga. Lingkungan keluarga merupakan lingkungan pendidikan pertama yang ditemui.

3. Ekonomi

Jenis-jenis lembaga sosial yang ketiga adalah lembaga ekonomi. Lembaga ekonomi merupakan bagian dari lembaga sosial yang mengatur hubungan antar manusia dalam pemenuhan kebutuhan pokok.

Lembaga ekonomi terbagi menjadi sektor agraris, industri, dan perdagangan.

Fungsi lembaga ekonomi:

- Memberi pedoman untuk mendapatkan bahan pangan.

- Memberikan pedoman untuk melakukan pertukaran barang/barter.

- Memberi pedoman tentang harga jual beli barang.

- Memberi pedoman untuk menggunakan tenaga kerja.

- Memberikan pedoman tentang cara pengupahan.

- Memberikan pedoman tentang cara pemutusan hubungan kerja.

- Memberi identitas bagi masyarakat.

4. Agama

Lembaga agama adalah lembaga yang mengatur kehidupan manusia dengan agama. Lembaga agama adalah sistem keyakinan dan praktik keagamaan dalam masyarakat.

Agama pada dasarnya aktivitas manusia untuk berhubungan dengan Tuhannya. Agama sangat penting untuk menyeimbangkan kehidupan manusia yaitu antara kehidupan dunia dan akhirat.

5. Politik

Lembaga politik adalah suatu bentuk kegiatan dalam suatu kelompok masyarakat yang proses pembentukan dan pembagian kekuasaannya ditentukan oleh kelompok masyarakat itu sendiri sebagai suatu keputusan untuk menguasai suatu kedudukan demi kepentingan masyarakat pada umumnya.

lembaga politik memiliki fungsi yaitu:

- Pelembagaan norma melalui hukum yang diajukan oleh legislatif.

- Menerapkan UU yang telah disetujui.

- Menyelesaikan konflik antar warga negara yang bersangkutan.

- Mengatur layanan seperti perawatan kesehatan, pendidikan, kesejahteraan dan sebagainya

- Melindungi warga atau warga serangan bangsa lain

- Menjaga kesiapan / kewaspadaan menghadapi bahaya

6. Budaya

Lembaga budaya adalah lembaga publik yang dalam suatu negara yang berperan dalam pengembangan budaya, ilmu pengetahuan, seni, lingkungan, dan pendidikan pada masyarakat yang ada pada suatu daerah atau negara.

Lembaga budaya biasanya berbentuk lembaga swadaya masyarakat (LSM), sanggar, atau paguyuban merupakan elemen lain yang dapat berperan serta dalam pelestarian seni dan budaya.

Demikianlah penjelasan mengenai jenis-jenis lembaga sosial yang harus diketahui oleh detikers! Pahami baik-baik ya detikers!



Simak Video "Keyakinan Jokowi RI Jadi Negara Ekonomi Terbesar Ketujuh di Dunia"
[Gambas:Video 20detik]
(atj/atj)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia