Spot Nongkrong Keren di UNS Solo, Mahasiswa Baru Wajib Tahu Nih

Bayu Ardi Isnanto - detikEdu
Minggu, 22 Agu 2021 17:37 WIB
Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo hentikan aktivitas di kawasan kampus akibat virus Corona. Seperti apa suasana di kampus itu saat tutup sementara?
Spot nongkrong di UNS Solo (Foto: Agung Mardika)
Solo -

Dikenal sebagai kampus hijau, Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo memiliki sejumlah spot nongkrong yang asyik. Tak hanya nongkrong, mahasiswa pun bisa memanfaatkan fasilitas itu untuk mengerjakan tugas kampus.

Bagi mahasiswa angkatan sebelum 2020, tentu ruang publik ini sudah tidak asing lagi. Namun berbeda dengan mahasiswa angkatan 2020 dan 2021 yang kebanyakan belum pernah mendatangi kampus karena pandemi COVID-19.

Buat kalian alumni UNS, jangan kaget kalau sudah banyak perubahan pada ruang publik tersebut. Selain itu, ada sejumlah tempat nongkrong baru yang juga tak kalah menarik.

1. Danau UNS

Lokasinya berada di seberang rektorat, berbatasan dengan Fakultas Pertanian. Dinamakan danau UNS karena lokasinya mirip dengan danau. Suasana sekitar perairan dan rindangnya pepohonan membuat kalian betah.

Sejak 2019 lalu, didirikan sebuah monumen berupa pesawat jenis AS-202 Bravo LM-2017. Peresmian saat itu dilakukan oleh Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto.

Selain disediakan kursi-kursi taman, ada pula sebuah bangunan terbuka yang bisa dipakai untuk berkumpul. Kampus juga menyediakan jaringan internet di Danau UNS.

Danau UNS salah satu spot nongkrong di UNS SoloDanau UNS salah satu spot nongkrong di UNS Solo Foto: Danau UNS salah satu spot nongkrong di UNS Solo (Bayu Ardi Isnanto)

2. Hutan FISIP

Lokasinya berada di sisi belakang Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP). Jika dahulu tempat kurang terawat, sekarang Hutan FISIP sudah ditata menjadi kawasan yang nyaman.

Di dekat kawasan tersebut juga terdapat sebuah gazebo yang juga biasa dipakai mahasiswa berkumpul. Selain itu, Hutan FISIP juga sering digunakan mahasiswa untuk menggelar acara.

3. Kafe Bhinneka

Kafe di Fakultas Teknik ini masih baru, yakni diresmikan 28 Oktober 2019 lalu. Tempat ini didesain tidak hanya sebagai kantin, namun juga tempat berdiskusi serta menggelar acara.

Nama Bhinneka sengaja dipakai untuk memperkuat dasar Pancasila kepada mahasiswa UNS. Sejumlah acara yang pernah digelar di sana, antara lain diskusi kebangsaan hingga pencegahan radikalisme.



Simak Video "UNS Solo Gelar Ujian Penerimaan Mahasiswa Baru Tatap Muka"
[Gambas:Video 20detik]

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia