Cari Tempat Makan Murah buat Nongkrong di Kawasan UNS Solo? Cek di Sini

Ari Purnomo - detikEdu
Minggu, 22 Agu 2021 14:07 WIB
Kantin Mbok Jum kampus UNS Solo
Kantin Mbok Jum kampus UNS Solo (Ari Purnomo)
Solo -

Salah satu tempat favorit para mahasiswa adalah kantin atau tempat nongkrong. Sudah menjadi hal yang lumrah, mahasiswa kadang menghabiskan waktu dengan mengobrol dengan temannya.

Di kawasan Universitas Sebelas Maret (UNS) banyak tempat yang bisa menjadi pilihan saat nongkrong sembari makan. Salah satu pertimbangannya, tentunya makanan yang harganya murah dan tempatnya enak untuk dijadikan tempat ngobrol.

Beberapa pilihan tempat yang mungkin bisa dijadikan sebagai alternatif sebagai berikut.


1. Kantin Mbok Jum

Nama Mbok Jum diambil dari nama pemilik kantin yang berlokasi tepat di belakang koperasi mahasiswa atau Kopma.

Kantin ini cukup dikenal di kampus UNS. Meski lokasinya berada di belakang Fakultas Sastra, tetapi mahasiswa yang datang ke kantin ini tidak terbatas dari fakultas tersebut.

Ada yang dari Kedokteran, FKIP, Fisip, Hukum dan juga berbagai fakultas lainnya. Kantin yang sudah ada sejak puluhan tahun silam ini menyediakan berbagai menu andalan.

Seperti pecel, gudeg, sambel goreng, terik dan juga berbagai menu lainnya. Harganya pun tergolong sangat terjangkau, cukup dengan membayar Rp 11 ribu bisa makan nasi gudeg sambel goreng, telur dadar, kerupuk dua dan juga secangkir teh.

Harga ini tentunya cukup ramah untuk kantong mahasiswa, apalagi kalau masuk akhir bulan. Bahkan, kantin Mbok Jum juga menjadi penyelamat bagi para mahasiswa yang lagi bokek.

Hal ini karena para mahasiswa yang sudah akrab nongkrong di kantin ini biasa ngutang. Pemilik kantin pun memaklumi dan memberikan kepercayaan akan dibayar setelah punya uang.

"Tempatnya cukup enak, luas, teduh, ngobrol nyaman, dan makanannya murah," kata Brian salah satu pelanggan Mbok Jum.


2. Warung Makan Sheringga

Selain di kantin Mbok Jum, ada tempat makan yang juga terkenal murah meriah di sekitar UNS yakni warung makan Sheringga.

Warung yang menjadi idola mahasiswa ini berada di Jalan Awan VII, Jebres. Pembeli yang ingin makan di tempat ini bisa mengambil porsi sesuka hati atau dikenal dengan nama pokwe (jupuk dewe/ambil sendiri).

Salah satu mahasiswa, Imam mengatakan, dirinya sudah cukup sering makan di warung tersebut. "Harganya cukup terjangkau apalagi bagi kami mahasiswa yang ngekos," katanya kepada detikcom, Minggu (22/8/2021).

Tidak hanya murah, lanjut Imam, masakannya juga tergolong enak. Maka tidak heran jika banyak mahasiswa yang kemudian rutin datang ke warung ini.

"Masakannya masuk (enak) bagi saya, lauknya juga banyak pilihannya. Kalau saya sih cocok makan di situ," ungkapnya.


3. HIK di gerbang ISI

Tempat nongkrong lainnya yang digemari mahasiswa adalah di HIK gerbang Institut Seni Indonesia (ISI) Solo. Di tempat ini ada beberapa lokasi HIK yang bisa menjadi pilihan. Ada yang di sisi timur dan ada yang di sisi barat.

Sebagaimana HIK di tempat lainnya, di tempat ini menyajikan berbagai menu khas. Seperti nasi kucing (bandeng), nasi oseng, kemudian untuk lauknya juga cukup lengkap.

Ada tahu, tempe mendoan, tahu isi, bakwan, dan juga berbagai gorengan lainnya. Tidak hanya itu, pembeli juga bisa memesan sate bakaran, ada sate ayam, dan juga menu sate lainnya.

Untuk minumannya juga begitu lengkap, ada es teh, es jeruk, susu dan juga pilihan lainnya. Penjual juga menyediakan tikar bagi pembeli sehingga tidak perlu khawatir tidak mendapatkan tempat duduk.

Salah satu mahasiswa Dipa mengaku cukup sering nongkrong bersama teman-temannya di HIK ISI. "Itu salah satu tempat favorit kami saat nongkrong bersama teman-teman. Makananya lengkap, harganya terjangkau dan yang penting bisa ngobrol lama," katanya.



Simak Video "Asrama Mahasiswa UNS Solo Jadi Lokasi Isolasi Pasien Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(pal/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia