Tempat Kuliner di Sekitar Kampus Unair dengan Harga Mahasiswa, Maba Harus Tahu

Esti Widiyana - detikEdu
Minggu, 15 Agu 2021 16:15 WIB
Salah satu sudut area kuliner klangenan mahasiswa Universitas Airlangga Surabaya
Tempat Kuliner di Sekitar Kampus Unair dengan Harga Mahasiswa, Maba Harus Tahu (Foto: Esti Widiyana/detikcom)
Jakarta - Setiap mahasiswa memiliki tempat makan andalan di sekitar kampus, tentunya dengan harga murah dan tak bikin dompet kosong. Seperti tempat makan di seputar kampus Universitas Airlangga atau Unair Surabaya. Banyak pilihan makanan, sampai tempat yang legendaris dan selalu didatangi mahasiswa Unair. Nah, mahasiswa baru atau Maba harus tahu nih.

Tak hanya makanan favorit saat pagi atau siang hari saja, tetapi makanan malam yang legendaris pun jadi langganan mahasiswa Unair. Selain rasanya yang nikmat, tentunya juga harga murah sesuai dengan kantong mahasiswa.

Beberapa tempat legendaris yang biasa dikunjungi mahasiswa Unair itu antara lain: Pangsit mie ayam Jakarta & mie ayam yamin (cabang Unair FIB). Mie Yamin yang ada di Gubeng Kertajaya IX Raya ini menjadi tempat makan andalan mahasiswa Unair. Harganya pun ramah bagi mahasiswa, yaitu Rp 13 ribu saja, cocok bagi anak kuliahan yang menyukai makanan murah, enak dan porsi banyak.

"Mie Yamin FIB itu gak tau ya, enak banget dan banyak penggemarnya. Porsinya juga jumbo. Biasa mahasiswa yang dicari enak dan banyak. Sebagai yang tidak suka permie ayaman aku malah suka banget," kata Luthfi Husnika Maliyasail, mahasiswa Hubungan Internasional (HI) Universitas Airlangga kepada detikEdu.

Kemudian, jika saat malam mahasiswa Unair yang merasa lapar, kebanyakan akan menuju ke Jalan Pucang Anom yang seperti surganya makanan saat petang hari. Salah satu makanan favorit adalah Rawon Pucang dan Ceker Setan Pucang.

"Rawon Pucang uenak sih, sampek antrean buanyak dan ayam geprek karena porsinya banyak. Lalu ceker setan Pucang karena aku dan temen-temen pecinta kuliner pedes, jadi suka. Selain pedesnya buanget, rasanya juga enak. Gurih dan bumbunya merasuk," jelasnya.

Sedangkan untuk tempat nongkrong yang sekaligus bisa mengerjakan tugas dan diskusi, Luthfi biasanya ke Cafe Wolurolas bersama mahasiswa Unair lainnya. Ada juga beberapa restoran ternama dengan suasana nyaman dan asyik yang jadi tempat kongko mahasiswa.

"Kalau jurusanku (HI) dulu sering ke Cafe Wolurolas di Gubeng Kertajaya IV . Tapi temen lain sering di Dunkin Ngagel, Carl's sama McD," ujarnya.

Sementara Novita, mahasiswa Hubungan Internasional (HI), makanan favorit lainnya selain Mie Yamin FIB, juga ada ayam kremes Kertajaya. Tempat makan ini ada di Jalan Gubeng Kertajaya VII C No.56.

Selain ayam kremes seharga Rp 12 ribu, ada menu lainnya dengan kremesan. Yaitu bebek kremes harganya Rp 17 ribu, lele kremes harganya 9 ribu dan mujair kremes harganya Rp 12 ribu. Ada juga soto ayam yang harganya juga tak bikin geleng-geleng kepala, yaitu cuma Rp 12 ribu saja per porsi.

"Ayam kremes kertajaya itu enak banget, langganan sama temen-temen di sana. Harganya murah, ada soto ayam juga, sama enaknya," tambahnya.

"Kalau aku waktu cangs (nongkrong) sambil ngerjain tugas/ skripsi di coffee toffee depannya Unair B, Starbucks, koridor," tambahnya.

Selain makanan yang telah disebutkan tadi, masih ada banyak makanan enak dan murah cocok ketika tanggal tua atau hemat. Ada pula makanan yang cukup mahal tapi tak kalah enak yang pas dikunjungi saat tanggal muda. Di sekitar kampus Universitas Airlangga juga banyak minimarket, sehingga mahasiswa yang ingin berbelanja menjadi cukup mudah.

Simak Video "Jurusan Sepi Peminat di Unair, Apa Saja?"
[Gambas:Video 20detik]
(erd/erd)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia