Cara Pendaftaran Vaksin COVID-19 untuk Pelajar dan Syaratnya

Novia Aisyah - detikEdu
Kamis, 19 Agu 2021 15:30 WIB
Vaksinasi untuk anak di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat mulai digalakkan. Ditargetkan ada 99 ribu anak usia 12-17 tahun yang akan divaksin COVID-19.
Foto: Bima Bagaskara/Cara Pendaftaran Vaksin COVID-19 untuk Pelajar dan Syaratnya
Jakarta -

Vaksin COVID-19 merupakan salah satu syarat pelaksanaan sekolah tatap muka secara terbatas. Ketentuan ini tak hanya berlaku bagi para guru maupun tenaga kependidikan, namun juga bagi seluruh siswa.

Selain sebagai syarat belajar tatap muka di sekolah, vaksin bagi pelajar kini adalah hal yang penting. Hal tersebut mengingat program percepatan vaksin yang diusulkan pemerintah demi penanggulangan COVID-19.

Komite Penasihat Ahli Imunisasi Nasional dan persetujuan penggunaan vaksin COVID-19 PT. Biofarma (Sinovac) pada usia lebih dari 12 tahun dari BPOM sendiri telah memperbolehkan vaksinasi untuk anak usia 12-17 tahun.

Adapun, mekanisme pemberian vaksin COVID-19 bagi rentang usia ini. Di antaranya:

1. Vaksinasi dapat dilakukan di fasilitas pelayanan kesehatan atau di sekolah/madrasah/pesantren yang berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan dan Kanwil/Kantor Kemenag setempat. Hal ini gunanya untuk mempermudah pendataan dan pemantauan penyelenggaraan.

2. Teknis skrining, pelaksanaan, dan observasi vaksinasi usia 12-17 tahun, sama dengan vaksinasi kelompok usia di atas 18 tahun.

3. Menggunakan vaksin Sinovac dosis 0,5 ml sebanyak dua kali. Pemberian vaksin kedua dilakukan dengan jarak atau interval minimal 28 hari.

Simak syarat dokumen vaksin usia 12-17 tahun di halaman selanjutnya.

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia