3 Syarat Naik Pesawat Terbaru, Wajib Vaksin untuk Pelajar Mulai 12 Tahun

Rosmha Widiyani - detikEdu
Kamis, 19 Agu 2021 10:02 WIB
Ilustrasi pesawat
Foto: iStock/3 Syarat Naik Pesawat Terbaru, Wajib Vaksin untuk Pelajar Mulai 12 Tahun.
Jakarta - PPKM diperpanjang kembali hingga Senin (23/8/2021) untuk wilayah Jawa-Bali. Sebanyak 67 wilayah masuk dalam PPKM level 4, sedangkan 61 area berada di level 2 dan 3.

Penerapan PPKM berdampak pada syarat naik pesawat terbaru yang dikeluarkan pemerintah. Aturan ini tercantum dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) nomor 34/2021.

Salah satu syarat naik pesawat terbaru adalah telah menerima vaksin minimal dosis pertama. Selanjutnya masyarakat akan memperoleh sertifikat vaksin yang bisa diunduh di situs Pedulilindungi.

Dikutip dari laman Kemenkes, saat ini vaksin sudah bisa diberikan mulai dari usia 12 tahun. Pemberian vaksin bekerja sama dengan layanan pendidikan untuk mempermudah pendataan dan pengawasan.

"Vaksinasi bagi anak usia 12-17 tahun dapat dilakukan di fasilitas pelayanan kesehatan atau di sekolah/madrasah/pesantren berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan dan Kanwil/Kantor Kemenag setempat," tulis situs Kemenkes.

Selain sudah vaksin dan punya sertifikatnya, syarat naik pesawat juga mewajibkan pemeriksaan COVID-19. Hasil pemeriksaan harus negatif untuk menekan risiko penularan dan peningkatan kasus.

Syarat naik pesawat terbaru dan lengkap

Tiga poin utama yang wajib diperhatikan adalah sudah vaksin, hasil PCR, atau antigen yang menyatakan negatif COVID-19. Berikut syarat lengkapnya:

1. Menunjukkan kartu vaksin, minimal vaksinasi dosis pertama

2. Menunjukkan PCR H-2 untuk pesawat udara serta Antigen (H-1) untuk moda transportasi mobil pribadi, sepeda motor, bis, kereta api dan kapal laut

3. Ketentuan sebagaimana dimaksud pada angka 1 dan 2 hanya berlaku untuk kedatangan dari luar Jawa dan Bali atau keberangkatan dari Jawa dan Bali ke luar dari Jawa dan Bali, serta tidak berlaku untuk transportasi dalam wilayah aglomerasi sebagai contoh untuk wilayah Jabodetabek

4. Untuk perjalanan dengan pesawat udara antar kota atau kabupaten di dalam Jawa-Bali dapat menunjukkan hasil negatif Antigen (H-1) dengan syarat sudah memperoleh vaksinasi dosis kedua, dan hasil negatif PCR H-2 jika baru memperoleh vaksin dosis pertama

5. Untuk sopir kendaraan logistik dan transportasi barang lainnya dikecualikan dari ketentuan memiliki kartu vaksin.

Selain dari pemerintah, syarat naik pesawat yang dikeluarkan maskapai juga harus diperhatikan. Dikutip dari situs Garuda Indonesia, maskapai ini mengharuskan semua syarat diprint.

Gimana detikers, syarat naik pesawat kamu sudah siap? Buat yang mau bepergian jangan lupa jaga kesehatan dan disiplin prokes ya.

Simak Video "Aturan Terbaru Naik Pesawat Selama Perpanjangan PPKM Level 4"
[Gambas:Video 20detik]
(row/erd)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia