Bendera Kamboja: Sejarah, Warna, dan Simbolnya

Kristina - detikEdu
Sabtu, 14 Agu 2021 10:00 WIB
A Cambodian man holds his national flag in front of the MS Westerdam, owned by Holland America Line, dockked at the port of Sihanoukville, Cambodia, Friday, Feb. 14, 2020. Hundreds of cruise ship passengers long stranded at sea by virus fears cheered as they finally disembarked Friday and were welcomed to Cambodia. (AP Photo/Heng Sinith)
Foto: AP Photo/Heng Sinith
Jakarta -

Bendera merupakan lambang suatu negara, seperti halnya di Kamboja. Seperti apa sejarah, warna, dan simbol bendera Kamboja?

Bendera Kamboja juga dikenal dengan "Khmer". Bendera ini dirancang dalam bentuk persegi panjang horizontal dengan rasio ukuran yang diakui secara resmi adalah 25:16. Bendera ini memiliki tri-band horizontal yang terdiri dari dua warna. Pada bagian tengah terdapat gambar kuil Angkor Wat.

Sejarah Bendera Kamboja

Kamboja telah mengadopsi total 10 bendera yang berbeda selama sejarahnya sejak pertengahan abad ke-19. Bendera nasional Kamboja pertama kali digunakan antara tahun 1948 dan 1970, dan diperkenalkan kembali pada tahun 1993. Pengenalan kembali bendera tersebut bertepatan dengan pemulihan monarki di Kamboja dan pemilihan Majelis Konstituante negara tersebut pada tahun 1993.

Dilansir dari World Atlas, bendera Kamboja pertama kali diadopsi pada tahun 1948 ketika Kamboja masih menjadi protektorat Prancis. Bendera tersebut dipertahankan setelah Kamboja memperoleh pemerintahan sendiri dari Prancis pada tahun 1953.

Namun, bendera tersebut diganti pada tahun 1970 setelah berdirinya Republik Khmer. Sejak itu, Kamboja mengadopsi enam bendera nasional lainnya, termasuk bendera Otoritas Transisi Perserikatan Bangsa-Bangsa di Kamboja (UNTAC), yang digunakan antara tahun 1992 dan 1993, hingga "Khmer" diperkenalkan kembali pada tahun 1993, ketika negara tersebut berubah menjadi monarki.

Bendera lain yang secara resmi diakui dan digunakan di Kamboja adalah Royal Standard. Royal Standard adalah bendera resmi raja negara dan diakui sebagai simbol nasional di Kamboja. Bendera kerajaan terdiri dari simbol lengan kerajaan yang berpusat di bidang biru. Warna biru melambangkan kerajaan monarki.

Warna dan Simbol Bendera Kamboja

Bendera Kamboja terdiri dari dua warna, merah dan biru. Terdapat dua pita biru, satu di atas dan satu lagi di bawah, dengan pita merah di tengah yang dua kali lebih tebal dari pita biru. Pada bagian tengah bendera terdapat gambar Angkor Wat berwarna putih yang dipusatkan pada pita merah.

Makna di balik warna dan simbol bendera Kamboja semuanya terinspirasi oleh kepercayaan budaya negara tersebut. Merah konon melambangkan keberanian bangsa Kamboja. Warna tersebut juga mewakili agama yang dominan di negara tersebut, yaitu agama Buddha.

Sedangkan warna putih juga mewakili keyakinan agama negara dan kebajikan kemurnian. Warna biru dikatakan mewakili rasa persaudaraan, kerja sama, dan persatuan di antara orang-orang Kamboja. Biru juga dapat mewakili royalti monarki negara.

Merah dan biru adalah warna penting selama era Kerajaan Khmer Kamboja. Kuil di tengah bendera melambangkan Angkor Wat, kuil abad ke-12 yang sangat penting secara spiritual, dan budaya di antara orang Kamboja.

Nah, bagaimana detikers sudah semakin paham dengan sejarah bendera Kamboja?



Simak Video "Ikan Pari Air Tawar Raksasa Seberat 300 Kg Ditemukan di Kamboja"
[Gambas:Video 20detik]
(kri/nwy)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia