10 Drama Korea Sesuai Jurusan Kuliah, Bisa Jadi Inspirasi dan Motivasi

Anastasia Anjani - detikEdu
Minggu, 08 Agu 2021 17:00 WIB
Jo Jung Suk Hospital Playlist 2
Foto: Jo Jung Suk SNS
Jakarta - Jika detikers masih bingung ingin berkuliah jurusan apa, jangan khawatir kalian bisa menemukannya sambil menonton drama Korea. Drama Korea memang kental dengan dunia profesi, bisa dipastikan dapat memberikan gambaran ke detikers mengenai profesi-profesi yang ingin detikers dalami sehingga memudahkan dalam memilih jurusan kuliah.

Berikut adalah drama Korea yang sesuai dengan jurusan kuliah. Simak baik-baik ya!

1. Law School

Pemain Drama Korea Law SchoolPemain Drama Korea Law School Foto: Instagram

Law School adalah drama yang menceritakan mengenai insiden mengerikan di Universitas Hankuk. Para mahasiswa dan profesor hukum diduga terlibat dalam kasus di kampus tersebut. Drama ini memiliki sejumlah pemain top seperti Kim Kyung Min yang berperan sebagai Yang Jong Hoon, lalu Lee Jung Eun sebagai profesor Kim Eun Sook, Ryu Hye Young sebagai Kang Sol dan Kim Bum sebagai Han Joon Hwi.

Di drama ini sangat kental dengan nuansa sekolah hukum, bahkan banyak istilah hukum yang belum pernah di dengar sebelumnya. Di drama ini kalian juga akan belajar memecahkan kasus dan simulasi sidang.

2. Start Up

Start-UpStart-Up Foto: (dok. ist)

Start Up adalah drama yang sangat populer pada tahun 2020 lalu. Dalam drama ini kalian belajar menjalani perusahaan rintisan. Tidak hanya itu kalian juga belajar mengenai kecerdasan buatan dan coding serta strategi dalam mendirikan perusahaan rintisan.

Drama ini diperankan oleh Suzy, Nam Jo Hyuk, dan Kim Seong Ho. Bahkan sosok Han Ji Pyeong yang diperankan Kim Seong Ho sangat digemari oleh masyarakat. Drama ini cocok untuk jurusan Manajemen Bisnis maupun Teknik Informatika.

3. Pinocchio, Hush, dan Argon

PinocchioPinocchio Foto: dok SBS

Bagi kalian yang ingin memasuki jurusan jurnalistik namun ragu-ragu kalian harus menonton ketiga drama Pinocchio, Hush, dan Argon.

Ketiga drama tersebut membahas dunia jurnalistik cukup tajam. Drama Pinocchio dan Argon berfokus pada jurnalistik televisi sedangkan drama Hush berfokus pada jurnalistik di media online. Pemain-pemain dari drama tersebut juga merupakan aktor dan aktris dengan kualitas terbaik seperi Yoona SNSD, Park Shin Hye, Lee Jong Suuk, Shun Woo Hee, dan lain sebagainya.

4. Hot Stove League

Hot Stove LeagueHot Stove League Foto: dok SBS

Hot Stove League meraih predikat Best Drama dalam ajang penghargaan Baeksang Art Awards tahun 2020. Hal tersebut memang sudah tidak diragukan karena drama ini sangat fokus membahas dunia baseball dari sisi bisnis dan manajemen.

Semua hal tentang baseball dibahas dengan baik dalam drama ini. Baik dari sisi pemain seperti pergantian dan pembelian pemain, finansial grup, hingga kesehatan para pemain. Drama ini cocok untuk kalian yang ingin masuk jurusan Pendidikan Olahraga, detikers dapat belajar bagaimana caranya menjadi atlet, pelatih, maupun manajer.

5. Run On

Run OnRun On Foto: (dok. ist)

Run On adalah drama yang dimainkan oleh Shin Se Kyung, Im Siwan, dan Kang Tae Oh. Drama ini tidak hanya berfokus pada satu bidang saja melainkan ada empat bidang yang dibahas seperti olahraga lari jarak pendek, perfilman yang berfokus pada penerjemah, agensi olahraga hingga mengenai kesenian.

Dengan menonton drama ini kalian akan mendapatkan gambaran di masing-masing profesi dan masing-masing jurusan seperti Manajemen, Seni, Sastra Inggris, hingga Pendidikan Olahraga. Cukup menarik kan detikers?



Simak Video "Saat Politisi hingga Pemerintah Korea Selatan Soroti Drakor D.P."
[Gambas:Video 20detik]

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia