Mengenal Fenomena Codependent Relationship di Drakor Nevertheless

Puti Yasmin - detikEdu
Selasa, 27 Jul 2021 11:00 WIB
Song Kang dan Han So Hee
Foto: dok. JTBC/Mengenal Fenomena Codependent Relationship yang Terjadi di Drakor NeverthelessMengenal Fenomena Codependent Relationship di Drakor Nevertheless
Jakarta -

Drama Korea (Drakor) Nevertheless tengah naik daun karena ceritanya yang menarik. Ternyata di dalam drama ini, detikers juga dikenalkan dengan fenomena bernama Codependent Relationship.

Drama Nevertheless bercerita tentang hubungan Yu Na Bi dan Park Jae Eon yang tak jelas. Na Bi berkali-kali sakit hati karena perlakuan Jae Eon yang tak serius dengannya. Namun, Na Bi tak berbuat banyak sehingga terus kembali kepada Jae Eon yang telah menyakitinya.


Ternyata, fenomena ini dikenal sebagai Codependent Relationship. Apa itu? Dilansir laman Instagram LPDP, codependent relationship adalah suatu kondisi ketika seseorang terlalu bergantung dengan keberadaan orang lain. Sehingga membuatnya selalu mengutamakan kebahagiaan orang lain daripada diri sendiri.

NeverthelessNevertheless Foto: dok. JTBC

Hubungan seperti dalam drama Nevertheless ini ternyata juga masuk dalam jenis-jenis toxic relationship. Hubungan ini pun berdampak negatif pada diri sendiri karena harus mengutamakan kebahagiaan orang lain.

"Namanya hubungan yang tak sehat, sudah tentu membawa banyak dampak negatif, terlebih dari perilaku yang mengutamakan orang lain, seringkali cita-cita untuk mencapai prestasi atau kebahagiaan diri sendiri harus rela tersisihkan," bunyi keterangan tersebut dikutip detikEdu dari situs LPDP, Selasa (27/7/2021).

Dampak Negatif Codependent Relationship seperti dalam Drama Nevertheless:

  • 1. Gamang Menentukan Kebutuhan dan Keinginan Diri Sendiri

Karena terlalu bergantung dengan orang lain, seseorang bahkan sulit menentukan kebutuhan atau keinginan untuk dirinya sendiri.

  • 2. Mendahulukan Kebahagiaan Orang Lain

"Nggak apa-apa, yang penting dia senang." Sebagai bentuk balas jasa, seseorang yang terlalu bergantung akan mengutamakan kepuasan orang lain di atas kebahagiaan dirinya.

  • 3. Sulit Berkata 'Tidak' dan Tak Mampu Membuat Batasan

Seseorang yang terjebak dalam ketergantungan akan sulit menolak permintaan yang bahkan sebenarnya tak disukainya. Ia tak lagi mampu membuat batasan pengaruh orang lain untuk dirinya.

  • 4. Sulit Mengakui Perasaan Terluka dan Marah

Terlebih, bila lawannya adalah orang yang manipulatif dan punya temperamen tinggi. Seseorang yang bergantung akan sulit mengakui dirinya terluka karena takut lawannya marah atau kecewa.

Bagaimana detikers, apakah kamu tergolong dalam codependent relationship seperti dalam drama Nevertheless?

Simak Video "Episode Final Drakor 'Nevertheless' Alami Kenaikan Rating"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/nwy)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia