Mengenal Paris Saint-Germain, Klub yang Dirumorkan Jadi 'Rumah' Baru Messi

Rahma Indina Harbani - detikEdu
Sabtu, 07 Agu 2021 19:30 WIB
BARCELONA, SPAIN - MARCH 15: Lionel Messi of FC Barcelona looks on during the La Liga Santander match between FC Barcelona and SD Huesca at Camp Nou on March 15, 2021 in Barcelona, Spain. Sporting stadiums around Spain remain under strict restrictions due to the Coronavirus Pandemic as Government social distancing laws prohibit fans inside venues resulting in games being played behind closed doors. (Photo by David Ramos/Getty Images)
Foto: Getty Images/David Ramos
Jakarta -

Klub sepak bola Barcelona mengumumkan bahwa Lionel Messi tidak akan melanjutkan kariernya di Camp Nou pada Kamis (5/8/2021) waktu setempat. Keputusan tersebut secara resmi mengakhiri kebersamaan Barcelona dan Messi setelah 21 tahun lamanya.

Semenjak kabar hengkangnya bintang kenamaan asal Argentina ini, masih belum diketahui klub sepak bola mana yang akan menjadi tujuan selanjutnya. Namun, salah satu keluarga kerajaan Qatar mengumumkan bahwa Paris Saint-Germain (PSG) sudah bergerak untuk menggaet Messi.

Salah satu kerabat bos PSG Khalifah Bin Hamad Al-Thani, menyebut kesepakatan antara PSG dan Messi sudah tercapai melalui unggahan di akun resmi Twitternya.

"Kesepakatan secara resmi rampung. Bakal diumumkan nanti," tulis Khalifah bin Hamad Al Thani, dikutip dari detiksport, Sabtu (7/8/2021).

Lantas, seperti apa klub sepak bola Paris Saint-Germain yang digadang-gadang menjadi rumah baru bagi Lionel Messi tersebut? Simak penjelasan berikut ini.

1. Sejarah Berdiri

Melansir dari publikasi PSG karya Kate Shoup, klub sepak bola Paris Saint-Germain merupakan salah satu klub sepak bola asal Prancis yang sudah berdiri sejak 1970. Klub bola ini bermula dari para warga Inggris yang tinggal di Paris, Prancis mulai membentuk tim sepak bola pertama kali di negara tersebut pada tahun 1863.

Tim sepak bola yang diinisiasi oleh para warga Inggris tersebut memicu lahirnya banyak klub-klub sepak bola di sana. Pada akhirnya klub-klub tersebut mulai tergabung dalam sebuah liga regional.

Pada tahun 1900-an awal, Prancis sudah memiliki sekitar kurang lebih 300 klub sepak bola. Bahkan sepuluh di antaranya berada di Paris sendiri. Salah satu dari klub yang berdiri tersebut bernama Stade Saint-Germain. Klub yang masih amatir dan belum profesional pada tahun 1904.

Sepak bola semakin berkembang di Paris setelah Perang Dunia I. Liga profesional yang pertama kali diadakan di Paris dimulai pada tahun 1932. Bernama Ligue 1. Namun, pada saat itu, hanya satu klub saja yang lolos kualifikasi untuk mengikuti liga tersebut dari banyaknya klub di Paris.

Sekelompok pengusaha dari Paris pun menginisasi sebuah tim baru yang diberi nama Paris Footbal Club (FC). Hingga pada tahun 1970, Paris FC bergabung dengan Stade Saint-Germain. Kemudian nama klub gabungan tersebut berubah menjadi Paris Saint-Germain Football Club atau yang sekarang dikenal dengan PSG

Klik halaman selanjutnya >>

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia