Nama Induk Organisasi Sepak Bola Internasional, Sejarah, dan Tugasnya

Fahri Zulfikar - detikEdu
Jumat, 30 Jul 2021 15:17 WIB
ZURICH, SWITZERLAND - FEBRUARY 25:  A FIFA logo seen near the headquarter Home of FIFA ahead of tomorrows Extraordinary FIFA Congress to elect a new FIFA President at Hallenstadion on February 25, 2016 in Zurich, Switzerland.  (Photo by Matthias Hangst/Getty Images)
Foto: Getty Images/Matthias Hangst/Nama Induk Organisasi Sepak Bola Internasional, Sejarah, dan Tugasnya
Jakarta - Induk organisasi sepak bola internasional adalah Federation International de Football Association (FIFA). Dalam sejarah perkembangan sepak bola, FIFA memiliki peran yang sangat penting.

FIFA berperan dalam pembuatan regulasi hingga menyelenggarakan kompetisi tingkat dunia. Peran lainnya adalah terkait pemberian gelar pemain terbaik, pengundian Liga Champion, dan kejuaraan lainnya.

Berikut penjelasan lengkap sejarah dan tugas lengkap induk organisasi sepak bola internasional FIFA,

A. Sejarah FIFA

Dikutip dari buku Jago Sepak Bola yang ditulis Reki Siaga Agustina, FIFA didirikan di Paris, Prancis pada 21 Mei 1904 saat permainan sepak bola mulai berkembang pesat di dunia.

Tujuan dibentuknya FIFA adalah untuk memajukan sepak bola dunia dengan slogan For The Game, For The World yang berarti permainan sepak bola akan menjadi sebuah pemersatu antarbangsa sesudah perang dunia.

Terbentuknya FIFA merupakan peran dari dua tokoh sepak bola, yaitu Henry Delaunay dan Jules Rimet yang mengadakan pertemuan 7 negara, yaitu Denmark, Spanyol, Swedia, Swiss, Belgia, dan Belanda.

Negara-negara tersebut ditetapkan sebagai anggota FIFA pertama yang diketuai oleh Robert Guerin yang berasal dari Prancis. Hingga saat ini, terdapat 209 negara yang tergabung dalam FIFA.

Anggota FIFA dinaungi beberapa induk organisasi sepak bola regional antara lain:

1. Asian Football Confederation (AFC)

Asian Football Confederation (AFC) adalah organisasi sepak bola untuk negara-negara di Asia, tetapi Australia ikut bergabung di AFC. Didirikan pada 8 Mei 1954 di Manila, Filipina AFC merupakan salah satu dari enam konfederasi benua FIFA.

2. Union of European Football Associations (UEFA)

Union of European Football Associations (UEFA) adalah organisasi sepak bola yang berada di benua Eropa. Sebagai badan sepak bola terbesar di dunia, UEFA menjadi asosiasi yang terkuat dari segi keuangan dan memiliki pengaruh kepada sepak bola dunia.

3. Confédération Africaine de Football (CAF)

CAF merupakan badan organisasi sepak bola untuk negara-negara di Afrika. CAF dibentuk pada 8 Februari 1957 di Khartoum, Sudan.

4. CONMEBOL atau CSF (Confederación Sudamericana de Fútbol)

CONMEBOL merupakan konfederasi sepak bola negara-negara di kawasan Amerika Selatan. Organisasi ini didirikan pada tanggal 9 Juli 1916.

5. Confederation of North, Central American and Caribbean Association Football (CONCACAF)

CONCACAF adalah organisasi sepak bola untuk negara-negara di Amerika Utara, Amerika Tengah, dan Karibia. Adapun tiga negara Amerika Selatan juga ikut tergabung yakni Guyana, Suriname, dan Guyana Prancis. CONCACAF dibentuk pada tanggal 18 September 1961 di Kota Meksiko.

6. Oceania Football Confederation (OFC)

Organisasi yang dibentuk pada tahun 1966 untuk menaungi sepak bola di kawasan Oseania seperti Selandia Baru, Papua Nugini, Fiji, Tonga, dan negara-negara Pasifik lainnya.

B. Tugas FIFA

Sebagai induk organisasi sepak bola Internasional, tugas FIFA tak bisa dianggap enteng. Berikut daftar tugasnya:

  1. Mempromosikan sepak bola
  2. Melakukan pengaturan transfer pemain dari tim ke tim yang lain
  3. Memutuskan gelar pemain terbaik dunia
  4. Mempublikasikan daftar peringkat dunia FIFA pada setiap bulannya.

Daftar tersebut tentunya belum mencakup seluruh tugas FIFA. Semoga penjelasan ini bisa membantu detikers terkait induk organisasi sepak bola internasional ya. Selamat membaca.

Simak Video "Lebih Cinta Sepakbola, Pesepakbola Wanita Pilih Tinggalkan Afghanistan"
[Gambas:Video 20detik]
(row/row)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia