Ini Suku Terbesar di Negara Thailand, Ada yang Tahu?

Trisna Wulandari - detikEdu
Selasa, 03 Agu 2021 13:59 WIB
Negara Thailand
Foto: Shinta Angriyana/detikTravel
Jakarta -

Thailand adalah salah satu negara di ASEAN (Association of Souh East Asian Nations). Jumlah penduduk Thailand pada 2020 adalah 66,19 juta orang. Nah, tahukah kamu, apa suku terbesar di negara Thailand?

Suku terbesar di negara Thailand adalah suku Thai. Suku ini mencakup 36 persen dari total populasi penduduk Thailand. Dalam sejarahnya, suku Thai Pusat memiliki dominasi dalam pemerintahan, ekonomi, dan budaya, seperti dikutip dari buku Peradaban Thailand oleh Muslim Busrowi.

Sub suku Thai Utara dan Suku Thai Selatan masing-masing mencakup sekitar 8 persen dari total populasi Thailand. Selain kelompok suku Thai inti tersebut, ada juga etnis China yang berjumlah sekitar 6-14 persen dari populasi penduduk Thailand. Penduduk etnis China berperan penting dalam kehidupan ekonomi di Thailand. Penduduk etnis China berbaur dengan penduduk Thai melalui pernikahan antarsuku.

Kelompok suku bangsa Thailand yang lebih kecil berdiam di perbatasan Thailand. Suku-suku bangsa Thailand yang lebih kecil ini di antaranya suku Ngio (Shan), Phutai, dan Saek. Ada juga suku Khmer yang merupakan pengungsi dari Kamboja yang datang ke Thailand saat perang.

Ada juga suku Melayu di semenanjung Malaya di Thailand. Sementara itu, suku Karen, suku Meo (Hmong), dan suku-suku yang lebih kecil tinggal di daerah utara dan barat laut Thailand.

Mereka dikenal dengan sebutan penduduk bukit karena tinggal di perbukitan. Suku Karen dikenal sebagai suku leher panjang karena tradisinya memakai kalung untuk memanjangkan leher.

Di bidang pendidikan, penduduk Thailand dikenakan wajib belajar sampai sekolah menengah pertama. Pemerintah memberikan pendidikan gratis sampai sekolah menengah atas.

Karena Thailand adalah negara agraris seperti Indonesia, para penduduknya sebagian besar bermatapencaharian sebagai petani. Para penduduk Thailand banyak membudidayakan padi dan bekerja di kebun karet sebagai penggerak ekonomi.

Agama di Thailand adalah Buddha, Islam, Kristen, Hindu, dan lain-lain. Sekitar 95 persen penduduk Thailand memeluk agama Buddha aliran Theravada.

Sementara itu, sekitar 4 persen penduduk Thailand memeluk agama Islam, terutama suku Melayu yang berada di daerah selatan Thailand. Sisanya memeluk agama Kristen dan Hindu. Pada hari besar dan selama festival, banyak penduduk Thailand memberikan persembahan makanan ke candi yang disebut Wat.

Gimana detikers, sudah tahu ya suku terbesar di negara Thailand, agama, dan perekonomiannya?



Simak Video "Yahukimo Mencekam Usai Kerusuhan yang Tewaskan 6 Warga"
[Gambas:Video 20detik]
(twu/nwy)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia