Manakah Negara di Asia Tenggara yang Memiliki Iklim Tropis dan Subtropis? Ini Jawabannya

Novia Aisyah - detikEdu
Selasa, 03 Agu 2021 06:30 WIB
Gajah di Tempat Wisata Thailand Akhirnya Dipulangkan ke Hutan
Foto: Save Elephant Foundation via AP/Manakah Negara di Asia Tenggara yang Memiliki Iklim Tropis dan Subtropis? Ini Jawabannya
Jakarta - Negara di wilayah Asean kebanyakan memiliki iklim tropis. Namun, ada dua negara yang mempunyai tropis sekaligus subtropis.

Negara di asia tenggara yang memiliki dua iklim yaitu tropis dan subtropis adalah..

Sebelum mengetahui jawabannya, detikers perlu memahami terlebih dulu mengapa sebagian besar negara Asean beriklim tropis.

Kebanyakan negara di kawasan Asia Tenggara mempunyai iklim tropis karena letak astronomisnya yang sama. Pada buku 'Modul Ilmu Pengetahuan Sosial Edisi PJJ untuk SMP Kelas VIII' karya Tenia Kurniawati dan Andri Setiawan, negara Asean yang beriklim tropis mempunyai letak astronomis 23,5 derajat lintang utara dan 23,5 derajat lintang selatan.

Kemiripan iklim inilah yang akhirnya menimbulkan interaksi antar negara Asean. Tak hanya itu, kawasan Asean juga diapit oleh Benua Asia dan Australia. Karena kedua benua tersebut, kawasan Asean mempunyai pola arah angin yang bergantian tiap enam bulan sekali.

  • Lantas, manakah di Asia tenggara yang memiliki dua iklim?

Seperti disebutkan sebelumnya, letak astronomis yang mirip pada sebagian besar negara Asean menyebabkan persamaan iklim, Tetapi ada dua negara Asean yang sebagian wilayahnya beriklim subtropis.

Negara di Asia Tenggara yang memiliki dua iklim yaitu tropis dan subtropis adalah Vietnam dan Myanmar. Penyebabnya, kawasan bagian utara kedua negara tersebut berdekatan dengan wilayah subtropis.

Myanmar terletak di 28 derajat lintang utara. Sedangkan Vietnam ada di 23 derajat lintang utara.

Menurut buku Top No. 1 Ulangan Harian kelas 9 karangan Tim Redaksi Bintang Wahyu, ciri khas iklim negara-negara kawasan Asean ada dua, yakni:

1. Angin muson barat menyebabkan curah hujan yang tinggi.

2. Letak negara-negara Asean yang dekat dengan garis ekuator membuat suhu udara jadi panas.

Selain itu, kawasan Asean terletak di pertemuan antara Sirkum Pasifik dan Sirkum Mediterania. Letaknya yang demikian menyebabkan negara-negara Asean mempunyai banyak gunung berapi.

Meski begitu, kawasan Asean juga memiliki banyak dataran tinggi. beberapa contoh di antaranya adalah dataran tinggi Korat di Thailand, Tonkin di Vietnam, Bolovens di Laos, dan Dieng di Indonesia.

Itu dia dua negara di Asia Tenggara yang memiliki iklim tropis dan subtropis. Kini detikers sudah tahu, kan?

Simak Video "9 Menlu ASEAN Tak Beri Pengakuan Status Junta Myanmar"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/pay)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia