Keren! Mahasiswa Brawijaya Racik Daun Kelor Jadi Body Lotion Cegah COVID-19

Lusiana Mustinda - detikEdu
Sabtu, 24 Jul 2021 11:00 WIB
mahasiswa UB ciptakan Moristin
Foto: Dok. Universitas Brawijaya
Jakarta - Lima mahasiswa Fakultas Ilmu Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Brawijaya (FPIK UB) membuat body lotion yang mampu mencegah COVID-19.

Mahasiswa tersebut adalah Indri Dwi Fitria, Rani Elvira, Jamiilah Zahrotun Jannah, Kevin dan Alfain Homis Fadil. Di bawah bimbingan Muhammad Fakhri, S.Pi, M.P, M.Sc., membuat body lotion karena terinspirasi dari banyaknya penggunaan handsanitizer yang justru sering menyebabkan dehidrasi pada kulit sehingga tak jarang membuat kulit kering.

Dilansir dalam laman Prasetya UB, body lotion ini juga memiliki manfaatkan melembabkan dan menutrisi kulit. Akan tetapi kebanyakan body lotion yang dijual ada yaang menggunakan bahan sintetis seperti butylated hydroxytolune (BHT) dan paraben sehingga dapat menimbulkan efek yang bersifat karsinogenik.

Untuk mengatasi masalah tersebut, kelima mahasiswa dari Universitas Brawijaya ini memanfaatkan kandungan flavonoid dalam daun kelor dan kolagen kulit ikan Patin bernama Moristin.

"Kandungan Daun Kelor seperti apilin, epicatechin dan hesperetin yang memiliki afinitas yang baik terhadap sisi aktif ACE2 (Angiotensin Converting Enzyme 2), dapat menghambat proses interaksi SARS-Cov-2. Selain itu, kolagen dari kulit ikan patin dapat dimanfaatkan untuk mencegah penuaan dini, mencegah keriput, melembabkan kulit dan menambah elastisitas kulit," ujar Indri, salah satu anggota tim.

Moristin dibuat dengan bahan antiseptik kaya antioksidan namun mampu membantu lembabkan kulit. Moristin dibuat dalam tiga varian yaitu Orange Fresh, Choco Melt dan Vanilla Sweet yang dikemas dalam ukuran 250 ml (Rp 50.000) dan 60 ml (Rp 15.000).

Body lotion Moristin kini tersebar secara komersil di online store yaitu Shopee (@moristin.id) dan Tokopedia (moristin_id). Selain platform untuk penjualan online, MORISTIN juga hadir dalam laman aktif Instagram (@moristin.id) agar para pembeli dapat mengetahui info terbaru dari produk tersebut.

Moristin body lotion juga berhasil mendapatkan pendanaan riset dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia dalam ajang Pekan Kreativitas Mahasiswa bidang Kewirausahaan tahun 2021.



Simak Video "Sayur Daun Kelor, Masak Singkat Kuliner Jakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/erd)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia