10 Alat Musik Jawa Tengah yang Populer, Apa saja?

Fahri Zulfikar - detikEdu
Senin, 19 Jul 2021 18:01 WIB
Museum Nasional, Jakarta, mengadakan pelatihan memainkan alat musik tradisional yaitu gamelan. Pelatihan ini sangat diminati oleh anak-anak hingga remaja.
Gamelan merupakan salah satu alat musik Jawa Tengah (Foto: Rifkianto Nugroho)
Jakarta - Gamelan merupakan alat musik Jawa Tengah yang populer. Namun sebenarnya selain gamelan masih banyak alat musik lain yang berasal dari provinsi dengan ibu kota Semarang itu. Apa saja alat musik Jawa Tengah ?

Jawa Tengah terkenal dengan seni dan budaya tradisional yang masih lestari hingga saat ini. Salah satu yang masih bisa dinikmati adalah alat musiknya yang populer karena memiliki irama yang indah.

Dikutip dari laman resmi Kemdikbud, berikut ini 10 alat musik Jawa Tengah yang populer.


1. Gambang

Gambang merupakan alat musik tradisional asal Jawa Tengah yang dimainkan dengan cara dipukul. Biasanya terdiri dari 18 bilah bambu dengan alat pemukul khusus.

Fungsi dari gambang dalam mengiringi lagu adalah sebagai pangrengga lagu. Dalam kesenian gambang kromong biasanya menggunakan gambang.


2. Siter

Dikutip dari laman resmi Sekolah Tinggi Teknologi Bandung, nama "siter" berasal dari Bahasa Belanda "citer", yang juga berkomunikasi dengan Bahasa Inggris "zither".

Siter merupakan seperangkat alat musik yang termasuk dalam gamelan jawa, baik yang ada di Jawa Tengah maupun di Jawa Barat.

Umumnya siter mempunyai panjang sekitar 30 cm dan diisi dalam sebuah kotak ketika dimainkan.

Cara memainkannya adalah senar siter dimainkan dengan ibu jari, sedangkan jari lain digunakan untuk menahan getaran ketika senar lain dipetik.

Jari kedua tangan digunakan untuk menahan, dengan jari tangan kanan berada di bawah senar sedangkan jari tangan kiri berada di atas senar.


3. Bonang

Tak hanya siter, bonang juga merupakan alat musik yang biasa ditemukan dalam seperangkat gamelan Jawa Tengah.

Bonang terbuat dari logam-logam seperti besi, perunggu, atau kuningan yang memiliki bentuk menonjol pada bagian atas yang biasa disebut 'pencu atau pencon'.

Cara memainkannya adalah dengan cara ditabuh atau dipukul bagian atasnya dengan alat pemukul khusus yang disebut bindhi.


4. Kendang

Sama halnya dengan siter dan bonang, alat musik kendang atau yang dimaksud dengan gendang merupakan instrumen tradisional dalam gamelan dari Jawa Tengah.

Kendang berfungsi untuk mengatur irama atau tempo lagu. Instrumen ini sendiri terbuat dari kulit kerbau, tali rotan kayu nangka, kayu pohon cempedak atau kayu pohon kelapa.

Cara memainkannya adalah dengan ditepak menggunakan telapak tangan.


5. Saron

Saron merupakan alat musik gamelan yang masuk ke dalam kategori 'balungan'. Tidak banyak yang tahu alat musik ini tapi ketika mendengar nama dan gambar alat musik Jawa Tengah dengan julukan 'rindik' mungkin bisa terbayang seperti apa rupanya.

6. Gender

Gender adalah musik Jawa Tengah berupa bilah besi yang ditegakkan dengan tali di atas bumbung-bumbung resonator.

Gender dimainkan dengan menggunakan alat tabuh berbentuk bulat yang dilingkari lapisan kain dengan gagang pendek. Seperti halnya Bonang.


7. Kenong

Alat musik Jawa Tengah ini merupakan satu set instrumen jenis gong yang tidak digantung namun berposisi horizontal.

Kenong memiliki posisi penting setelah gong dalam hal memberi batasan struktur suatu gending. Sama seperti bonang, kenong juga diletakkan pada tali yang ditegangkan pada bingkai kayu.


8. Gong

Berbicara gamelan Jawa Tengah akan lengkap jika ada alat musik Gong. Di dalam gamelan gong bertindak sebagai peran utama supaya terwujudnya kombinasi alat musik yang berirama.

Alat musik tradisional Jawa Tengah ini terbuat dari tembaga serta timah dan cara memainkannya adalah dengan cara dipukul.


9. Slenthem

Mungkin beberapa orang belum familiar dengan alat musik tradisional asal Jawa Tengah satu ini. Padahal alat musik ini termasuk salah satu instrumen dari gamelan.

Alat musik ini terbagi dalam lembaran logam tidak tebal yang diuntai memakai tali dan direntangkan di atas tabung.

Cara memainkannya adalah dengan cara dipukul serta membuahkan dengungan rendah yang mengikuti suara saron, balungan, dan ricik.


10. Suling

Meski bisa ditemukan di daerah lain, namun alat musik Jawa Tengah satu ini merupakan alat musik yang populer oleh banyak kalangan.

Suling merupakan alat musik tiup dengan menutup lubang atau nada yang bisa menghasilkan bunyi yang lembut.

Suling tradisional biasanya terbuat dari bambu, sedangkan bahan logam atau tembaga untuk membuat suling modern.


Itulah 10 alat musik Jawa Tengah yang populer hingga saat ini. Sekarang detikers jadi makin tahu kan?





Simak Video "Ragam Alat Musik Tradisional Nusantara di Taman Mini Indonesia Indah Jakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(pal/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia