FKG Unpad Luncurkan Teledentistry, Masyarakat Bisa Konsultasi Gigi Gratis

Fahri Zulfikar - detikEdu
Kamis, 15 Jul 2021 18:30 WIB
Sejumlah anak dan remaja di Tangerang antusias periksa kesehatan gigi di bulan puasa. Lewat kegiatan itu mereka diedukasi akan pentingnya merawat kesehatan gigi
Foto: Ari Saputra
Jakarta - Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Padjadjaran (Unpad) bersama Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM), luncurkan Teledentistry untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Peluncuran dilaksanakan secara virtual pada Kamis (15/7).


Dengan Teledentistry, masyarakat dapat berkonsultasi secara daring seputar kesehatan gigi dan mulut mereka. Layanan tersebut dapat diakses melalui laman rsgm.unpad.ac.id.


Layanan Konsultasi Gigi Gratis


Dilansir dari laman resmi Unpad, Rektor Universitas Padjadjaran Prof. Rina Indiastuti, mengatakan bahwa pelayanan ini bisa jadi solusi menjaga kesehatan gigi secara mandiri.


"Kehadiran Teledentistry menjadi solusi untuk kita menjaga kesehatan gigi dan mulut secara mandiri," kata Rektor.


Nantinya, Teledentistry RSGM dan FKG Unpad ini dapat dimanfaatkan gratis untuk konsultasi dengan dokter gigi dari FKG Unpad melalui pesan teks, telepon, dan video.


Menurut Rektor, di tengah pandemi Covid-19, pelayanan kesehatan gigi dan mulut dapat dilakukan melalui inovasi berbasis teknologi informasi. Hal ini merupakan salah satu bentuk kebermanfaatan Unpad, khususnya RSGM dan FKG untuk masyarakat.


"Kehadiran Teledentistry ini pasti akan sangat relevan di masa kini, masa pandemi, dan saya yakin akan sangat relevan di masa post-covid nanti," tambahnya.


Rektor juga mengungkapkan bahwa layanan Teledentistry melibatkan para dosen di FKG Unpad sebagai bentuk pengabdian pada masyarakat.


Konsultasi Gigi dari Rumah


Sementara itu, Direktur Utama RSGM Unpad drg. Kosterman, MM, mengatakan, Teledentistry hadir seiring dengan imbauan pemerintah untuk mengurangi mobilitas dan tetap di rumah.


"Mudah-mudahan program Teledentistry ini dapat membantu, dapat memberikan manfaat pada masyarakat dan juga bisa memberikan tambahan pengalaman baru bagi sejawat dokter dan dosen FKG Unpad dalam memberikan pengabdian pada masyarakat ," ungkapnya.


Senada dengan drg. Kosterman, Dekan FKG Unpad, Dr. Dudi Aripin, drg., SpKG(K) mengatakan bahwa pelayanan kedokteran gigi biasanya menghasilkan aerosol yang sangat rentan terhadap penularan virus Covid-19.


"Untuk itu dibutuhkan langkah-langkah dalam melakukan pencegahan terhadap penyebaran Covid-19, salah satunya dengan pembatasan pelayanan kesehatan yang bersifat tatap muka dan solusi yg terbaik saat ini, yaitu melalui Teledentistry," papar Dr. Dudi.


Memberi Edukasi Perawatan Gigi


Meski konsep Teledentistry sendiri bukanlah hal baru di dunia kedokteran gigi, namun Dr. Dudi menilai layanan secara virtual ini dapat meningkatkan pelayanan kesehatan gigi dan mulut di tengah pandemi.


Adapun manfaat dari pelayanan Teledentistry, di antaranya:


- Dapat meningkatkan diagnosis diri

- Memfasilitasi pengobatan penyakit gigi dan mulut tepat waktu

- Mempermudah komunikasi antar tenaga kesehatan dan pasien

- Memperluas akses perawatan kepada masyarakat

- Dapat berperan dalam memberikan edukasi terkait perawatan gigi dan mulut kepada masyarakat


Dengan layanan konsultasi serta adanya talkshow dan webinar rutin, Dekan FKG Unpad berharap program Teledentistry bisa berjalan dengan lancar dan bermanfaat untuk masyarakat.



Simak Video "Indra Darmawan, Lulusan Unpad yang Jadi Pemulung Budiman"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia