Perpustakaan Terbaik di Dunia Ternyata Ada di 3 Negara Ini

Anastasia Anjani - detikEdu
Jumat, 25 Jun 2021 16:23 WIB
Perpustakaan Stuttgart, Jerman
Foto: Archdaily
Jakarta - Detikers membaca buku harus dibiasakan mulai sejak dini. Jika tidak suka membeli buku kalian bisa meminjamnya melalui perpustakaan. Tahukah kalian jika di luar negeri terdapat 3 perpustakaan terbaik di dunia?

Apa saja itu? Berikut adalah penjelasannya yang dikutip akun Instagram Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Provinsi Jawa Barat:

1. Perpustakaan Stuttgart, Jerman

Perpustakaan Stuttgart, JermanPerpustakaan Stuttgart, Jerman Foto: Archdaily

Perpustakaan Stuttgart adalah perpustakaan yang memiliki desain bangunan yang unik serta memiliki kesan minimalis. Kesan minimalis tersebut karena warna perpustakaan yang dominan putih. Perpustakaan ini memiliki 11 lantai dengan 9 lantai atas dan 2 lantai bawah tanah.

Selain itu perpustakaan ini memiliki bentuk kubik. Perpustakaan Stuttgart dirancang oleh seorang arsitek asal Korea Bernama Eun Young Yi dan diresmikan pada Oktober 2011.

Kerennya perpustakaan ini menampung 500 ribu buku dan juga memiliki ruang khusus anak-anak. Ruang khusus anak-anak tersebut di desain berwarna cerah dan rak-raknya pendek.

2. Perpustakaan Umum Stockholm, Swedia

Perpustakaan Umum Stockholm, SwediaPerpustakaan Umum Stockholm, Swedia Foto: WikiArquitectura

Perpustakaan di Stockholm ini berbentuk tabung dan didesain dengan buku-buku yang mengelilinginya. Selain itu, buku-buku perpustakaan ini berjumlah jutaan. Detikers dapat dengan mudah menemukan beragam karya sastra dari berbagai negara di dunia.

Perpustakaan terbaik di dunia ini juga memiliki langit-langit yang menyerupai dengan gumpalan awan. Perpustakaan umum Stockholm dirancang oleh arsitek asal Swedia yang Bernama Gunnar Asplund.

3. Perpustakaan Universitas Trinity, Dublin, Irlandia

Perpustakaan Universitas Trinity, Dublin, IrlandiaPerpustakaan Universitas Trinity, Dublin, Irlandia Foto: galilean library.org

Perpustakaan Universitas Trinity merupakan perpustakaan yang ada di Trinity College Dublin. Perpustakaan ini merupakan perpustakaan yang paling tua di Irlandia. Perpustakaan Trinity sudah ada sejak zaman Ratu Elizabeth II pada tahun 1592.

Perpustakaan ini memiliki lorong buku yang sangat besar dan panjang. Dalam satu lorongnya dapat menampung lebih dari 200 ribu buku. Di perpustakaan Universitas Trinity ini juga terdapat buku-buku langka dan memiliki lorong dengan sebutan Long Room.

Nah bagaimana detikers apakah kalian tertarik berkunjung perpustakaan terbaik di dunia tersebut?



Simak Video "Website Khastara: Kumpulan Manuskrip Kuno Jadi Digital Bikinan Perpusnas RI"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia