Peringkat Universitas Dunia 2020 dan Kategori Penilaiannya dari QS WUR

Tim detikcom - detikEdu
Selasa, 09 Mar 2021 17:12 WIB
Gerbang Harvard Yard, Harvard University
Gerbang Harvard University salah satu universitas terbaik dunia 2020 versi QS WUR (Foto: Foto: Brian Snyder/Reuters)
Jakarta - Selama ini detikers bisa mengetahui kampus mana yang terbaik di dunia salah satunya adalah karena adanya sistem pemeringkatan. Melalui peringkat universitas dunia 2020, detikers bisa tetap memantau apakah kampus impian detikers masih di posisi yang terbaik atau tidak.

Karena pastinya setiap perguruan tinggi yang ada di dunia telah terdaftar dan melalui beberapa penilaian untuk menentukan posisi kampus dari ranking teratas dan selanjutnya.

Hal ini bisa menjadi pertimbangan detikers untuk memutuskan kampus mana yang ingin dituju. Oleh karena itu, di setiap tahunnya lembaga pemeringkatan perguruan tinggi internasional akan melakukan penilaian pada puluhan ribu institusi pendidikan yang ada di seluruh dunia.

Untuk perguruan tinggi yang unggul, maka berhak untuk mengantongi predikat sebagai kampus kelas dunia.

Kategori Penilaian Versi QS World University Rankings


Salah satu lembaga yang menilai ranking universitas di dunia adalah QS World University Ranking. Di mana beberapa kategori yang menjadi penilaiannya adalah sebagai berikut.

1. Riset
Hal yang dipertimbangkan dalam riset adalah kualitas dari riset itu sendiri di tengah aktivitas akademik kampus. Indikator lainnya berupa produktivitas, sitasi, dan penghargaan yang diperoleh.

2. Pengajaran
Penilaian dari pengajaran akan dikolaborasikan dengan masukan yang berasal dari mahasiswa mengenai pola pembelajaran yang dijalankan. Di mana rasio pendidikan lanjutan sampai rasio dosen pada mahasiswa.

3. Kemampuan Kerja
Indikator yang digunakan untuk menilai kemampuan kerja adalah survei melalui pekerjanya serta pemeringkatan pekerja dari lulusan di suatu perguruan tinggi.

4. Internasionalisasi
Dalam hal ini menilai tentang proporsi mahasiswa dan staf kampus yang adalah warga asing. Lalu jumlah pertukaran pelajar hingga jumlah WNA yang mewakili setiap mahasiswa.

5. Fasilitas
Fasilitas kampus juga akan menjadi penilaian yang berupa fasilitas olahraga, IT, perpustakaan, hingga fasilitas kesehatan.

6. Online Atau Jarak Pembelajaran
Penilaian lainnya adalah pada pelayanan mahasiswa serta teknologi yang digunakan, lalu interaksi dan keikutsertaan mahasiswa, hingga komitmen kampus dalam menjalankan pembelajaran online.

7. Inovasi
Kategori untuk peringkat universitas dunia 2020 menurut QS World University Rankings dalam inovasi. Hal ini adalah tentang apa yang telah berhasil dicapai oleh kampus.

8. Seni Dan Budaya
Pagelaran seni dan budaya yang diselenggarakan, banyaknya penghargaan budaya hingga investasi budaya juga turut menjadi penilaian.

9. Inklusivitas
Hal ini berkaitan dengan akses yang disediakan universitas ke mahasiswanya. Misalnya berupa beasiswa, keseimbangan gender, dan akses untuk penyandang disabilitas.

10. Kriteria Spesialis
Hal ini universitas akan dinilai dari berbagai spesialisasi yang dimiliki. Seperti halnya tentang pertimbangan akreditasi dan disiplin ilmu.

Kampus Terbaik Di Dunia 2020 Versi QS World University Rankings

Berikut adalah peringkat universitas dunia 2020 dengan versi QS World University Rankings.

1. Massachusetts Institute of Technology (MIT)
2. Stanford University
3. Harvard University
4. University of Oxford
5. California Institute of Technology (Caltech)
6. ETH Zurich - Swiss Federal Institute of Technology
7. University of Cambridge
8. University College London (UCL)
9. Imperial College London
10. University of Chicago

Itulah beberapa kategori yang digunakan oleh QS World University Rankings untuk menilai berbagai perguruan tinggi di dunia guna menentukan peringkat universitas dunia 2020.

Dengan kategori itulah, QS WUR melakukan penilaian setiap tahunnya dan hasil peringkatnya pun bisa detikers ketahui sebagai bahan pertimbangan memilih kampus di luar negeri.

Dengan kualitasnya yang terbaik itulah, maka tidak mengherankan jika banyak pelajar memiliki keinginan besar untuk berkuliah di kampus ini

(erd/erd)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia