Dubes RI Jepang Harapkan Tempe Dapat Perluas Pasar di Jepang dan Jadi Warisan Budaya Dunia

Anastasia Anjani - detikEdu
Rabu, 23 Jun 2021 16:15 WIB
Tempe
Foto: KBRI Tokyo
Jakarta - Heri Akhmadi Duta Besar Republik Indonesia untuk Jepang melakukan kunjungan usaha olahan tempe. Saat melakukan kunjungan tersebut, Heri sangat berharap agar tempe dapat menjadi komoditas di Jepang.

Usaha Tempe Indonesia tersebut dikelola oleh seorang wirausaha Warga Negara Indonesia (WNI) bernama Rustono. Rustono membuka usahanya di Kyoto.

Kunjungan Dubes Heri dilakukan sebagai bentuk dukungan kepada WNI yang berwirausaha di Jepang. Saat melakukan kunjungan Dubes Heri menekankan pentingnya menjaga kualitas cita rasa tempe dan juga tampilan kemasan produk tempe untuk dijual kepada masyarakat Jepang.

Selain itu Dubes Heri juga memastikan kepada Rustono untuk memberikan dukungan konkrit melalui KBRI Tokyo agar usaha tempe yang dikelolanya dapat terus berkembang.

"Perlu diperhatikan kualitas tempe yang dijual. Ini penting dilakukan, agar tetap terjaga minat dan permintaan masyarakat khususnya konsumen Jepang. Kami siap mendukung. Dalam waktu dekat kami akan menampilkan display produk Indonesia di kantor KBRI Tokyo yang salah satunya menghadirkan tempe," kata Dubes Heri melalui keterangan tertulis yang diterima detikEdu.

Menurut Heri tempe merupakan salah satu makanan sehat dan harus terus dipromosikan di pasar Jepang. Ia juga berharap agar tempe dapat dipasarkan di supermarket besar Jepang.

Sementara itu Rutono juga sangat mengapreasi kunjungan yang dilakukan oleh Dubes Heri dan pihak KBRI Jepang ke tempat usahanya. Rustono juga menjelaskan mengenai usaha tempenya dan berharap KBRI Tokyo terus mendukung usahanya. Sehingga nantinya akan menambah omset penjualan usaha tempenya.

"Kami produksi 10.000 bungkus per minggu dan dikirim ke lebih 1.000 titik di Jepang. Meliputi restoran, katering, rumah sakit dan sekolah untuk makan siang, serta hotel, toko-toko Asia, orang Indonesia di Jepang, maskapai penerbangan dan lainnya. Promosi kami hanya dari mulut ke mulut", terang Rustono.

Rustono sendiri dikenal sebagai Raja Tempe Indonesia dan telah merintis bisnisnya sejak tahun 1990an akhir. Tempe yang dibuat Rustono dikenal dengan Rusto's Tempeh, dan sukses dipasarkan di Jepang.

Tidak hanya sukses di Jepang, Rustono juga sukses mengembangkan bisnis tempenya hingga ke Korea Selatan. Pada tahun 2018, tempe Rustono juga berhasil menembus Meksiko, Brasil, dan Hongaria.

Oleh Forum Tempe Indonesia (FTI), Pergizi Pangan Indonesia dan Gabungan Koperasi Produsen Tempe Tahu Indonesia (Gakoptindo) mengusulkan tempe menjadi warisan budaya dunia di UNESCO.

Tak heran jika banyak masyarakat Jepang yang menyukai tempe. Ini beberapa manfaat tempe bagi kesehatan:

1. Mengatasi Masalah Pencernaan dan Mengurangi Peradangan

Tempe memiliki kandungan prebiotic yang dapat meningkatkan kesehatan pencernaan dan mengurangi peradangan. Hal tersebut didapatkan dari proses fermentasi tempe yaitu kandungan asam fitat yang membantu meningkatkan pencernaan dan penyerapan.

2. Tinggi Protein

Tempe adalah makanan yang kaya protein. Satu studi menemukan bahwa makanan ringan kedelai protein tinggi memberikan rasa kenyang dibandingkan dengan makanan ringan tinggi lemak.

3. Mengurangi Kolesterol

Tempe mengandung senyawa tumbuhan alami isoflavone. Isoflavone dalam kedelai berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

4. Mengurangi Stres

Isoflavone dalam tempe juga berfungsi untuk menurunkan stres karena memiliki sifat antioksidan. Antioksidan bekerja dengan menetralkan radikal bebas, atom yang sangat tidak stabil, dan dapat berkontribusi pada perkembangan penyakit kronis.

5. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Tempe juga merupakan sumber kalsium dan mineral. Asupan kalsium yang baik dapat mencegah perkembangan osteoporosis. Penelitian menunjukkan bahwa kalsium dalam tempe diserap sebaik kalsium dalam susu. Sehingga menjadikan tempe pilihan yang sangat baik untuk meningkatkan asupan kalsium.

Bagaimana detikers apakah sudah makan tempe hari ini?



Simak Video "Masak Masak: Resep Tempe Goreng Ragout"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia