12 Makanan Tradisional Indonesia yang Populer dan Lezat

Faqihah Muharroroh Itsnaini - detikEdu
Senin, 08 Mar 2021 19:00 WIB
Gudeg Yu Djum
Foto: dok Gudeg Yu Djum/12 Makanan Tradisional Indonesia yang Populer dan Lezat
Jakarta -

Makanan tradisional Indonesia terkenal lezat dan beragam. Setiap daerah memiliki makanan tradisional yang khas.

Dalam situs makanan tradisional sehat UGM disebutkan, menurut Prof. Murdijati Gardjito, Guru Besar Teknologi Pangan UGM, makanan tradisional adalah makanan yang diolah dari bahan pangan hasil produksi setempat, dengan proses yang dikuasai masyarakat. Hasil makanan tradisional berupa produk yang cita rasa, bentuk, serta cara makannya menjadi ciri suatu kelompok masyarakat.

Bagi sebagian masyarakat, makanan tradisional juga menjadi kebanggaan akan daerah kelahirannya. Maka, bisa dikatakan bahwa makanan tradisional merupakan hidangan yang resepnya diwariskan secara turun-temurun atau telah dikonsumsi bertahun-tahun.

Indonesia yang merupakan negara kepulauan dengan 34 provinsi tentu memiliki makanan tradisional beraneka ragam. Mungkin saja setiap daerah memiliki belasan hingga puluhan makanan khas, namun ada beberapa yang populer di nasional bahkan internasional.

Berikut makanan tradisional Indonesia yang populer:

1. Rendang

Rendang adalah makanan tradisional Indonesia dari Sumatera Barat. Makanan ini sangat terkenal sampai ke luar negeri.

Bahkan chef ternama Gordon Ramsay memasak rendang pada acara National Geographic Uncharted, yang tayang Senin (29/6/2020) lalu. Dalam program tersebut Ramsay didampingi pakar kuliner Indonesia, William Wongso.

2. Gudeg dan Rawon

Gudeg adalah makanan tradisional Indonesia dari Yogyakarta. Gudeg dibuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan.

Dalam membuat Gudeg, diperlukan waktu yang lama yaitu sekitar 18-24 jam. Hal ini dilakukan agar bumbunya menyatu dan bisa mendapatkan rasa manis yang nikmat.

Gudeg dimakan bersama nasi dan disajikan dengan kuah santan kental (areh), ayam kampung, telur, tempe, tahu, dan sambal goreng krecek.

Sedangkan rawon adalah makanan tradisional Indonesia yang berasal dari Jawa Timur. Makanan itu berupa sup daging yang kuahnya berwarna hitam. Kuah hitamnya ini terbuat dari sejumlah bumbu dan rempah bernama kluwek.

Rawon baru-baru ini dinobatkan menjadi sup terenak se-Asia di tahun 2020 versi TasteAtlas. TasteAtlas adalah situs yang membahas kuliner di seluruh dunia.


3. Papeda


Papeda adalah makanan tradisional Papua. Papeda dibuat dari tepung sagu, biasa disantap bersama kuah kuning yang terbuat dari ikan tongkol atau ikan mubara dan dibumbui kunyit serta jeruk nipis.

Selain papeda ada kue sagu. Kue Sagu juga berasal dari tepung sagu. Kue ini agak keras saat digigit, namun kalau di mulut atau dicelup air akan cepat lunak/lembek.

4. Soto Banjar

Makanan Tradisional Indonesia berikutnya Soto Banjar dari Kalimantan Selatan.

Bahan utamanya yakni ayam yang beraroma rempah-rempah seperti kayu manis, biji pala, dan cengkeh.

5. Mie Aceh

Mie Aceh adalah makanan tradisional Indonesia dari Aceh. Mie ini memiliki bahan utama mie kuning atau mie telor.

Biasanya, mie Aceh disajikan dengan potongan daging kambing atau sapi, meskipun ada juga yang mengkombinasikan dengan kepiting, udang, atau cumi.

Mie Aceh terbagi dalam tiga jenis, yaitu mie Aceh goreng, mie Aceh kuah atau sup, dan mie Aceh setengah basah. Saat penyajian biasanya ditaburi bawang goreng, emping, mentimun, perasan air jeruk nipis dan potongan bawang merah.

6. Gulai Belacan

Makanan tradisional Indonesia ini ciri khas dari Riau. Gulai Belacan terbuat dari kuah campuran belacan atau terasi, bahannya biasanya memakai udang atau ikan.

Lalu di Kepulauan Riau salah satu makanan khas yang terkenal adalah Otak-otak. Ada dua jenis Otak-otak yaitu yang terbuat dari ikan dan dari cumi pesan.

Makanan tradisional Indonesia lainnya dapat diklik pada halaman berikutnya

Selanjutnya
Halaman
1 2

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia