Tips Dapat Kerja di Era Otomatisasi Menurut Pakar UI, Apa Saja?

Novia Aisyah - detikEdu
Selasa, 08 Jun 2021 18:40 WIB
PSBB ketat di DKI Jakarta mulai diberlakukan hari ini. Kapasitas karyawan dalam gedung perkantoran baik pemerintah maupun swasta dibatasi maksimal hanya 25 persen.
Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Ada beberapa tips mendapat pekerjaan di era otomatisasi. Apa yang dimaksud dengan era otomatisasi?

Menurut Britannica, era otomatisasi adalah zaman ketika mesin-mesin menggantikan tugas-tugas yang sebelumnya dilakukan oleh manusia dan tidak mungkin dilakukan manusia. Pada era tersebut, manusia harus semakin bersaing dalam mendapatkan pekerjaan.

Melansir dari laman UI, diperkirakan pada 2030 sudah banyak pekerjaan yang diotomatisasi dan jumlah manusia di dunia mencapai jumlah kira-kira 8,3 miliar. Sehingga, diperlukan kemampuan khusus bagi para lulusan perguruan tinggi untuk mendapatkan pekerjaan.

Dalam sebuah kesempatan webinar UI pada Rabu minggu lalu (02/06/2021), salah satu anggota Majelis Wali Amanat (MWA) UI, Noni Purnomo membawakan tema tentang "Kompetensi Lulusan yang Dibutuhkan Industri". Dalam dunia industri saat ini, para pelaku bisnis global utamanya terus membicarakan tiga hal utama, yaitu urbanisasi, digitalisasi, dan konektivitas.

Dikarenakan banyak perubahan dalam teknologi informasi yang mempengaruhi dunia industri, maka dalam rangka adaptasi ada beberapa tips mendapat pekerjaan di era otomatisasi yang harus dilakukan oleh para lulusan perguruan tinggi. Lantas, apa saja tips tersebut?

1. Agility/fleksibilitas

Agility adalah kemampuan untuk fleksibel dalam menghadapi perubahan atau tantangan penguasaan teknologi. Dalam kesempatan tersebut, Rektor UI, Prof. Ari Kuncoro yang mengungkapkan bahwa kegagapan teknologi memicu kerentanan terhadap hoaks.

2. Lifelong learning

Lifelong learning atau kemauan untuk terus belajar adalah tips kedua yang diungkapkan oleh Noni. Baginya, manusia harus bisa dan mau belajar dari manapun dan kapanpun.

3. Kreativitas

Kreativitas yang dimaksud Noni adalah kemampuan untuk berpikir di luar kotak (out of the box) dalam batas-batas tertentu. Ia juga memaparkan bahwa pebisnis kini menyukai tenaga kerja yang solutif.

4. Komunikatif

Kemampuan berkomunikasi dan berhubungan baik dengan orang lain juga salah satu faktor penentu dalam mendapatkan pekerjaan. Noni menggambarkan bahwa rektrumen kini menekankan pada sikap, karakter, dan kemampuan adaptasi.

5. Memahami ilmu terkait bisnis digital

Menurut Noni, karena kini kita sudah berada di dunia digital. Ia berpendapat bahwa seorang lulusan perguruan tinggi perlu memahami analisis data dan analisis perilaku konsumen.

Kelima tips mendapat pekerjaan di era otomatisasi ini penting diketahui untuk kalian yang sudah dalam usia produktif dan memasuki usia produktif. Siap untuk belajar?



Simak Video "Selain CV, Medsos Juga Penting Loh Untuk Screening Calon Karyawan"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia