Cara Membuat CV Menarik dan Baik Agar Dilirik HRD

Puti Yasmin - detikEdu
Senin, 07 Jun 2021 14:50 WIB
Young smiling cheerful woman holding her resume
Foto: Thinkstock/Cara Membuat CV Menarik dan Baik Agar Dilirik HRD
Jakarta - CV atau Curriculum Vitae merupakan dokumen penting saat melamar suatu pekerjaan. Namun agar bisa dipanggil wawancara HRD, detikers harus tahu cara membuat CV menarik dan baik. Seperti apa?

Dikutip dari laman resmi ITS, Senior Talent Acquisition Blibli.com Selvy Ananda mengatakan pada dasarnya ada tiga tahapan CV diproses oleh HRD. Pertama adalah sourcing atau mencari kandidat, kedua meninjau CV atau screening, dan ketiga adalah menghubungi untuk seleksi atau contacting.

Pada tahapan screening atau meninjau CV, kata Selvy, perusahaan akan menggunakan alat bantu bernama applicant tracking system (ATS). Proses kerjanya, yakni mencari kata kunci yang berkaitan dengan posisi kerja tersebut lalu membuat ranking sehingga didapatkannya pelamar untuk dihubungi.

"ATS ini melakukan proses screening dengan cepat berdasarkan kata kunci yang berkaitan dengan posisi pekerjaan, lalu membuat sistem ranking," ujar dia dalam webinar Road to Success: Prepare Your Future dikutip detikEdu, Senin (7/6/2021).

Untuk itu, pelamar harus tahu cara membuat CV menarik dan baik. Adapun, Selvy menyarankan agar para kandidat menggunakan atau menonjolkan kata kunci yang relavan dengan posisi lowongan kerja yang dilamar.

Selain itu, para pelamar juga diimbau untuk menggunakan CV dalam PDF. Serta cara membuat CV lamaran kerja yang baik dan benar adalah menggunakan jenis font yang mudah dibaca oleh komputer, yakni Sans Serif atau Serif.

Lebih lanjut, Selvy menjelaskan contoh CV yang tidak baik, yakni yang menggunakan bar persentase dan dua bahasa. Selain itu, CV dengan informasi yang berlebihan juga mengurangi tingkat menariknya suatu lamaran.

"Untuk menyajikan kemampuan atau keahlian profesional, disarankan tidak menggunakan bar persentase karena tidak dapat diketahui aspek penilaiannya," papar dia.

Terakhir, Selvy menjelaskan, perusahaan akan menghubungi para kandidat yang terpilih dengan CV yang baik dengan kontak yang tersedia di dokumen. Untuk itu, penting untuk memasukkan informasi internal ke dalamnya.

"Informasi personal tersebut dapat berupa nama, alamat tempat tinggal, nomor telepon, email, dan akun pribadinya yang terdapat di platform profesional seperti LinkedIn," tutup dia.

Bagaimana detikers, jangan lupa cara membuat CV menarik dan baik ya!

Simak Video "Ngaku Pejabat PT Hino Purwakarta, Dua Orang Ini Tipu Puluhan Calon Tenaga Kerja"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia