Kumpulan Doa akan Belajar Lengkap dengan Artinya

Fahri Zulfikar - detikEdu
Kamis, 27 Mei 2021 15:52 WIB
side of asian young beautiful muslim woman pray with beads and read quran sit on carpet mat with meditation in mosque.
Foto: Getty Images/iStockphoto/mkitina4
Jakarta -

Berdoa ketika akan belajar menjadi salah satu ikhtiar kita untuk mengharapkan ridha Allah SWT. Tujuannya agar diberi kemudahan dan pemahaman saat menuntut ilmu.

Umat Islam juga dianjurkan untuk berdoa agar diberi kemudahan saat menerima pelajaran serta mendapat ilmu yang bermanfaat. Allah Subhanahu Wa Ta'ala akan meninggikan derajat orang-orang yang beriman dan berilmu.

Berikut ini kumpulan doa-doa yang bisa diamalkan ketika akan belajar.

رَبِّ زِدْنِي عِلْمًا، وَارْزُقْنِيْ فَهْمًا وَاجْعَلْنِيْ مِنَ الصَّالِحِيْنَ

Arab latin: Robbi zidnii 'ilmaa, warzuqnii fahmaa, waj'alna minash-sholihiin

Artinya:
"Ya Tuhanku, tambahkanlah ilmu kepadaku, dan berilah aku karunia untuk dapat memahaminya, Dan jadikanlah aku termasuk golongannya orang-orang yang soleh."

Dikutip dalam buku "Kumpulan Doa Sehari-hari" yang diterbitkan oleh Kementerian Agama juga terdapat doa untuk memohon ilmu yang bermanfaat ketika akan belajar.

Doa Memohon Ilmu yang Bermanfaat

اَللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ عِلْماً نَافِعاً، وَرِزْقاً طَيِّباً، وَعَمَلاً مُتَقَبَّلاً

Arab-Latin : Allahumma Inniy As-aluka 'ilman naafi'an, wa rizqon thoyyiban, wa 'amalan mutaqobbalan

Artinya : "Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, rezeki yang baik dan amal yang diterima". (HR. Ahmad, Ibnu Majah dan Ibnu as-Sunni).

Sementara menurut buku 'Kumpulan Do'a dari Al-Quran dan As-Sunnah yang Shahih' karya Yazid bin Abdul Qadir Jawas dan Qur'an Kemenag, berikut doa belajar agar ditambahkan ilmu.

Doa Agar Ditambahkan Ilmu

فَتَعٰلَى اللّٰهُ الْمَلِكُ الْحَقُّۚ وَلَا تَعْجَلْ بِالْقُرْاٰنِ مِنْ قَبْلِ اَنْ يُّقْضٰٓى اِلَيْكَ وَحْيُهٗ ۖوَقُلْ رَّبِّ زِدْنِيْ عِلْمًا - ١١٤

Arab-Latin : fata'aalaa allaahu almaliku alhaqqu walaa ta'jal bialqur-aani min qabli an yuqdaa ilayka wahyuhu waqul rabbi zidnii 'ilmaan

Artinya : Maka Maha Tinggi Allah, Raja yang sebenar-benarnya. Dan janganlah engkau (Muhammad) tergesa-gesa (membaca) Al Quran sebelum selesai diwahyukan kepadamu, dan katakanlah, "Ya Tuhanku, tambahkanlah ilmu kepadaku. " (QS. Thaha [20]: 114).

Menurut Hadis Riwayat at-Tirmidzi dan Ibnu Majah juga menyebutkan doa akan ditambahkan ilmu.

اللَّهُمَّ انْفَعْنِي بِمَا عَلَّمْتَنِي, وَعَلِّمْنِيْ مَايَنْفَعُنِيْ, وَ زِدْنِيْ عِلْمًا

Arab-Latin : Allahumman-fa'niy bimaa 'allamtaniy wa 'allimiy maa yanfa'uniy, wa zidniy 'ilman

Artinya : "Ya Allah, berilah manfaat kepadaku dengan apa-apa yang Engkau ajarkan kepadaku, dan ajarkanlah aku apa-apa yang bermanfaat bagiku, dan tambahkanlah ilmu kepadaku." (HR. at-Tirmidzi:3599, dan Ibnu Majah:251, 3833).

Itulah kumpulan doa akan belajar yang bisa diamalkan agar senantiasa mendapatkan amal baik dan ilmu yang bermanfaat. Sahabat hikmah jangan lupa berdoa bila akan belajar ya.



Simak Video "Penjelasan Kemdikbud soal Spesifikasi Laptop yang Disoroti Netizen"
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/nwy)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia