Niat Ganti Puasa Ramadhan Arab, Latin, Plus Tata Cara Puasa Qadha

Novia Aisyah - detikEdu
Minggu, 23 Mei 2021 09:02 WIB
Senior Muslim woman preparing food
Foto: iStock/Niat Ganti Puasa Ramadhan Arab, Latin, Plus Tata Cara Puasa Qadha
Jakarta - Niat puasa qadha atau ganti puasa Ramadhan ternyata tidak sulit. Bacaannya mirip niat puasa lain yang tersedia dalam Arab dan latin.

Puasa qadha hukumnya wajib bagi muslim yang sedah wajib menunaikan puasa Ramadhan. Perempuan misalnya, harus mengganti puasa Ramadhan saat sedang tidak berpuasa karena sedang haid.

Kewajiban mengganti puasa Ramadhan terdapat dalam Al Quran surat Al Baqarah ayat 184,

أَيَّامًا مَّعْدُودَٰتٍ ۚ فَمَن كَانَ مِنكُم مَّرِيضًا أَوْ عَلَىٰ سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِّنْ أَيَّامٍ أُخَرَ ۚ وَعَلَى ٱلَّذِينَ يُطِيقُونَهُۥ فِدْيَةٌ طَعَامُ مِسْكِينٍ ۖ فَمَن تَطَوَّعَ خَيْرًا فَهُوَ خَيْرٌ لَّهُۥ ۚ وَأَن تَصُومُوا۟ خَيْرٌ لَّكُمْ ۖ إِن كُنتُمْ تَعْلَمُونَ

Arab latin: Ayyāmam ma'dụdāt, fa mang kāna mingkum marīḍan au 'alā safarin fa 'iddatum min ayyāmin ukhar, wa 'alallażīna yuṭīqụnahụ fidyatun ṭa'āmu miskīn, fa man taṭawwa'a khairan fa huwa khairul lah, wa an taṣụmụ khairul lakum ing kuntum ta'lamụn

Artinya:"(yaitu) dalam beberapa hari yang tertentu. Maka barangsiapa di antara kamu ada yang sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa) sebanyak hari yang ditinggalkan itu pada hari-hari yang lain. Dan wajib bagi orang-orang yang berat menjalankannya (jika mereka tidak berpuasa) membayar fidyah, (yaitu): memberi makan seorang miskin. Barangsiapa yang dengan kerelaan hati mengerjakan kebajikan, maka itulah yang lebih baik baginya. Dan berpuasa lebih baik bagimu jika kamu mengetahui."

Berikut niat dan tata cara puasa qadha bagi yang ingin melaksanakannya

A. Niat puasa qadha

Bacaan niat puasa qadha adalah,

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ قَضَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانَ لِلهِ تَعَالَى

Arab latin: Nawaitu shauma ghadin 'an qadhā'I fardhi syahri Ramadhāna lillâhi ta'âlâ.

Artinya: "Aku berniat untuk mengqadha puasa Bulan Ramadhan esok hari karena Allah SWT."

B. Tata cara puasa qadha

Dikutip dari buku Fiqih Islam Wa Adillatuhu, puasa qadha dilakukan seusai Ramadhan hingga tiba Ramadhan berikutnya. Puasa qadha jangan dilakukan di hari yang memang dilarang, misal saat hari besar Islam.

Tata cara puasa qadha dilakukan mirip dengan puasa lainnya. Setelah membaca niat, muslim yang sedang melakukan puasa qadha wajib menghindari larangan dan melaksanakan kewajiban sesuai aturan agama.

Puasa qadha diakhiri saat adzan maghrib sudah terdengar dengan berbuka. Bacaan doa buka puasa qadha mirip dengan puasa lainnya dan sangat mudah dilafalkan dalam Arab serta latin,

Bacaan doa buka puasa

اَللّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

Arab latin: Allaahumma lakasumtu wabika aamantu wa'alaa rizqika afthortu birohmatika yaa arhamar roohimiin.

Artinya: Ya Allah keranaMu aku berpuasa, denganMu aku beriman. KepadaMu aku berserah dan dengan rezekiMu aku berbuka (puasa), dengan rahmatMU, Ya Allah Tuhan Maha Pengasih.

Sama seperti saat seorang muslim punya hutang lainnya, puasa qadha harus dilaksanakan secepatnya.

Simak Video "Anak Diam-diam Batal Puasa, Jangan Dimarahi"
[Gambas:Video 20detik]
(row/row)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia