Ingin Kerja Sambil Keliling Dunia? Ini 10 Karier yang Cocok Buat Kamu!

Anatasia Anjani - detikEdu
Senin, 17 Mei 2021 14:30 WIB
Irina Bokova, Director-General of UNESCO, speaks during the first-ever hearings of candidates vying to become the next UN secretary-general, at UN headquarters in New York on April 12, 2016
Irina Bokova, Director-General of UNESCO, speaks during the first-ever hearings of candidates vying to become the next UN secretary-general, at UN headquarters in New York on April 12, 2016 (AFP Photo/Kena Betancur)
Menjadi diplomat merupakan salah satu profesi yang bisa dipilih jika ingin berkarier di luar negeri (Foto: AFP Photo/Kena Betancur)
Jakarta - Apakah detikers menyukai traveling ke negara lain? Kamu bisa menjalani hobi tersebut sambil bekerja. Jenis pekerjaan apa saja sih yang dapat kamu dapatkan di luar negeri?

Berikut adalah 9 profesi untuk detikers yang berminat berkarier di luar negeri. Penjelasan di bawah ini dikutip dari Quacquarelli Symonds Top Universities:

1. Diplomat

Apakah kalian seseorang yang mencintai negara kalian dan menginginkan perubahan lebih baik bagi dunia? Maka profesi diplomat sangat cocok buat kalian. Seorang diplomat sangat membutuhkan kemampuan berpikir cepat di bawah tekanan, menyelesaikan masalah secara analitis, dan bekerja secara mandiri.

Selain itu juga memiliki keterampilan bahasa juga diperlukan. Kemampuan dalam angka juga diperlukan karena seorang diplomat juga bekerja untuk mengawasi anggaran dan logistik.

2. International Aid & Development Worker

Jika kalian ingin berkarier sebagai pekerja sosial internasional maka kemampuan yang dibutuhkan adalah bertahan dalam fasilitas yang seadanya termasuk di situasi sulit seperti konflik dan epidemi, kemampuan interpersonal juga dibutuhkan serta membuat keputusan secara cepat dan tepat. Sarjana ilmu sosial sangat cocok dalam pekerjaan ini. Tugas dapat sangat bervariasi, tetapi kalian mungkin akan terlibat dalam penggalangan dana, membuat laporan, dan berhubungan dengan badan publik dan LSM.

3. Peneliti Kelautan

Apakah kalian seorang pecinta laut? Seorang peneliti laut akan menjelajahi lautan, mempelajari dan melindungi segala sesuatu di bawah, di dalam, dan termasuk, ombak. Kalian akan sering naik perahu mengumpulkan spesimen dan data. Biasanya untuk menjadi seorang peneliti gelar sarjana saja tidak cukup, juga membutuhkan gelar master atau bahkan PhD dalam bidang ilmiah. Karena kalian akan melakukan eksperimen ilmiah secara teratur, memiliki keterampilan penelitian dan analisis yang kuat, dan pandai menafsirkan data untuk membuat prediksi tentang masa depan.

4. Relawan Kesehatan di Médecins Sans Frontières (MSF)

Pekerjaan menjadi relawan kesehatan internasional membutuhkan tekad yang kuat karena kalian akan ditempatkan di berbagai belahan dunia dan bisa jadi daerah tersebut sedang kesulitan. Menjadi seorang relawan kesehatan dibutuhkan pengalaman di bidang medis. Kalian juga harus menghabiskan dua tahun untuk mendapatkan pengalaman di negara asal sebelum dapat bekerja di luar negeri. Kalian juga harus fleksibel dan tersedia dalam waktu singkat.

5. Teaching English as Foreign Language (TEFL)

Jika kalian menyukai bahasa Inggris dan berminat berkarir di luar negeri maka TEFL adalah pekerjaan yang cocok buat kalian. TEFL menawarkan peluang untuk mengenal berbagai budaya. Kalian bisa mengajar siapa saja mulai dari anak-anak dan orang dewasa hingga pengungsi.

Memiliki gelar di bidang bahasa Inggris maupun pendidikan lebih direkomendasikan. Hal yang terpenting adalah memiliki kepercayaan diri, terorganisir untuk membuat rencana pelajaran yang efektif dan dapat mengelola ruang kelas.

6. Ethnomusicologist

Apa itu Ethnomusicologist? Adalah seorang yang mempelajari musik yang diproduksi dari tiap budaya yang berbeda. Kalian akan mempelajari budaya yang berbeda dan unik, belajar mempelajari alat musik yang berbeda, dan merekam pertunjukan musik mereka. Jika ingin berkarir sebagai Ethnomusicologist dibutuhkan minimal sarjana seperti sosiologi budaya dan antropologi. Memiliki kemampuan penelitian dan pengarsipan merupakan hal krusial. Menghabiskan waktu dengan orang-orang dari budaya yang sangat berbeda berarti kalian harus berpikiran terbuka dan komunikator yang baik.

7. Graphic Designer

Seorang graphic designer biasanya memiliki klien dari luar negeri dan dapat bekerja remote dimanapun mereka berada. Kalian jelas akan membutuhkan keterampilan artistik dan teknis, tetapi yang tidak kalah pentingnya adalah menjadi penggiat jejaring yang hebat untuk menemukan klien dan komunikator untuk membangun hubungan dengan yang sudah ada.

Seorang graphic designer idealnya memiliki gelar di bidang seni atau desain tetapi banyak juga yang tidak memilikinya. Asalkan kalian merupakan orang yang kreatif pandai menggunakan aplikasi design dan mampu bekerja memenuhi target.

8. Penerjemah

Seorang penerjemah tidak hanya memiliki kemampuan untuk menafsirkan bahasa tetapi juga memahami budaya dari negara yang diterjemahkan tersebut. Hampir semua penerjemah adalah seorang freelance yang berarti dapat dikerjakan dimanapun. Kualifikasi yang dibutuhkan adalah perhatian yang kuat terhadap detail, kemampuan untuk bekerja sesuai tenggat waktu, dan motivasi diri adalah keharusan.

Keterampilan bahasa lebih penting daripada subjek gelar. Kalian juga diharapkan memiliki kemampuan menulis dan tata bahasa yang sempurna dalam semua bahasa yang diterjemahkan.

9. Freelance

Menjadi seorang freelancer berarti kalian dapat bekerja dimana saja dengan klien internasional sekalipun. Menjadi freelancer juga memungkinkan kalian dapat bekerja sembari travelling.

Nah itu tadi adalah profesi bagi kalian yang ingin berkarier di luar negeri. Jadi kalian tertarik yang mana nih detikers?



Simak Video "Pengetatan Perjalanan Internasional Dikomunikasikan ke Mancangera"
[Gambas:Video 20detik]
(pal/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia