Bagaimana Cara Redakan Stres? Ini 3 Tips dari Pakar IPB

Anatasia Anjani - detikEdu
Sabtu, 15 Mei 2021 15:01 WIB
Closeup of sad young Asian woman at cafe leaning head on clasped hands and staring into vacancy. Tired freelancer feeling burnout. Stress and bad news concept
Foto: Getty Images/iStockphoto/MangoStar_Studio/Bagaimana Cara Redakan Stres? Ini 3 Tips dari Pakar IPB
Jakarta - Stres adalah gangguan atau kekacauan mental dan emosional yang disebabkan oleh beberapa faktor dan menyebabkan seluruh tubuh merasakan hal yang tidak nyaman. Rasa yang dialami tubuh tersebut adalah reaksi seperti ancaman, tekanan, atau perubahan.

Menurut Melly Latifah, dosen dari Institut Pertanian Bogor (IPB) Departemen Ilmu Keluarga dan Konsumen Fakultas Ekologi Manusia, terdapat tips meredakan stres.

Stres sendiri juga merupakan hasil persepsi seseorang terhadap kondisi yang dinilai melebihi batas kemampuan diri untuk mengatasinya. Asal mula stres biasanya dapat dipengaruhi dari faktor eksternal seperti pekerjaan, kematian, perceraian, kekerasan, bencana, paceklik, pemutusan hubungan kerja (PHK), konflik, kemacetan yang menjadi sumber stres atau stressor.

"Stres dapat membuat kinerja buruk, tidak produktif, bahkan memicu berbagai macam penyakit. Ada banyak bukti ilmiah bahwa dalam jangka panjang, stres berdampak buruk bagi kesehatan," ujar Melly seperti dikutip dari situs resmi IPB, Sabtu (15/5/2021).

Lebih lanjut menurut Melly dampak panjang dari stres adalah sistem saraf simpatik yang bertugas mengendalikan detak jantung, pernapasan, keringat, aliran darah, kekuatan otot, dan kegiatan mental serta melemahnya sistem kekebalan. Jika dibiarkan terlalu lama akan menyebabkan berbagai penyakit seperti maag, flu, penyakit kardiovaskular, kanker, dan mempercepat penuaan (aging).

"Kehidupan yang dinamis memungkinkan setiap orang mengalami stres di dalam perjalanan hidupnya," papar Melly.

Dosen IPB tersebut memberikan tips meredakan stres sebagai berikut:

1. Kenali Sumber Stres

Jangan sampai membiarkan stres berlarut-larut dan menumpuk dengan sumber stres lainnya. Agar jiwa dan raga sehat, segera tanggulangi stres dengan menyadari bahwa kalian sedang mengalami stres. Coba kenali sumber masalahnya.

"Kita juga bisa lakukan tindakan untuk mengatasi masalah atau mengubah situasi yang ada," ujar Melly.

2. Ubah Pola Pikir dan Lakukan Kegiatan Relaksasi

Jika masalah tidak dapat diatasi tips meredakan stres yaitu dengan cara mengubah pola pikir dengan melihat masalah dari sisi positifnya. Selain itu juga lakukanlah kegiatan relaksasi seperti beribadah, berdzikir, meditasi, mendengarkan musik, mandi air hangat, serta latihan pernafasan menurutnya dapat dilakukan untuk mengurangi atau menghilangkan perasaan terancam, takut, cemas, dan emosi negatif. Melakukan hobi juga bantu redakan stres.

"Respons fisik terhadap stres dapat dikelola dengan melakukan olah raga, makan makanan yang sehat dan bergizi, serta istirahat yang cukup," jelas Melly.

Klik halaman berikutnya



Simak Video "Komika Mongol Stres Bicara soal Disomasi Terkait ODGJ"
[Gambas:Video 20detik]

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia