BRI Ramadan Update

Tips agar Berat Badan Tidak Naik Drastis Pasca Lebaran dari Pakar Gizi

Novia Aisyah - detikEdu
Jumat, 14 Mei 2021 08:00 WIB
Khasiat Minum Kopi Hitam di Pagi Hari Bisa Turunkan Berat Badan
Foto: Getty Images/SolStock
Jakarta - Berat badan yang naik drastis saat lebaran, biasanya jadi masalah hampir semua orang.

Apalagi pada momen ini, hidangan yang tersaji di meja makan begitu istimewa dan rasanya sayang bila dilewatkan. Mulai dari opor ayam, ketupat, rendang, sambal goreng kentang hingga kue kering seperti putri salju, nastar, lidah kucing, dan sirup.

Tak perlu kaget, jika biasanya di momen Lebaran hingga setelahnya, banyak yang mengeluhkan kenaikan berat badan secara signifikan.

Untuk Prof. Hardinsyah dari pada hari Senin (10/05/2021) kemarin.

Berikut adalah rangkuman tips menghindari kenaikan berat badan secara drastis menurut Prof. Hardinsyah dari Departemen Gizi Masyarakat IPB:

1. Prof. Hardinsyah menyebut momen lebaran ini sebagai masa transisi.

Beliau mengistilahkan agar di masa transisi ini kita tidak makan dan minum serta melakukan aktifitas yang serba 'ter'. Apa yang dimaksud dengan serba 'ter'?

"Karena lebaran itu seringkali makanan (dan) minuman itu serba 'ter'. Terlalu manis, terlalu pedas, terlalu asam, terlalu banyak. Itu yang perlu diwaspadai," ujar Prof. Hardin.

Membatasi diri ini menurutnya perlu dikarenakan selama waktu puasa 29-30 hari kita mengalami penyesuaian di mana makanan biasanya lebih sedikit dan siang hari tidak makan serta minum.

2. Menurut Prof. Hardin, lebih baik jika melakukan akitiftas fisik yang ringan saja dulu. Tak cuma itu, beliau juga menganjurkan untuk menghindari sementara kegiatan-kegiatan yang memicu stres tinggi.

3. Tips ketiga adalah, kita perlu mewaspadai satu porsi opor. "Satu porsi opor itu ya bisa sampai 400 kalori," jelas Prof. Hardin.

Belum lagi sirup dan lain-lain. Jika memang diberi suguhan sirup, menurut beliau sebetulnya tidak apa-apa, tetapi bukan berarti tiap kali minum harus yang manis.

4. Terakhir, Prof. Hardin menegaskan untuk mengendalikan nafsu di hari Lebaran. Beliau juga menyarankan untuk mulai puasa Syawal pada hari kedua atau ketiga Idul FItri 2021.

Perlu untuk diketahui, Prof. Hardin menuturkan bahwa satu butir kue nastar bisa sampai 30-50 kalori.

Nah, merayakan Lebaran bukan berarti kini kita bebas makan apa saja tanpa kontrol ya, detikers. Jaga pola makan agar berat badan tidak naik drastis.

"Jangan dinistai keberhasilan di bulan Ramadhan," ujar Prof. Hardin.



Simak Video "Sudah Diet Tapi Tak Kunjung Kurus? Ini Tips Ampuhnya"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia