5 Tips Berkuliah di Luar Negeri agar Tidak Salah Pilih Jurusan

Anatasia Anjani - detikEdu
Sabtu, 15 Mei 2021 11:00 WIB
Smiling millennial Indian girl in wireless headset sit at desk in living room study online on laptop, happy young ethnic female in headphones watch webinar or course on Internet on computer
Foto: Getty Images/iStockphoto/fizkes/5 Tips Berkuliah di Luar Negeri agar Tidak Salah Pilih Jurusan
Jakarta - Berkuliah di luar negeri tentu menjadi tantangan tersendiri. Selain berbeda budaya dan bahasa tetapi sistem pembelajaran di sana juga sangat berbeda.

Sebelum memutuskan untuk berkuliah di luar negeri penting bagi calon mahasiswa untuk melakukan riset mendalam terhadap negara dan kampus yang dituju.

Jurusan adalah hal yang penting namun sering kali dilupakan. Banyak mahasiswa dari Indonesia yang kurang detil dalam pemilihan jurusan. Jika hal tersebut terjadi maka akan mengakibatkan hal-hal lain yang dapat mengganggu proses perkuliahan.

Jangan asal memilih jurusan yang sedang booming. Jika kalian mengambil jurusan yang sedang booming maka kalian akan tertatih dan depresi ketika mengerjakan disertasi. Jika hal tersebut terjadi maka kemungkinan besar kalian akan meminta tambahan waktu untuk mengerjakan disertasi dan akan menjadi terlambat lulus kuliah.

Memilih jurusan kuliah di luar negeri dapat dilakukan dengan melakukan pemetaan terhadap tujuan, peminatan, kemampuan finansial, dan kesesuaian jurusan kuliah dengan latar belakang ilmu sebelumnya.

Berikut adalah 5 tips berkuliah di luar negeri agar tidak salah memilih jurusan yang dikutip dari situs sekolah School of Human:

1. Pilih Berdasarkan Minat dan Cita-cita

Jika kalian merupakan seseorang yang idealis maka tips yang cocok untuk kalian adalah memilih jurusan berdasarkan minat dan cita-cita. Memilih jurusan yang diinginkan di kampus yang populer tentu tidak menjadi suatu halangan asalkan di jurusan tersebut diajar oleh pengajar yang ahli di bidangnya.

Selain itu, lokasi yang nyaman untuk belajar juga menjadi faktor penentu pilihan.

2. Memilih Sesuai Kemampuan Diri

Bagi kalian yang berkarakter realistis, pilihlah jurusan sesuai dengan kemampuan diri. Para karakter realis cenderung memilih jurusan sesuai dengan kemampuan dengan melihat jurusan yang sesuai sehingga dapat melakukan kegiatan di luar akademis.

3. Berkuliah Sembari Berjejaring

Bagi seorang dengan tipe ambisius tipsnya adalah berkuliah sembari berjejaring yang berguna untuk meningkatkan karier. Oleh karena itu seseorang dengan tipe ini biasanya mencari jurusan dan kampus terbaik ternama.

4. Memilih Jurusan dengan Mata Kuliah Sedikit

Jika kalian seorang oportunis kalian dapat melakukan tips kuliah di luar negeri dengan memilih jurusan yang memiliki sedikit mata kuliah. Hal ini dilakukan untuk mencapai tujuan-tujuan lainnya.

Memilih jurusan dengan mata kuliah sedikit akan relatif lebih mudah dipelajari dan memiliki waktu luang untuk mencari uang, pengalaman, relasi, dan lainnya.

Klik halaman selanjutnya



Simak Video "Trik Jitu Tembus Sekolah di Luar Negeri dari Menteri Nadiem"
[Gambas:Video 20detik]

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia