Cara Jitu Menghapal Rumus Matematika dengan Cepat, Kamu Wajib Tahu!

Tim detikEdu - detikEdu
Minggu, 09 Mei 2021 09:26 WIB
Asian girl and her teacher using laptop for online study during homeschooling at home during Coronavirus or Covid-19 virus outbreak situation
Cara Jitu Menghapal Rumus Matematika dengan Cepat, Kamu Wajib Tahu! (Foto: Getty Images/iStockphoto/tuachanwatthana)
Jakarta - Tak sedikit yang beranggapan bahwa Matematika adalah pelajaran yang sulit. Padahal, anggapan ini belum tentu benar lho, detikers. Nah, buat detikers yang ingin menghapal rumus matematika dengan cepat, coba beberapa cara jitu berikut ini, yuk!

Kuatkan Niat

Hal pertama yang perlu detikers lakukan adalah menguatkan niat. Karena apapun yang detikers lakukan kalau nggak ada niat, nggak akan terlaksana. Yakin deh, sesulit apapun materinya, jika ada niat pasti ada jalan keluar.

Buat detikers yang selama ini nggak suka sama pelajaran Matematika, coba mantapkan niatnya untuk belajar. Kalau sudah punya niat yang kuat, lakukan langkah-langkah berikut ini ya.

Visualisasi Warna

Manusia punya dua otak, yakni otak kanan dan otak kiri. Otak kiri lebih fokus pada hal-hal berbau logika, sementara otak kanan cenderung dengan imajinasi dan kreativitas. Biasanya manusia lebih cepat menyimpan informasi yang visualisasinya jelas.

Oleh karena itu, detikers bisa memadukan kemampuan otak kanan dan otak kiri secara bersamaan untuk menghafal rumus matematika. Caranya adalah dengan visualisasi warna. Gunakan lembar kosong dan spidol warna untuk menuliskan rumus-rumus yang akan detikers hafalkan. Dengan menggunakan warna-warna tertentu untuk mewakili setiap rumus, detikers bisa lebih cepat menghapalnya.

Kenali dan Pahami Rumus Matematika

Kalau detikers ingin mahir Matematika, nggak cukup dengan menghapal rumusnya saja, lho. Detikers harus mengenali dan memahami rumus itu sendiri. Sebelum menjawab soal, sebaiknya detikers baca ulang dan pahami maksud utama dari soal tersebut.

Dengan memahami apa yang ditanyakan pada soal, detikers bisa mengaitkannya dengan konsep yang telah dipelajari. Cara ini lebih efektif untuk menyelesaikan soal Matematika yang terbilang rumit.

Tanda Pengoperasian Soal
Perkalian, penjumlahan, dan pembagian adalah hal dasar yang harus detikers kuasai. Tapi sayangnya, nggak sedikit yang bingung dengan tanda pengoperasiannya. Dikutip dari Quipper, supaya detikers nggak bingung lagi, sebaiknya pahami tanda pengoperasian soal seperti berikut:
Negatif (-) - negatif (-) = negatif (-) atau positif (+), tergantung pada jumlah angka dalam soal.
Negatif (-) + positif (+) = negatif (-) atau positif (+), tergantung pada jumlah angka dalam soal.
Positif (+) - negatif (-) = positif (+)
Positif (+) + positif (+) = positif (+)

Kuasai Deret Aritmatika

Materi deret aritmetika sering muncul di soal SBMPTN lho, detikers. Sebab itulah, kuasai penyelesaian deret aritmetika dengan rumus cepat. Rumus yang harus detikers kuasai adalah rumus deret aritmetika tingkat 1, tingkat 2, dan seterusnya.

Namun, hal yang penting dalam mengerjakan soal ini adalah pemahaman. Selama memahami rumus dan unsurnya, detikers bisa menyelesaikan soal ini dengan cepat.
Buat Catatan Kecil

Cara lain yang bisa detikers lakukan supaya makin cepat menghapal rumus matematika adalah membuat catatan kecil. Mulai dari rumus aritmatika, teorema phytagoras, dan rumus-rumus lainnya. Dengan membuat catatan kecil, atau menulisnya di ponsel, detikers bisa lebih cepat menghapalnya.

Cara Belajar yang Menyenangkan

Terakhir, buatlah cara belajar yang menyenangkan. Sebab cara belajar punya pengaruh yang besar buat detikers yang mau menghapal rumus matematika. Cara belajar yang monoton hanya akan membuat detikers sulit memahami matematika.

Selain itu, pilihlah tempat yang pas untuk belajar. Jika detikers lebih bisa berkonsentrasi di tempa sepi, maka pilihlah ruangan yang tidak bising. Detikers juga bisa mendengarkan musik untuk meningkatkan konsentrasi.

Itu tadi beberapa cara yang bisa detikers lakukan supaya lebih mudah menghapal rumus matematika.

Simak Video "Para Siswa Terpaksa Belajar di Tenda Darurat Imbas Gempa Banten"
[Gambas:Video 20detik]
(erd/erd)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia