Selain Ki Hajar Dewantara, Ini 5 Pahlawan Pendidikan yang Berjasa Bagi RI

Anatasia Anjani - detikEdu
Selasa, 04 Mei 2021 12:30 WIB
Ookok pikiran ki hajar dewantara
Foto: Fuad Hasyim/Wajib Tahu! 5 Pahlawan Pendidikan yang Berjasa Bagi Indonesia
Jakarta - Setiap tanggal 2 Mei, Indonesia merayakan Hari Pendidikan Nasional. Hari Pendidikan Nasional diperingati karena bertepatan dengan hari lahirnya bapak pendidikan nasional yaitu Ki Hajar Dewantara.

Selain Ki Hajar Dewantara Indonesia, ternyata Indonesia juga memiliki banyak pahlawan nasional pendidikan juga lho! Siapa saja mereka?

Daftar Pahlawan Pendidikan yang dikutip dari laman Direktorat SMP Kemendikbud Ristek:

  • 1. K.H Ahmad Dahlan

Ahmad Dahlan awal mulanya dikenal karena mendirikan organisasi Muhammadiyah. Selain berjuang mendirikan organisasi tersebut, pria yang lahir pada tanggal 1 Agustus 1868 ini juga memperjuangkan pendidikan yang berkaitan dengan islam.

Perjuangannya dimulai karena Ahmad Dahlan merasa tidak setuju dengan sistem pendidikan kolonialisme yang kebarat-baratan dan sekuler. Dahlan berpendapat pendidikan Islam harus diarahkan pada budi pekerti luhur, alim dalam agama, luas pandangan, dan paham ilmu keduniaan, serta bersedia berjuang untuk masyarakat.

  • 2. R.A Kartini
Pandemi tak halangi semangat anak-anak di Solo merayakan Hari Kartini. Menyusun gambar RA Kartini dilakukan untuk mengenal sosok pahlawan nasional tersebut.Wajib Tahu! 5 Pahlawan Pendidikan yang Berjasa Bagi Indonesia Foto: Agung Mardika

Selain menjadi pejuang emansipasi, Kartini juga menjadi tokoh pahlawan nasional pendidikan. Hal ini terlihat dari Kartini yang berjuang memperjuangkan hak-hak wanita Jawa untuk mendapatkan pendidikan yang sama seperti laki-laki.

Kartini juga mendirikan Sekolah Wanita di Rembang untuk wanita pribumi. Hal itu agar para wanita dapat merasakan kesempatan yang sama di bidang pendidikan.

  • 3. Dewi Sartika
Prasasti Dewi SartikaWajib Tahu! 5 Pahlawan Pendidikan yang Berjasa Bagi Indonesia Foto: Wisma Putra/detikTravel

Sama seperti Kartini, Dewi Sartika juga pahlawan nasional pendidikan. Wanita yang lahir di Cicalengka, Jawa Barat ini memperjuangkan pendidikan dengan mendirikan Sekolah Istri pada tahun 1904.

Sekolah ini diperuntukkan bagi wanita yang ingin belajar berbagai hal seperti menjahit, merenda, menyulam, memasak, mengasuh bayi, dan juga agama.

Klik selanjutnya>>>

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Kilas Balik Perjuangan Ki Hajar Dewantara di Bidang Pendidikan"
[Gambas:Video 20detik]

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia