Cara Buat Kartu Lebaran Idul Fitri 2021 Secara Online & Gratis, Dijamin Mudah!

Novia Aisyah - detikEdu
Senin, 03 Mei 2021 12:30 WIB
kartu lebaran
Foto: Dok. Winkly Studio/Cara Buat Kartu Lebaran Idul Fitri 2021 Secara Online & Gratis, Dijamin Mudah!
Jakarta - Cara membuat kartu ucapan lebaran sebetulnya sama sekali tidak sulit lho. Asalkan, detikers mengetahui aplikasi yang tepat dan mudah dioperasikan, sehingga dapat membuat kartu ucapan hari raya Idul Fitri dengan beragam desain tanpa harus punya kemampuan desain grafis.

Aplikasi untuk membuat kartu ucapan Lebaran yang sangat mudah dioperasikan dan harus dicoba oleh detikers adalah Canva. Di dalam aplikasi ini, kamu tinggal memilih template atau desain dasar dari yang sudah disediakan oleh aplikasi tersebut.

Lalu bagaimana cara membuatnya? Ikuti langkah-langkah cara membuat kartu ucapan lebaran di bawah ini!

  • 1. Buka aplikasi canva.com

Jika sudah selesai membuka aplikasi canva.com, selanjutnya lakukan registrasi jika belum mempunyai akun tersebut.

  • 2. Ketik 'kartu ucapan lebaran'

Jika sudah selesai melakukan registrasi, ketik 'kartu ucapan Lebaran' pada kolom pencarian di bagian kanan atas maka di bagian kanan atas beranda. Selanjutnya, akan muncul berbagai pilihan desain kartu ucapan hari raya yang dapat detikers pilih.

  • 3. Tambahkan desain sesuai selera

Meskipun Canva telah menyediakan template yang langsung bisa dipakai, desain yang ada juga masih bisa diotak-atik sesuai selera, kok.

Pertama-tama, klik desain yang ingin digunakan, lalu klik bagian manapun yang ingin diubah. Selanjutnya, detikers dapat mengubah tulisannya, gambarnya, atau bahkan warna latar belakang desainnya.

Coba klik di bagian manapun yang ingin detikers ganti desainnya, maka akan langsung muncul fitur yang dapat dipilih. Misalnya, ketika klik di bagian tulisan, maka beberapa fitur akan muncul, mulai dari jenis desain huruf, ukuran huruf, warna, ketebalan, dan sebagainya.

  • 4. Simpan desain yang sudah jadi

Jika detikers merasa sudah cukup puas dengan desain yang dibuat, maka sekarang tinggal menyimpan desain tersebut. Caranya, klik simbol bergambar panah ke bawah di bagian pojok kanan atas. Kemudian, akan muncul berbagai macam pilihan jenis file untuk diunduh.

Jadi, detikers dapat memilih format file yang akan disimpan. Dapat berupa pdf, jpg, atau apapun sesuai yang detikers butuhkan.

Mudah bukan, cara membuat kartu ucapan lebaran menggunakan Canva? Tak perlu kemampuan khusus desain grafis untuk melakukannya, kok!

Simak Video "Pasar Tanah Abang Ramai, Pedagang Harap Tak Ada 'Lockdown'"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/pay)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia