10 Budaya Lebaran di Tanah Air yang Indonesia Banget, Udah Siapin yang Mana?

Trisna Wulandari - detikEdu
Sabtu, 01 Mei 2021 16:15 WIB
Lebaran di Rumah Saja, Ditemani Hidangan Spesial Hari Raya
Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta - Hari raya Idul Fitri di Indonesia sering kita sebut sebagai lebaran. Di hari suci ini, ternyata ada khas budaya lebaran di tanah air yang dilakukan umat muslim di Indonesia.

Biasanya, pagi-pagi umat muslim Indonesia akan salat Ied berjamaah di masjid dan lapangan, lalu bersilaturahim dan kumpul dengan keluarga besar.

Menyambut lebaran, umat muslim akan saling bermaafan baik langsung ataupun lewat berkirim pesan. Di samping itu, ada makanan dan kebiasaan yang sering tidak absen setiap lebaran.

Nah, berikut budaya lebaran di Tanah Air:

1. Mudik

Indonesia punya banyak daerah yang dikenal dengan budaya merantau. Kalau sudah masuk pengujung Ramadhan, para perantau biasanya akan mudik ke kampung halaman atau rumah keluarga yang dituakan untuk berkumpul dengan sanak saudara saat lebaran.

Berhubung masih pandemi, mudiknya ditunda dulu ya, detikers. Menunda mudik lebaran saat pandemi juga bentuk kasih sayang dan kepedulian kita dengan kesehatan keluarga di kampung halaman.

2. Halal Bi Halal

Halal bi halal adalah istilah yang biasa dipakai untuk silaturahmi dan mengunjungi dan berkumpul dengan teman, rekan, dan keluarga besar. Saat berkunjung, biasanya juga ada budaya sungkem atau menyalami orangtua dan yang dituakan dengan khidmat sebagai bentuk penghormatan dan meminta maaf kepada yang lebih tua.

Seiring waktu dan menyesuaikan pandemi, tren halal bi halal dilakukan online lewat konferensi video di media sosial dan aplikasi penyedia konferensi video.

Para pekerja menyelesaikan pembuatan kue kering di 'Butter Cookies Pusaka Kwitang', Jakarta, Jumat (30/4/2021). Permintaan kue kering di pekan ketiga Ramadhan masih lesu dibandingkan masa sebelum pandemi. Pada saat belum pandemi Covid-19 atau Idul Fitri 2019, industri rumahan ini menghabiskan 2 kuintal tepung terigu per hari.Para pekerja menyelesaikan pembuatan kue kering di 'Butter Cookies Pusaka Kwitang', Jakarta, Jumat (30/4/2021). Permintaan kue kering di pekan ketiga Ramadhan masih lesu dibandingkan masa sebelum pandemi. Pada saat belum pandemi Covid-19 atau Idul Fitri 2019, industri rumahan ini menghabiskan 2 kuintal tepung terigu per hari. Foto: Ari Saputra

3. Kue

Menjelang lebaran, kue-kue manis dan gurih biasa ramai dijajakan di pasar hingga mall. Tidak jarang juga anggota keluarga sibuk membuat kue saat menyambut lebaran. Kue nastar, kaastangels, kue putri salju, kacang goreng, dan kue keju biasa jadi penganan untuk keluarga dan tamu saat lebaran tiba.

4. Mengirimkan makanan

Nah, ini budaya lebaran di tanah air yang bisa dilakukan umat muslim Indonesia saat menyambut lebaran untuk menggantikan mudik dan halal bi halal offline. Mengirimkan makanan menjadi pengganti silaturahmi yang biasa dilakukan dengan berkunjung ke rumah saudara dan kerabat serta halal bi halal.

Mengirimkan makanan saat lebaran bisa dibentuk parsel atau paket biasa. Isinya bermacam-macam, mulai dari kue, sirup, teh cekup, camilan, hingga makanan kaleng.

Mengirimkan makanan juga menjadi obat rindu buat perantau yang belum bisa mudik selama pandemi. Makanan yang dikirimkan buat perantau biasanya makanan berat seperti rendang daging, ayam bumbu, dendeng, dan lain-lain.

5. Takbiran

Salah satu tanda malam lebaran di tanah air adalah kumandang takbir di masjid dan takbir keliling di jalan-jalan. Takbiran biasa diiringi lengkap dengan tabuhan bedug. Jika kamu ikut takbir keliling, lakukan dengan tertib dan pedulikan pengguna jalan juga ya, meskipun hanya jalanan komplek.

6. Petasan dan kembang api

Meskipun ada razia petasan di mana-mana, ada saja yang berjualan dan menyalakan petasan dan kembang api untuk menyambut lebaran. Sebisanya hindari untuk bermain petasan dan kembang api ya, pedulikan binatang peliharaan dan anak bayi di sekitar kamu karena tidak kuat mendengar dentaman petasan dan kembang api.

lebaran ketupat maduralebaran ketupat madura Foto: istimewa

7. Ketupat

Menu ketupat biasa jadi andalan setiap lebaran di Indonesia. Sepulang salat Id, biasanya keluarga akan bersantap ketupat bersama. Ketupat di lebaran khas Tanah Air biasanya dimakan dengan opor ayam, rendang daging, dan kerupuk.

Di Sumatra Barat, opor ayam biasanya juga punya alternatif dengan gulai cubadak (gulai nangka dengan ayam atau daging), gulai toco (gulai dengan irisan buncis), dan gulai paku.

Di beberapa daerah, ketupat dibuat sendiri dengan mengisi daun ketupat dengan beras dan merebusnya di malam lebaran. Di samping itu, banyak juga pedagang yang menjual ketupat siap makan lengkap dengan gulainya.

8. THR

Uang saku atau uang THR biasanya diberikan kepada anak-anak kecil baik keponakan, anak, sepupu, kerabat, dan tetangga, juga remaja dan dewasa muda yang masih sekolah dan kuliah. Di samping itu, perusahaan juga akan membayarkan THR untuk karyawan sesuai dengan ketetapan pemerintah.


9. Ziarah kubur

Waktu lebaran juga biasa dijadikan momen untuk mengunjungi makam keluarga dan orangtua. Saat ziarah kubur, umat muslim Indonesia biasa mendoakan keluarga yang telah mendahului, menaburkan bunga, dan menyiramkan air.

Itu dia budaya lebaran di Tanah Air, detikers. Kamu lagi siapin yang mana?



Simak Video "Hati-hati Silaturahmi Toxic Saat Lebaran"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia