Bingung Pilih Jurusan Kuliah IPA atau IPS? Ini 7 Tipsnya!

Rahma I Harbani - detikEdu
Sabtu, 24 Apr 2021 20:00 WIB
UNS melakukan uji coba perkuliahan langsung. Perkuliahan dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan ketat.
Foto: Agung Mardika
Jakarta - Perihal memilih jurusan kuliah memang terasa menyulitkan bagi sebagian orang. Apalagi dalam melanjutkan kuliah yang sesuai dengan jurusan IPA atau IPS atau pun harus memilih lintas jurusan.

Memilih jurusan kuliah bisa sama halnya dengan memilih masa depan. Tidak sedikit pekerjaan di masa depan kelak bergantung dari jurusan yang dipilih saat kuliah.

Dikutip dari laman resmi Teknik UNPAS (Universitas Pasundan), berikut 7 tips yang bisa kamu ikuti dalam memilih jurusan kuliah.

7 Tips Memilih Jurusan Kuliah

1. Pahami Potensi Diri

Sebelum memilih jurusan tertentu dan berjuang lebih lanjut, sebelumnya kamu harus kenali potensi diri. Contohnya, jika kamu memiliki potensi di bidang sains dan matematika, pilih jurusan yang ada hubungannya dengan hal ini lebih dulu.

Misal jurusan statistika atau pendidikan dokter. Begitu pun sebaliknya. Beberapa orang mungkin bisa dengan mudah mengambil jurusan dari IPA dan IPS. Namun, lebih baik lagi jika jurusan yang diambil berdasar pada kemampuan diri sendiri.

2. Kenali Passion yang Dimiliki


Selain kemampuan diri pada bidang tertentu, passion (minat) kamu juga patut dipertimbangkan. Misalnya, minat dan keinginan berada di jurusan bahasa karena menyukai sastra.

Bisa saja kamu memilih jurusan di luar dari minatmu. Namun perlu diingat, jika kamu memilih jurusan yang disuka maka kamu tidak akan merasa keberatan dalam menjalani kuliah ke depannya.

3. Biaya Kuliah yang Dibutuhkan

Biaya kuliah yang dibutuhkan tiap jurusan berbeda-beda. Ada yang cukup mahal hingga ratusan juta rupiah dan ada yang kurang dari sepuluh juta rupiah.

Lebih baik lagi, kamu bisa diskusikan hal ini dengan orang tuamu agar dapat menentukan yang terbaik. Jika memang masih belum ada jalan keluar, kamu juga bisa mengusahakan beasiswa dari kampus saat kuliah nanti.

Klik halaman selanjutnya

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "KuTips: Cara Baca Al-Qur'an dengan Tanda Waqaf"
[Gambas:Video 20detik]

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia