BRI Ramadan Update: Inspirasi Sahabat Nabi

Kisah Sahabat Nabi Abdurrahman bin Auf, Pedagang Sukses yang Banyak Akal

Rahma I Harbani - detikEdu
Sabtu, 24 Apr 2021 11:04 WIB
Inspirasi Sahabat Nabi
Foto: Ilustrasi: MIndra Purnomo/Kisah Sahabat Nabi Abdurrahman bin Auf, Pedagang Sukses yang Banyak Akal
Jakarta -

Kisah sahabat nabi berikut ini menarik disimak. Dia seseorang dari Bani Zuhrah, keturunan dari pihak ibu paman-paman Rasulullah SAW. Namanya Abdurrahman bin Auf.

Ia juga termasuk dari 10 orang sahabat yang dijamin masuk surga.

Abdurrahman bin Auf menjadi orang kedelapan pertama yang memeluk Islam dan ia diislamkan oleh Abu Bakar Ash-Shiddiq, dua hari setelah Abu Bakar masuk Islam. Sebelum masuk Islam, ia dikenal dengan nama Abd Amr.

Kemudian, Rasulullah pun memintanya mengganti dengan Abdurrahman bin Auf yang namanya masih dikenal hingga sekarang.

Ia lahir pada tahun ke-10 dari tahun Gajah atau tepatnya pada 581 M. Abdurrahman lahir dari ayah yang bernama Auf bin Abdu Manaf dengan ibu yang bernama Assyifa binti Auf.

Seperti yang dikutip dari buku karya Abu Zaen, sebagai salah satu sahabat Rasul yang cerdas, ia memiliki hafalan Al-Qur'an yang baik bahkan ia pun selalu mencatat setiap wahyu yang diturunkan kepada Rasulullah SAW dengan tekun.

Ketika Nabi Muhammad SAW beserta kaum muslimin melakukan hijrah ke Kota Madinah, Abdurrahman bin Auf termasuk dalam rombongan tersebut. Rasul pun mempersaudarakan kaum Anshar dari Madinah dengan kaum Muhajirin dari Mekkah saat itu.

Abdurrahman bin Auf dipersaudarakan dengan Sa'ad bin Ar-Rabi, di sinilah kisah Abdurrahman bin Auf sebagai seorang pedagang dimulai.

Klik pada halaman selanjutnya

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Bupati Purwakarta Wajibkan ASN Tadarus Al-Qur'an Sebelum Kerja"
[Gambas:Video 20detik]

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia