BRI Ramadan Update

Rukun Puasa dalam Menjalankan Ibadah di Bulan Ramadhan

Lusiana Mustinda - detikEdu
Jumat, 16 Apr 2021 10:46 WIB
Wanita hijab berdoa
Foto: Getty Images/iStockphoto/dragana991
Jakarta - Rukun puasa adalah niat dan imsak, yaitu dengan menahan diri dari segala hal-hal yang membatalkan puasa.

Dalam surat Al-Baqarah ayat 183 disebutkan "Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa." (QS. Al-Baqarah: 183).

Dikutip dalam buku "Bekal Ramadhan dan Idul Fitri (1): Menyambut Ramadhan" oleh Saiyid Mahadhir, Lc, MA yang menjelaskan kata puasa dalam bahasa adalah hasil terjamahan dari bahasa Arab yang diambil dari shaum atau shiyam.

Dalam bahasa Arab kata shaum atau shiyam diartikan dengan imsak yang berarti menahan. Di dalam Al-Qur'an kata shaum menunjukkan makna lebih umum ketimbang shaum yang justru sering digunakan untuk menunjukkan makna yang lebih khusus yaitu berpuasa dengan menahan makan dan minum.

Adapun rukun puasa adalah niat dan imsak. Berikut penjelasannya yang dikutip dalam buku "Syarat Rukun dan Yang Membatalkan" oleh Ahmad Sarwat, Lc., MA.

1. Niat

Niat menjadi rukun yang pertama dari dua rukun puasa menurut jumhur ulama. Para ulama memiliki beberapa definisi niat, salah satunya apa yang ditetapkan oleh mazhab Al-Hanafiyah:

"Bermaksud untuk taat dan mendekatkan diri kepada Allah SWT dalam bentuk mengerjakan suatu perbuatan."

Niat juga dilakukan sejak malam. Jumhur ulama sepakat bahwa niat untuk berpuasa fardhu harus sudah terpasang sejak sebelum memulai puasa. Dan puasa wajib itu tidak sah jika tidak berniat sebelum waktu fajar.

Rasulullah SAW bersabda:

Dari Hafshah ra. bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Barangsiapa yang tidak berniat sebelum fajar, maka tidak ada puasa untuknya." (HR. Tirmidzi, An-Nasa'i, Ibnu Majah dan Ahmad).

Melafadzkan niat adalah ucapan lafadz atau kalimat yang sering dilantunkan orang ketika akan berpuasa. Biasanya dirangkai dengan doa-doa atau dzikir yang dibaca di malam hari setelah selesai mengerjakan sholat tarawih.

Niat puasa Ramadhan

Latin: Nawaitu shouma ghadin 'an ada'I fardhi ramadhanihaadzihis sanatilillahi
ta'alaa
Artinya: Aku berniat berpuasa besok untuk menunaikan kewajiban bulan Ramadhan di tahun ini karena Allah Ta'ala.

Umumnya para ulama sepakat bahwa jika seorang yang sedang puasa sempat berniat untuk membatalkan puasa, namun belum sempat makan minum atau melakukan hal-hal yang sekiranya membatalkan puasa, maka puasanya belum batal.

2. Imsak


Kata imsak bermakna secara istilah dalam bab fiqih puasa adalah menahan diri dari segala sesuatu yang membatalkan puasa dan menahan dari makan, minum dan jima'.

Biasanya waktu imsak yang ada berkisar 10 menit sebelum masuknya waktu subuh, 10 menit itu bisa digunakan untuk membaca 50 ayat-ayat yang tidak terlalu panjang. Di 10 menit itu sebaiknya kita gunakan untuk berwudhu dan siap-siap untuk melaksanakan sholat Subuh ke masjid.

Itulah kedua rukun puasa yang perlu sahabat hikmah ketahui.

Simak Video "Cara Donny Alamsyah Ajarkan Puasa ke Buah Hati"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/erd)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia