Metode Psikologi Pendidikan

Tim detikEdu - detikEdu
Rabu, 14 Apr 2021 06:55 WIB
ilustrasi konseling
Metode Psikologi Pendidikan (Ilustrasi: Foto: thinkstock)
Jakarta - Psikologi pendidikan merupakan salah satu cabang ilmu yang berasal dari psikologi dan memiliki bahasan serta penelitian mengenai bagaimana ilmu psikologi tersebut. Selain itu, hal ini juga dapat kalian tinjau dari sisi pembelajaran hingga peserta didiknya.

Nah, dalam kajian psikologi pendidikan, yang mana ahli psikologi pendidikan dan juga praktisi tentu saja memiliki berbagai macam metode terutama dalam penerapannya.

Untuk itu, jika detikers ingin mengetahui lebih dalam tentang metode psikologi pendidikan, pengertian dan lainnya, bisa langsung lihat informasinya seperti berikut ini.

Pengertian Psikologi Pendidikan

Sebelum melihat lebih jelas tentang metode psikologi pendidikan, ada baiknya jika detikers bisa melihat apa itu pengertian dari psikologi pendidikan.
Jadi, psikologi pendidikan yaitu hal disiplin terutama dalam ilmu psikologi yang mana nantinya memiliki pengaruh terutama dalam proses belajar mengajar dalam dunia pendidikan.

Maksud dan juga tujuan dari psikologi pendidikan yaitu menerapkan ilmu-ilmu psikolog ke bagian dalam proses pengubahan tingkah laku ataupun mengajar.
Nah, selain itu untuk arti ilmu psikologi pendidikan itu sendiri adalah ilmu yang dapat mempelajari tentang belajar, pertumbuhan hingga kematangan individu.

Tak hanya itu saja, hal ini juga menerapkan prinsip-prinsip ilmiah khususnya dalam reaksi manusia.

Oleh karena itu, seperti yang telah dijelaskan pada sebelumnya, bahwa dalam proses belajar mengajar ini tentunya membutuhkan metode khusus yakni metode psikologi pendidikan.

Hal ini yakni dengan tujuan agar belajar dapat jauh lebih efisien dan juga efektif.

Jadi, nantinya metode pembelajaran tersebut merupakan cara-cara yang akan digunakan terutama dalam aktivitas pengajar dan juga peserta didik pada saat proses belajar.

Metode - Metode Dalam Psikologi Pendidikan

Dalam metode psikologi pendidikan ada beberapa metode yang wajib Detikers ketahui dengan jelas, antara lainnya seperti :

1. Metode Experimental

Nah, yang dimaksud dengan metode experimental atau eksperimen merupakan sebuah pengamatan yang nantinya akan dilakukan dengan teliti terutama terhadap gejala-gejala jiwa yang memang ditimbulkan secara sengaja.

Selain itu, untuk contoh tentang metode experimental ini yaitu untuk mendapatkan dan mengetahui sifat-sifat umum yang berasal dari gejala kejiwaan.
Hal ini bisa meliputi kemauan, pikiran, ingatan, perasaan hingga lainnya.
Kelebihan dari metode tersebut yaitu dapat melakukan pengontrolan secara ketat pada faktor-faktor yang memiliki kemungkinan sehingga dapat mempengaruhi hasil dari penelitian.

Untuk langkah-langkah tepat dalam menggunakan metode ini, seperti :

  • Adanya permasalahan ataupun problem
  • Menampilkan kesimpulan yang ada secara general
  • Mencari hipotesis
  • Mengumpulkan teori ataupun konsep yang berkaitan langsung dengan permasalahan
  • Menguji secara empiris dan sesuai dengan data yang ada di lapangan

2. Metode Questionnaire

Pada metode questioner merupakan serangkaian dari pertanyaan-pertanyaan yang mana berkaitan langsung dengan topik yang ada dalam ilmu psikologi, pendidikan dan sosial.

Keunggulan metode yang satu ini terutama dalam proses belajar yaitu :

  • Tidak akan memakan banyak biaya
  • Ada banyak data-data yang dapat terkumpul dalam waktu yang singkat

3. Metode Klinis

Metode yang satu ini merupakan sebuah tempat diagnose dan juga pengobatan untuk berbagai macam jenis kelakuan, gangguan fisik hingga perkembangan.

Oleh Karena itu, dapat disimpulkan bahwa metode klinis ini merupakan sebuah metode yang nantinya dapat digunakan dalam ilmu psikologi agar dapat menyelidiki secara detail tentang sejumlah individu.

Selain itu, tujuannya yaitu untuk mengetahui individu apakah memiliki gangguan ataupun kelainan dalam batas-batas waktu yang terbilang cukup lama.

4. Metode Introspeksi

Pada metode introspeksi ini merupakan metode penelitian yang mana akan dilakukan dengan cara mengamati ke dalam diri sendiri.
Tak hanya itu saja, dalam metode ini nantinya juga bisa melihat kondisi mental seseorang dalam waktu tertentu yang meliputi perasaan, motif-motif yang ada dalam diri seseorang hingga pikiran.

5. Metode Case Study

Dalam metode case study ini merupakan catatan mengenai pengalaman seseorang baik itu penyakit yang pernah ia derita, lingkungan, pendidikan, hingga perawatan.

Untuk itu, metode ini dapat berhasil maka membutuhkan observasi serta pencatatan data-data, yang mana dapat dilakukan dengan sebaik-baik dengan cara mencatat data tingkah lakunya.
Jadi, itulah ada beberapa informasi yang bisa detikers lihat tentang metode psikologi pendidikan. Semoga informasi tersebut bisa bermanfaat untuk kalian semua!



Simak Video "Penanganan Khusus Masalah Cinlok"
[Gambas:Video 20detik]
(erd/erd)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia