Pengertian Penelitian Pendidikan

Tim detikEdu - detikEdu
Selasa, 13 Apr 2021 12:52 WIB
Teacher and kids in an elementary school lesson with tablets
Pengertian Penelitian Pendidikan (Ilustrasi Foto: iStock)
Jakarta - Dalam dunia akademik dikenal istilah penelitian pendidikan. Mungkin banyak orang sering mengaitkan pula penelitian ini dengan kata metode sehingga kita mengenalnya sebagai metode penelitian.

Selain itu, istilah-istilah seperti ini juga banyak digunakan sebagai rancangan penelitian ataupun desain penelitian, yang mana pada biasanya akan berisikan objek dan subjek penelitian hingga lainnya. Akan tetapi jika detikers masih bingung dengan pengertian penelitian pendidikan maka berikut ini bisa detikers simak ulasannya seperti berikut ini.

Apa Itu Penelitian Pendidikan?

Jadi, metode merupakan cara mendapatkan data-data secara ilmiah dengan mencapai tujuan tertentu.

Namun, secara umum metode penelitian merupakan cara ilmiah agar bisa mendapatkan pula data-data dengan tujuan serta kegunaan tertentu.

Nah, sedangkan pengertian penelitian merupakan suatu kegiatan ilmiah, rangkaian kerja ilmiah dengan tujuan untuk memecahkan suatu permasalahan yang ada.

Akan tetapi jika cara kerja ilmiah ini nantinya diterapkan pula dalam lapangan pendidikan maka akan menjadi penelitian pendidikan.

Oleh karena itu, pengertian penelitian pendidikan merupakan suatu kegiatan ilmiah yang mana akan dilakukan dengan cara mengumpulkan data, menganalisis data hingga memecahkan permasalahan pendidikan.

Selain itu, penelitian pendidikan ini juga merupakan cara yang dapat dipergunakan dalam mengembangkan bidang pendidikan.

Tujuan Penelitian Pendidikan

Penelitian pendidikan ini memang menjadi penelitian yang harus detikers lakukan dalam bidang pendidikan, yang mana nantinya menggunakan teori, konsep, prinsip hingga metodologi penelitian.


Tak hanya itu saja, detikers juga harus mengetahui apa saja tujuan dari penelitian pendidikan tersebut, yang mana hal ini bertujuan untuk menemukan kembali, merevisi hingga menguji teori-teori ilmiah.


Tujuan lainnya yaitu agar teori-teori yang telah ada bisa menjadi lebih handal

Selain itu, menurut sumber yang ada maksud dari penelitian ilmiah terutama dalam bidang pendidikan yaitu untuk :

  • Menemukan pula fakta-fakta baru terkait dengan bidang pendidikan
  • Menguji dan memverifikasi fakta-fakta lama terkait dalam pendidikan
  • Menemukan penjelasan mengenai hubungan kausal
  • Menganalisis urutan dan interrelasi atau saling hubungan antara berbagai fakta
  • Mengembangkan lagi konsep, alat dan juga teori sehingga dapat memberikan kemungkinan untuk melakukan pengkajian terutama dalam perilaku manusia mengenai konteks kependidikan

Jenis-Jenis Penelitian Pendidikan

Penting untuk detikers ketahui bahwa dalam penelitian pendidikan ini juga memiliki jenis-jenis, yang mana antara lainnya seperti :

  • Pendidikan dasar
  • Penelitian evaluasi
  • Penelitian terapan

Manfaat Penelitian Pendidikan

Selain itu, detikers juga bisa melihat apa saja manfaat dari penelitian pendidikan itu sendiri, antara lain:

  • Sebagai peta yang mana nantinya dapat mendeskripsikan tentang keadaan pendidikan dan juga mendeskripsikan mengenai kemampuan sumber daya hingga kemungkinan hambatan yang akan dihadapi
  • Sebagai bahan dasar dalam menyusun suatu kebijakan, termasuk pula strategi terutama dalam pengembangan pendidikan
  • Sebagai sarana diagnosis pada saat mencari penyebab tentang suatu kegagalan hingga masalah-masalah yang akan di hadapi terutama pada saat pelaksanaan pendidikan sehingga nantinya dapat mencari penyelesaian dengan tepat
  • Sebagai salah satu masukan yang nantinya dapat memberikan gambaran-gambaran tentang kemampuan dalam peralatan, pembekalan, pembiayaan hingga tenaga kerja.

Selain itu, hal ini juga memiliki manfaat dengan tujuan memiliki peran dalam suatu keberhasilan pendidikan.

Bagaimana detikers apakah kalian sudah memahaminya tentang pengertian penelitian pendidikan? Tentu saja bukan?

Jadi, kesimpulannya yaitu pada hakikatnya penelitian pendidikan ini dilakukan yaitu sebagai cara untuk dapat memperoleh sebuah informasi yang nantinya dapat dipertanggungjawabkan.

Untuk itu, dengan adanya hal ini dapat berupaya untuk memahami lagi proses pendidikan sehingga menemukan solusi yang tepat.

Oleh karena itu, semoga informasi seperti yang ada bisa bermanfaat buat detikers dan dapat memahaminya dengan baik terutama tentang penelitian pendidikan.



Simak Video "Kala Ancol Harusnya Berpesta, Tapi Prihatin Kondisi Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(erd/erd)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia