Ruang Lingkup Serta Fungsi Metode Penelitian Pendidikan

Tim detikEdu - detikEdu
Selasa, 13 Apr 2021 09:16 WIB
Ilustrasi seseorang tengah menulis surat
Ruang Lingkup Serta Fungsi Metode Penelitian Pendidikan (Ilustrasi Foto: Thinkstock)
Jakarta - Apa sih yang dimaksud dengan metode penelitian pendidikan? Jika dilihat dari arti kata yang dimilikinya, maka metode penelitian dapat diartikan sebagai rencana atau gambaran penelitian. Hal tersebut meliputi prosedur atau langkah tepat yang tentunya harus ditempuh selama proses penelitian berlangsung.

Lantas mengapa metode penelitian itu disebut sebagai metode penelitian pendidikan? Hal tersebut dikarenakan keberadaannya yang digunakan pada bidang pendidikan. Dengan kata lain, penelitian yang dilakukan berada pada bidang pendidikan itu sendiri.

Ruang lingkup penelitian pendidikan

Ruang lingkup dapat dinyatakan sebagai pembatasan variabel. Hal tersebut digunakan untuk membatasi berapa banyak kisaran subjek yang akan diteliti. Sehingga penelitian yang dilakukan pun tidak terlalu melebar dan dapat terfokuskan.

Tidak hanya itu, pembatasan pun menjadi bagian penting karena dapat mempengaruhi validitas dari hasil penelitian yang dilakukan. Selain itu, ruang lingkup juga berguna untuk membatasi materi dari ilmu atau penelitian yang diinginkan.

Dengan kata lain ruang lingkup penelitian pendidikan dapat diartikan sebagai batasan. Namun jika dilihat secara khusus, maka ia juga dapat dinyatakan sebagai penelitian pendidikan dengan materi yang lebih mendetail. Sehingga penelitian yang dilakukan pada bidang pendidikan pun akan dijalankan dengan lebih tepat dan terarah.

Fungsi penelitian pendidikan

Untuk fungsi dari penelitian pendidikan umumnya ia hadir sejalan dengan tujuan yang dimilikinya. Berikut adalah beberapa fungsi yang dinyatakan olehnya :

Pengembangan ilmu pendidikan

Penelitian pendidikan umumnya ditujukan untuk mengembangkan ilmu pendidikan. Termasuk diantaranya ilmu bantu yang menyertainya. Penelitian yang ditujukan untuk mengembangkan ilmu tersebut umumnya dikenal sebagai penelitian murni.

Pemecahan masalah pendidikan

Saat ini ada banyak masalah pendidikan yang belum teratasi. Seperti halnya masalah yang berkaitan dengan proses pendidikan atau pengajaran. Hingga jenis masalah yang berkaitan dengan mutu hasil pendidikan.

Dalam fungsi yang satu ini, ia tidak ditujukan untuk mengembangkan pendidikan. Tetapi melakukan proses perbaikan serta penyempurnaan. Hal tersebut umumnya dilakukan pada praktek di bidang pendidikan.

Penelitian kebijakan pendidikan

Fungsi lainnya adalah berkaitan dengan proses penelitian dari kebijakan di bidang pendidikan. Jika dilihat secara sekilas, fungsi yang satu ini tidak jauh berbeda dengan fungsi pemecahan masalah di bagian atas tadi. Perbedaannya hanya terletak pada lingkup permasalahan serta manfaat yang diberikannya.

Untuk bidang kajian dari penelitian ini umumnya berkaitan dengan kurikulum dari bidang pendidikan tertentu. Seperti halnya muatan lokal, pendidikan dasar 9 tahun, orang tua asuh, kenaikan pangkat otomatis dan lainnya. Sedangkan untuk hasil dari penelitiannya dapat digunakan untuk mengambil kebijakan dengan tepat.

Penelitian pendidikan yang dapat menunjang proses pembangunan

Fungsi paling akhir dari penelitian ini berkaitan dengan peranan, tugas, posisi, serta tanggung jawab dari bidang pendidikan. Utamanya pada proses pembangunan nasional. Seperti halnya peran pendidikan dalam sektor ketenagakerjaan, program keluarga berencana, produktivitas kerja dan lainnya,
Dari penjelasan singkat di bagian atas tadi.

Dapat Anda lihat bahwa ruang lingkup dari metode penelitian pendidikan terbilang luas. Sedangkan untuk fungsinya itu sendiri dapat memberikan hasil maksimal, utamanya jika disesuaikan dengan beragam tujuannya.

Demikianlah kiranya penjelasan singkat mengenai metode penelitian pendidikan termasuk ruang lingkup serta fungsi yang dimilikinya.

Simak Video "Jerit Penjual Kembang Rugi Jutaan Rupiah Imbas Penutupan TPU"
[Gambas:Video 20detik]
(erd/erd)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia