Contoh Penelitian Eksploratif

Tim detikcom - detikEdu
Senin, 12 Apr 2021 12:01 WIB
ilustrasi menulis surat
Contoh Penelitian Eksploratif (Foto: thinkstock)
Jakarta - Penelitian itu banyak jenis tipe dan macamnya. Terdapat beragam topik serta jenis tipe penelitian yang dapat dilakukan, maupun juga dengan metode penelitiannya. Salah satu jenis penelitian adalah berupa penelitian eksploratif. Berikut ini adalah Contoh Penelitian Eksploratif tersebut.

Apa itu Penelitian Eksploratif

Penelitian eksploratif adalah suatu jenis penelitian yang memiliki tujuan untuk melakukan eksplorasi atau memperdalam pengetahuan ataupun mencari ide-ide baru mengenai suatu hal tertentu, guna merumuskan permasalahan dengan secara lebih terperinci ataupun mengembangkan hipotesis dan bukanlah untuk menguji hipotesis. Penelitian eksploratif ini sifatnya lebih fleksibel, dan cenderung tidak terstruktur secara kaku dan baku, serta biasanya sampel penelitiannya relatif sedikit jumlahnya atau terbatas, serta analisis data primernya biasanya lebih bersifat kualitatif.

Peneliti ingin mengetahui dan belum memiliki prediksi mengenai hasilnya. Hasil akhir dari suatu penelitian eksploratif pada umumnya baru merupakan suatu penelitian awal dan pengayaan, serta perlu dan akan dilanjutkan dengan penelitian berikutnya yang bersifat deskriptif atau eksplanatif.

Suatu penelitian eksploratif bertujuan untuk menyelidiki mengenai suatu masalah yang belum diteliti atau bahkan belum diselidiki dengan secara menyeluruh di masa lalu. Maksud dari pengadaan penelitian eksplorasi ini ialah dilakukan antara lain untuk memiliki pemahaman yang lebih baik tentang suatu permasalahan yang ada, namun hasilnya biasanya tidak mengarah pada suatu hasil yang bersifat konklusif.

Penelitian eksploratif bisa menggunakan satu atau pun lebih dari satu metode penelitian. Jadi misalnya dapat menggunakan eksploratif dengan pendekatan penelitian kuantitatif digabung dengan metode pendekatan penelitian kualitatif.

Beberapa Contoh Penelitian Eksploratif

Guna mendapatkan gambaran secara lebih jelas, berikut ini adalah beberapa contoh mengenai penelitian eksploratif tersebut.

Contoh Penelitian Eksploratif 1

Penelitian Eksploratif tentang Sistem tukar menukar barang yang terjadi di kalangan suku pedalaman yang tinggal di tengah hutan Jambi, Sumatera.

Contoh Penelitian Eksploratif 2
Salah satu contoh sederhana suatu penelitian eksploratif dalam kehidupan sehari-hari adalah analisa tentang kebiasaan laki-laki dan juga perempuan terhadap posisi duduk selama berada di kelas, guna mengetahui yang cenderung akan duduk pada barisan yang paling depan.

Contoh Penelitian Eksploratif 3
Penelitian Eksploratif terhadap Perilaku Social Distancing di Kalangan pengemudi Ojek Online terkait dengan upaya Pencegahan Covid 19 (Studi Kasus: Jakarta Pusat, Ibukota Jakarta)

Contoh Penelitian Eksploratif 4
Penelitian Eksploratif terhadap etos kerja masyarakat Baduy yang tinggal di Provinsi Banten

Contoh Penelitian Eksploratif 5
Selain topik sosial ekonomi maka bisa juga dilakukan penelitian eksploratif di bidang kesehatan, yakni contohnya seperti penelitian Eksploratif Kesehatan Masyarakat kaum wanita Desa Banjarejo, Kecamatan Sungai Gili, Provinsi Sumatera Selatan Pasca proses melahirkan, misalnya.

Contoh Penelitian Eksploratif 6
Pendekatan Eksploratif guna Meningkatkan kemampuan Serap Siswa terhadap Mata Pelajaran Fisika dalam Memotivasi Belajar Siswa SMA Negeri 3 Semarang

Contoh Penelitian Eksploratif 7
Kemudian salah satu contoh penelitian eksploratif berikutnya yang terkait dengan bidang pendidikan ialah misalnya penelitian eksploratif mengenai penyebab terjadinya putus sekolah di Kota Jakarta Utara.

Contoh Penelitian Eksploratif 8
Lalu penelitian di bidang sosial yang bersifat eksploratif lainnya lagi misalnya ialah penelitian eksploratif mengenai faktor penyebab tingginya angka drop out di perguruan tinggi ABCD di kota Malang. Dalam penelitian ini prediksi awal bisa jadi berupa faktor ekonomi namun hasil penelitiannya nanti bisa saja akan ditemukan berbagai faktor lainnya yang justru lebih dominan mempengaruhi.

Contoh Penelitian Eksploratif 9
Penelitian eksploratif mengenai faktor penyebab tingginya angka kematian anak-anak di Kota X

Contoh Penelitian Eksploratif 10
Penelitian eksploratif mengenai Perilaku gamers di kalangan remaja di kota Jakarta

Contoh Penelitian Eksploratif 11
Penelitian eksploratif mengenai Pola Makan anak kos di wilayah Sleman, Yogyakarta

Contoh Penelitian Eksploratif 12
Penelitian eksploratif mengenai cara dan Pola Belajar Mahasiswa dengan IPK di atas 3 di Indonesia

Cukup banyak topik yang bisa diangkat untuk dilakukan penelitian eksploratif.

Simak Video "Bikin Laper: Nikmatnya Semangkuk Soto Mie untuk Buka Puasa"
[Gambas:Video 20detik]
(erd/erd)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia