13 Ucapan Jelang Ramadhan 2021 yang Menyentuh Hati untuk Teman dan Keluarga

Trisna Wulan - detikEdu
Senin, 12 Apr 2021 11:01 WIB
Young woman, cloth on her head, on the phone, working, looking at Ramadan, religious dress
Foto: Getty Images/Igor Alecsander/13 Ucapan Jelang Ramadhan 2021 yang Menyentuh Hati untuk Teman dan Keluarga
Jakarta - Menyambut bulan puasa, saling berkirim ucapan menjelang Ramadhan pun jadi ungkapan kegembiraan.

Datangnya bulan Ramadhan disambut oleh segenap kaum muslimin seantero dunia dengan rasa syukur dan gembira.

Ketika bulan Ramadhan datang, dikutip dari buku Ramadhan dan Pembangkit Esensi Insan: Pengajian 30 Malam Ramadhan oleh Shabri Shaleh Anwar,S.Pd.I, M.Pd.I, Rasulullah mengucapkan selamat kepada para sahabat dengan ungkapan:

"Telah datang kepada kalian bulan Ramadhan, pemimpin segala bulan, maka selamat datang kepadanya. Telah datang bulan puasa dengan membawa beragam keberkahan, maka alangkah mulianya tamu yang datang itu."

Ibadah puasa menjadi salah satu rukun Islam yang wajib dilaksanakan oleh setiap muslim dengan penuh tanggung jawab. Ibadah yang hanya sebulan dalam setahun ini sering dijadikan tolak ukur dan ujian bagi keimanan dan ketaqwaan hamba kepada Tuhannya.

Karenanya, berbagai perasaan timbul beragam di kalangan umat Islam dalam menyambut bulan puasa. Oleh sebab itu, ucapan selamat yang diucapkan sesorang kepada teman, sahabat, tetangga atau kerabat baik secara langsung maupun tidak adalah sarana untuk membangkitkan kecintaan akan bulan Ramadhan yang akan datang.

Berbagai inspirasi ucapan menjelang ramadhan dapat kita temukan dari beragam sumber, salah satunya dari buku 500 Best SMS Ucapan Selamat sebagai berikut.

Berikut Ucapan Menjelang Ramadhan:

1. Satu tahun tidak terasa, Ramadhan telah kembali mengunjungi kita. Semoga yang dilalui dan dilakukan menjadi kebaikan di bulan suci ini. Marhaban ya Ramadhan, mohon maaf lahir dan batin.

2. Waktu begitu cepat berlalu, tak terasa satu tahun telah terlewatkan. Aku adalah insan biasa yang tak luput dari khilaf dan salah. Untuk menyambut bulan yang penuh berkah ini, mari saling memaafkan lahir dan batin. Selamat menjalankan ibadah puasa Ramadhan.

3. Berharap padi dalam lesung, hanya ada rumpun jerami. Berharap hati bertatap langsung, hanya terlayang pesan ini. Sebelum cahaya surga padam, sebelum hidup berakhir, sebelum pintu tobat tertutup, sebelum Ramadhan datang, mohon maaf lahir dan batin. Selamat berpuasa.

Baca juga

4. Mohon maaf atas salah baik yang disengaja maupun tidak. Semoga di bulan suci yang penuh berkah, ada hati yang lapang untuk saling memaafkan. Selamat berpuasa.

5. Tak ada kata seindah zikir, tak ada bulan seindah Ramadhan. Izinkan kedua tangan bersimpuh maaf untuk lisan yang tak terjaga, janji yang terabaikan, hati yang selalu berprasangka, dan sikap yang pernah menyakitkan. Maaf lahir batin, selamat menunaikan ibadah puasa.

6. Sahabatku, marilah persiapkan diri menuju bulan penuh rahmat berkah ampunan. Mari saling memaafkan segala kesalahan dan kekhilafan, agar penuh makna dalam menyemai keikhlasan, memupuk kesabaran, menumbuhkan semangat ibadah, guna memetik kemenangan besar. Marhaban ya Ramadhan.

7. Jika semua harta adalah racun, makan zakatlah penawarnya. Jika seluruh umur adalah dosa, maka taubatlah obatnya. Jika seluruh hari adalah nista, maka Jumatlah pensuciannya. Jika seluruh bulah adalah noda, maka Ramadhan-lah pemutihnya. Marhaban ya Ramadhan, selamat menjalankan ibadah puasa. Mohon maaf lahir dan batin.

8. Hari-hari berlari menepis kerinduan akan Ramadhan, menyusupkan permohonan maaf kami ke celah hati, melalui bisikan ombak selamat puasa, membasuh hati, membersihkan jiwa. Marhaban ya Ramadhan, mohon maaf lahir dan batin.

9. Fajar ramadhan segera menghampiri dunia. Selembar sutra menghapus noda, sebening embun penyejuk kalbu. Sucikan hati bersihkan jiwa di bulan yang suci. Selamat menunaikan ibadah puasa 1442 H, semoga amal kita diterima di sisi Allah SWT. Aamiin.

10. Esok adalah harapan, hari ini adalah pengalaman. Kemarin adalah kenangan, yang tak luput dari kekhilafan, mohon maaf lahir dan batin. Semoga Ramadhan kali ini lebih baik dari Ramadhan tahun lalu. Aamiin.

11. Marhaban ya Ramadhan, semoga bulan ini penuh barokah dan maghfirah, mari kita menahan makan dan minum, sholat lebih rajin, menigkatkan imat dan banyak tahan nafsu amarah serta perangi tabiat maksiat. Mohon maaf lahir dan batin.

12. Pada kesempatan ini, saya memohon maaf lahir dan batin bila langkah membekas lara, bila ada kata merangkai dusta, bila ada tingkah menoreh luka. Selamat melaksanakan ibadah puasa Ramadhan.

13. Dalam kerendahan hati, ada ketinggian budi. Dalam kemiskinan harta, ada kekayaan jiwa. Hidup ini indah bila ada maaf. Mohon maaf lahir dan batin, selamat menjalankan ibadah puasa.

Semoga salah satu ucapan menjelang Ramadhan untuk teman, sahabat, tetangga atau kerabat dapat menyambung silaturahmi dan membangkitkan kecintaan akan bulan Ramadhan.

Marhaban ya Ramadhan!



Simak Video "Bupati Purwakarta Wajibkan ASN Tadarus Al-Qur'an Sebelum Kerja"
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/nwy)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia