Doa Melihat Hilal yang Pernah Diajarkan Rasulullah

Erwin Dariyanto - detikEdu
Minggu, 11 Apr 2021 21:16 WIB
One day One Hadits Doa melihat Hilal
Doa Melihat Hilal yang Pernah Diajarkan Rasulullah ( Foto: Zaki A/detikcom)
Jakarta - Rasulullah Muhammad shallallahu 'alaihi wasallam pernah mengajarkan sebuah doa melihat hilal atau bulan sabit tipis. Hal itu diriwayatkan dalam hadits at-Tirmidzi yang meriwayatkan dari Thalhah bin Ubaidullah radhiyallahu 'anhu.

Doa melihat hilal:



One day One Hadits Doa melihat HilalDoa melihat Hilal Foto: Repro Kitab Riyadhus Shalihin

"Bahwa bila Nabi Muhammad SAW melihat hilal, beliau mengucapkan, 'Ya Allah, perlihatkanlah hilal itu kepada kami dengan keamanan dan keimanan, keselamatan dan keislaman. Tuhanku dan Tuhanmu adalah Allah, hilal petunjuk dan kebaikan."

Kementerian Agama RI rencananya pada Senin, 12 April 2021 besok akan menggelar sidang Isbat untuk menentukan awal puasa 2021 atau Ramadhan 1442 H. Namun karena masih dalam suasana pandemi COVID-19 sidang isbat akan digelar dengan menerapkan protokol kesehatan ketat secara daring atau luring mulai pukul 16:45 WIB.

Ada tiga sesi sidang isbat besok. Dimulai dari pemaparan posisi hilal oleh Tim Unifikasi Kalender Hijriyah Kementerian Agama.

Setelah sholat Magrib dilanjutkan sesi kedua yakni penentuan awal puasa 2021 atau Ramadhan 1442 H yang dilaksanakan secara tertutup. Sesi ketiga menjadi bagian penutup sidang Isbat yakni konferensi pers yang akan disampaikan oleh Menteri Agama.

Ada 86 titik lokasi di 34 provinsi di seluruh Indonesia menjadi tempat pengamatan hilal. Kementerian Agama mengerahkan petugas Kanwil Kemenag di beberapa kabupaten dan kota, juga bekerjasama dengan sejumlah organisasi masyarakat Islam.

BMKG atau Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) pada Senin, 12 April 2021 sore besok juga akan melakukan pengamatan hilal serentak di Indonesia untuk menentukan awal puasa 2021. Untuk BMKG pusat pengamatan akan dilakukan di kawasan pantai Ancol.

Pada Sabtu kemarin, sejumlah mahasiswa Unisnu Jepara, Jawa Tengah melakukan pengamatan hilal di Pantai Semat. Menggunakan empat teropong manual dan digital mereka melakukan praktik riyatul hilal yakni pengamatan hilal.

Kegiatan tersebut juga menjadi persiapan pengamatan hilal secara serentak pada Senin besok bersama Kementerian Agama. Nah, bagi yang besok bisa melihat hilal, bisa mengamalkan doa melihat hilal seperti yang pernah diajarkan kanjeng Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wasallam.



Simak Video "Melihat Persiapan Pemantauan Hilal di Pantai Pangandaran"
[Gambas:Video 20detik]
(erd/erd)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia