Beasiswa Pertukaran Pelajar ke Amerika, Tidak Perlu TOEFL

Trisna Wulandari - detikEdu
Selasa, 24 Mei 2022 08:00 WIB
Hiruk-pikuk traveler hilang selama masa lockdown melawan virus Corona. Yuk bernostalgia lagi saat Patung Liberty penuh sesak traveler.
Beasiswa pertukaran pelajar ke Amerika Serikat YSEALI Academic Fellowship 2022. Foto: Ari Saputra
Jakarta -

Kedutaan Besar Amerika Serikat (Kedubes AS) membuka pendaftaran beasiswa pertukaran pelajar Young Southeast Asian Leaders Initiative (YSEALI) Academic Fellowship. Mahasiswa atau sarjana lulusan 2018-2022 usia 18-25 tahun bisa mendaftar untuk studi 5 minggu di AS.

Beasiswa YSEALI Academic Fellowship adalah program beasiswa akademik jangka pendek intensif yang bertujuan untuk memberikan pemahaman mendalam bagi pemuda tentang Amerika Serikat dan tema tertentu sambil meningkatkan keterampilan kepemimpinan.

Pendaftar beasiswa pertukaran mahasiswa YSEALI Academic Fellowship bisa memilih salah satu dari 3 fokus tema, yaitu keterlibatan masyarakat, isu lingkungan dan pengelolaan sumber daya alam, dan kewirausahaan sosial dan pembangunan ekonomi.


Selama 5 minggu, penerima beasiswa YSEALI Academic Fellowship akan menjalani kuliah, diskusi seminar, membaca, presentasi kelompok. Di samping belajar dan kegiatan di kelas, penerima beasiswa akan mengikuti trip pendidikan, kunjungan lapangan, kegiatan kepemimpinan. Peserta juga berkesempatan untuk ikut kegiatan sukarela di komunitas lokal.

Selama residensi akademik, peserta juga berkesempatan untuk terlibat di kegiatan pendidikan dan budaya di luar kelas. Jika kondisi pandemi dan lainnya memungkinkan, kamu juga bisa mengikuti tur studi pendidikan ke daerah lain di Amerika Serikat untuk bertemu organisasi lokal, organisasi di negara bagian, swasta, dan organisasi nirlaba yang bekerja di lapangan.

Syarat Beasiswa Pertukaran Pelajar YSEALI Academic Fellowship 2022

  • Usia 18-25 saat melamar
  • Berstatus mahasiswa saat ini atau yang baru lulus dari universitas kurang dari lima tahun yang lalu
  • Warga negara dan penduduk dari salah satu negara berikut: Brunei, Burma, Kamboja, Indonesia, Laos, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, Timor Leste, atau Vietnam
  • Bukan warga negara AS atau penduduk tetap AS
  • Mahasiswa sarjana atau pascasarjana penuh waktu atau lulus kurang dari lima tahun yang lalu dari institusi pendidikan tinggi
  • Mahir dalam bahasa Inggris. TOEFL, IELTS, atau nilai tes lainnya tidak diperlukan, namun kemampuan bahasa Inggris dievaluasi melalui formulir aplikasi dan wawancara dengan staf program YSEALI
  • Mampu membaca, menulis, dan berbicara dalam bahasa Inggris di lingkungan kelas universitas AS
  • Memenuhi syarat untuk menerima visa J-1

Kriteria Seleksi

  • Menunjukkan kualitas dan potensi kepemimpinan yang kuat di universitas, tempat kerja, dan/atau komunitas
  • Menunjukkan minat, pengetahuan, atau pengalaman profesional dalam satu atau lebih tema YSEALI (keterlibatan masyarakat, kewirausahaan dan pertumbuhan ekonomi, masalah lingkungan)
  • Menunjukkan komitmen atau minat dalam pelayanan masyarakat, kegiatan sukarela, atau bimbingan
  • Menunjukkan minat yang serius untuk mempelajari Amerika Serikat dan ASEAN sebagai suatu kawasan
  • Bersedia berpartisipasi aktif dalam program akademik intensif, kegiatan pengabdian masyarakat, dan studi banding
  • Punya komitmen untuk kembali ke negara asal untuk menerapkan keterampilan dan pelatihan kepemimpinan agar bermanfaat bagi komunitas, negara, atau kawasan Asia Tenggara
  • Memiliki sedikit atau tidak ada pengalaman sebelumnya di Amerika Serikat

Cara Daftar Beasiswa Pertukaran Pelajar YSEALI Academic Fellowship

Siapkan 1-3 surat rekomendasi dari orang yang mengetahui kamu secara profesional (bukan teman atau keluarga) lengkap dengan kepala surat (letter head)

Isi formulir aplikasi paling lambat tanggal 2 Juni 2022 pukul 09.00 WIB di sini

Kandidat yang terpilih seleksi aplikasi akan dihubungi untuk penjadwalan wawancara.

Jika kondisi kesehatan, keselamatan, dan perjalanan masih menimbulkan tantangan yang signifikan, program beasiswa akademik ini akan beralih ke format virtual. Program virtual akan terdiri dari kuliah, diskusi kelompok kecil, video, bacaan, panel, kunjungan lapangan, pengembangan kepemimpinan, tugas, serta kegiatan individu dan kelompok dari lokasi masing-masing.

Selengkapnya tentang beasiswa pertukaran pelajar YSEALI Academic Fellowship bisa diakses DI SINI. Semoga berhasil!



Simak Video "After Class by Lazada Foundation: Unlocking Potensials of Indonesia Muslim Marketplace (Eps 04 - Presentation)"
[Gambas:Video 20detik]
(twu/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia