Mau Ikut Pertukaran Pelajar ke Amerika Serikat? Ini Syarat dan Cara Daftarnya

Fahri Zulfikar - detikEdu
Kamis, 28 Okt 2021 14:15 WIB
program pertukaran pelajar ke amerika serikat
Foto: doc. asean.usmission.gov/Mau Ikut Pertukaran Pelajar ke Amerika Serikat? Ini Syarat dan Cara Daftarnya
Jakarta - Apakah kamu tertarik kuliah di Amerika Serikat? Program Young Southeast Asian Leaders Initiative (YSEALI) Academic Fellow 2022/2023 mungkin bisa mewujudkannya. Program ini dibuka untuk mahasiswa S1 sederajat dan fresh graduates usia 18-25 tahun.


Program Beasiswa Akademik YSEALI adalah pertukaran pelajar jangka pendek yang bertujuan untuk memberikan para pemimpin muda di Asia Tenggara mengembangkan keterampilan kepemimpinan dan memahami Amerika Serikat dengan lebih dekat.


Tak hanya itu, program ini juga mengajak peserta untuk mendalami tema yang diusung YSEALI. Adapun tema tahun 2022/2023 adalah seputar civic engagement, masalah lingkungan dan manajemen sumber daya alam, serta perkembangan kewirausahaan dan ekonomi.


Cakupan Program YSEALI


Peserta yang terpilih dalam program ini akan menjalani kegiatan selama 2-3 minggu yang diadakan kampus di Amerika Serikat. Kegiatan perkuliahan berlangsung secara hybrid dengan menjalankan akademik virtual dan pengalaman tatap muka yang terintegrasi.


Selama perkuliahan, peserta akan terlibat secara jarak jauh dari negara asal mereka dalam kegiatan akademik, kunjungan lapangan, latihan pengembangan kepemimpinan, dan kegiatan budaya.


Jika kondisi memungkinkan, peserta akan melakukan perjalanan ke AS pada Musim Gugur 2022 atau Musim Semi 2023 untuk berpartisipasi dalam kegiatan pendidikan dan budaya di dalam dan di luar kelas, kuliah, dan kunjungan lapangan ke komunitas lokal.


Nantinya, pertemuan tatap muka di Amerika Serikat akan diatur dengan mempertimbangkan semua pedoman keselamatan yang diperlukan yang dikeluarkan oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) dan otoritas negara bagian, lokal, dan kampus.


Persyaratan Program YSEALI


Program YSEALI ini dibuka untuk kandidat asal Brunei, Myanmar, Kamboja, Indonesia, Laos, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, Timor Leste, dan Vietnam yang sedang menempuh S1 atau baru saja lulus.


Nantinya, kandidat akan diseleksi berdasar latar belakang, pengalaman, riwayat kepemimpinan, dan komitmen untuk mengabdi.


Berikut syarat untuk pendaftaran YSEALI:


- Berusia 18-25 tahun saat mendaftar

- Warga negara Brunei, Myanmar, Kamboja, Indonesia, Laos, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, Timor Leste, dan Vietnam

- Residen di Brunei, Myanmar, Kamboja, Indonesia, Laos, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, Timor Leste, dan Vietnam

- Bukan warga negara Amerika Serikat atau permanent resident di AS

- Mahasiswa S1 sederajat penuh atau lulusan S1 sederajat yang lulus perguruan tinggi kurang dari 5 tahun

- Lancar berbahasa Inggris termasuk membaca, menulis, dan berbicara di ruang kelas universitas Amerika Serikat

- Evaluasi bahasa Inggris kandidat tidak dilihat dari TOEFL atau IELTS, tetapi dari berkas aplikasi dan wawancara dengan staf program YSEALI

- Berhak mendapat visa J-1 (visa khusus mahasiswa)

Kriteria dan Cara Mendaftar. Klik selanjutnya...



Simak Video "Sandiaga Bagikan 1.000 Beasiswa untuk Anak Pedagang Kecil"
[Gambas:Video 20detik]

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia