KONI Pusat Beri Beasiswa Pendidikan untuk Atlet Indonesia

Novia Aisyah - detikEdu
Jumat, 30 Jul 2021 20:30 WIB
A group of multietnic students celebrating their graduation by throwing caps in the air closeup. Education, qualification and gown concept.
Foto: iStock/KONI Pusat Beri Beasiswa Pendidikan untuk Atlet Indonesia
Jakarta - KONI Pusat memberikan beasiswa pada para atlet yang menjadi perwakilan Indonesia di tingkat internasional. Hal ini disampaikan Ketua Umum KONI Pusat Letjen TNI (Purn) Marciano Norman dalam keterangan tertulis yang diterima detikEdu pada Jumat (30/07/2021).

Dalam program ini, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat bekerja sama dengan London School of Public Relation (LSPR Communication and Business Institute). Nantinya, para atlet dapat mengikuti pembelajaran jarak jauh (PJJ) dengan jadwal yang fleksibel.

PJJ diharapkan tidak menghalangi kelancaran studi para atlet, yang sibuk latihan dan mengikuti berbagai kompetisi. Termasuk ketika mereka berada di Pemusatan Pelatihan Nasional (Pelatnas). Beasiswa ini diberikan penuh, sehingga para atlet tak perlu mengkhawatirkan biaya kuliah.

Program beasiswa atlet ini akan diberikan untuk jenjang pendidikan sarjana dan magister. Pendidikan yang baik dapat membantu kehidupan para atlet ketika sudah tidak aktif lagi. Sehingga, para atlet dapat terus menjadi patriot meski tak lagi berkompetisi.

"Ke depan, harapan kita seluruh patriot olahraga Indonesia yang telah membanggakan dan mengharumkan nama bangsa dan negara kita tercinta melalui prestasinya di event internasional, juga dapat hidup sejahtera dan berprestasi di bidang lainnya pasca tidak lagi menjadi atlet," kata Marciano.

KONI Pusat mendukung para atlet melalui pendidikan berkualitas agar mempunyai karir yang baik di masa pensiun. Menurut Marciano sudah selayaknya para atlet mendapat perhatian dan penghargaan yang sesuai. Salah satunya dengan beasiswa untuk mempersiapkan para atlet usai masa kejayaannya.

Dalam kesempatan yang sama, Marciano menyampaikan apresiasi kepada para atlet Indonesia yang berlaga dalam Olimpiade Tokyo 2020. Dia berterima kasih atas segala upaya, perjuangan dan, kerja keras yang telah ditunjukkan para atlet atas hasil yang membanggakan dalam kompetisi internasional tersebut.

"Saya selaku Ketua Umum KONI Pusat menyampaikan selamat dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada para patriot olahraga kebanggaan bangsa dan negara Indonesia yang telah berhasil mengibarkan bendera Merah Putih dan mengumandangkan lagu Indonesia Raya melalui prestasi olahraga di arena Olimpiade Tokyo 2020," ujar Marciano.

Olimpiade 2020 yang digelar pada 23 Juli-8 Agustus 2021 di Tokyo diikuti 200 negara peserta. Indonesia mengirimkan 28 atlet yang berlaga dalam cabang olahraga bulu tangkis, atletik, panahan, menembak, rowing, surfing, angkat besi, dan renang.

Simak Video "Sandiaga Bagikan 1.000 Beasiswa untuk Anak Pedagang Kecil"
[Gambas:Video 20detik]
(row/row)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia