5 Kampus Swasta Termahal di Indonesia, Biaya Kuliah sampai Rp 471 Juta

Trisna Wulandari - detikEdu
Selasa, 27 Jul 2021 14:25 WIB
Online education concept with person using a laptop on a white table
Deretan universitas swasta termahal di Indonesia (Foto: Getty Images/iStockphoto/Melpomenem)
Jakarta - Biaya kuliah jadi salah satu pertimbangan calon mahasiswa memilih perguruan tinggi tujuan. Seiring fasilitas dan program yang ditawarkan, ada sejumlah universitas yang menerapkan biaya kuliah di atas rata-rata.

Deretan universitas swasta termahal tersebut di antaranya menawarkan program dual degree, magang di luar negeri, dan fasilitas kampus yang wah.

Berikut 5 kampus swasta termahal di Indonesia yang dirangkum detikEdu dari laman masing-masing universitas:

1. Swiss German University

Swiss German University (SGU) adalah universitas internasional yang dibentuk dari kerjasama Indonesia, Jerman, Swiss, dan Austria di Tangerang, Banten. Mahasiswa SGU dapat menjalani program magang semester 3 di Indonesia dan semester 6 di Jerman dan negara lainnya.

Swiss German University punya ragam prodi yang menarik, mulai dari Mechatronics Engineering, Industrial Engineering, Information Technology, Business and Management, Hotel and Tourism Management, dan International Culinary Business.

Kemudian ada juga prodi Accounting and Data Analytics, Global Strategic Communications, Food Technology, Pharmaceutical Chemical Engineering, Biomedical Engineering, dan Sustainable Energy and Environment.

Uang kuliah Swiss German University program S1 per 2021 berkisar Rp 27,5 juta - Rp 30 juta per semester. Mahasiswa yang mengambil Double Degree Program dikenakan uang kuliah sekitar 3.850 - 4.750 euro atau sekitar Rp 65,7 juta - Rp 81,1 juta.

Khusus mahasiswa Double Degree Program yang mengambil prodi International Culinary Business di Indonesia dan 1 tahun di Swiss dikenakan uang kuliah CHF 29.850 atau sekitar Rp 471 juta per semester.

Uang kuliah Dual Degree Program di atas mencakup entry visa, asuransi jiwa, biaya pendaftaran ke kampus mitra, cooperation and examination. Uang kuliah ini tidak mencakup uang tiket dan biaya hidup di luar negeri.

Uang kuliah SGU sudah termasuk jaket kampus, biaya masa orientasi, dan asuransi jiwa. Sementara itu, uang kuliah SGU tidak mencakup uang buku, ujian ulang, kredit tambahan, dan biaya seremoni wisuda.

Mahasiswa Swiss German University dikenakan biaya pengembangan atau Development Fee di awal perkuliahan sebesar Rp 58,5 juta. Mahasiswa yang melakukan pembayaran dini bisa mendapat diskon 50% atau menjadi Rp29,25 juta.

Biaya kuliah SGU di atas bisa dicicil dalam 4 kali pembayaran. Mahasiswa Swiss German University juga dikenakan biaya Confirmation Fee sebesar Rp 10 juta.

2. Universitas Trisakti

Universtas Trisakti berdiri sejak 1965. Kampus swasta di Jakarta ini memiliki beragam fakultas, mulai dari Fakultas Kedokteran Umum, Hukum, Kedokteran Gigi, Ekonomi, Teknik Sipil dan Perencanaan, Teknik Industri, Teknologi Kebumian dan Energi, Arsitektur Lansekap dan Teknologi Lingkungan, sampai Fakultas Seni Rupa dan Desain.

Mahasiswa Universitas Trisakti dikenakan biaya Sumbangan Pengembangan (SP) di awal perkuliahan dengan kisaran Rp 14 juta - Rp 130 juta sesuai prodi. Di samping itu, biaya kuliah Universitas Trisakti terdiri dari biaya pokok semester, biaya tambahan per SKS, biaya SKS, dan biaya praktikum.

Biaya kuliah Universitas Trisakti semester pertama berkisar dari Rp 33,4 juta - Rp 332,3 juta sesuai prodi. Estimasi biaya kuliah Universitas Trisakti sampai lulus yaitu Rp 131,3 juta - Rp 606 juta yang membuatnya jadi salah satu universitas swasta termahal.

3. Universitas Pelita Harapan

Universitas Pelita Harapan (UPH) memiliki beragam prodi, mulai dari Arsitektur, Bioteknologi, Matematika Terapan dan Aktuaria, Edukasi, Pengelolaan Perhotelab, Teknik Industri, Hubungan Internasional, Desain Produk, Industri Perjalanan dan Pariwisata, Desain Komunikasi Visual, dan lain-lain.

UPH dilengkapi dengan UPH Clinic, Hope Counseling & Assesment Center, gym, kolam renang, lapangan sepak bola, lapangan badminton, lapangan futsal, fasilitas biliar, dan lapangan basket.

Biaya kuliah Universitas Pelita Harapan untuk semester pertama terdiri dari Admission Fee, Credit Fee, Semester/Term Fee, biaya Learning Facilities, biaya jaket, dan biaya orientasi. Biaya kuliah semester pertama UPH S1 berkisar Rp 41,6 juta -Rp 171,75 juta sesuai prodi.

Sementara itu, biaya kuliah UPH untuk mahasiswa semester 2 ke atas terdiri dari Semester Fee, Credit Fee. Khusus mahasiswa prodi Kedokteran dikenakan tambahan biaya Re-Registration Fee. Biaya kuliah UPH per semester mulai semester 2 berkisar Rp 12,6 juta - Rp 50,75 juta.

Total biaya kuliah UPH hingga semester akhir berkisar dari Rp 179,95 - Rp 697 juta.

Universitas Pelita Harapan juga menyediakan program Online Learning untuk Applied Communication Sciences dengan biaya semester pertama Rp 14,6 juta dan biaya kuliah Rp 10 juta per semester mulai semester 2.

UPH juga memiliki program D3 Pharmacy dengan biaya kuliah semester pertama Rp 13,4 juta dan biaya kuliah Rp 3 juta per semester mulai semester kedua.

4. President University

President University memiliki akreditasi A. Kampus di Jababeka, Cikarang, ini menggunakan bahasa pengantar bahasa Inggris. President University memiliki Student Exchange Program ke 53 universitas mitra di luar negeri mencakup India hingga Eropa.

Di samping itu, ada Program Magang Kerja 1-2 semester dan Penempatan Kerja yang dikelola Internship & Career Center (ICC).

Mahasiswa President University difasilitasi dengan layanan rawat inap dan rawat jalan gratis di President University Medical Center. Selain itu, dapat free access menggunakan fasilitas di Jabebeka Golf & Country Club, President Executive Club, De'Khayangan, dan Jababeka Convention Center dengan syarat dan ketentuan berlaku.

Waktu tempuh studi tepat waktu di President University adalah 10 semester dalam 3 tahun 4 bulan. Selama masa studi, mahasiswa President University diwajibkan proaktif di salah satu dari 32 klub dan komunitas, termasuk Golf Academy. Mahasiswa juga harus mengikuti kuliah bisnis dan pelibatan praktik bisnis.

Uang kuliah di President University per tahun 2017 adalah Rp 30 juta per semester atau Rp 300 juta untuk satu masa perkuliahan (10 semester).

Di samping uang kuliah, sejumlah biaya kuliah yang harus dibayarkan mahasiswa President University satu kali di awal tahun akademik per 2017. Biaya ini di antaranya yaitu biaya program matrikulasi dan masa orientasi studi Rp 5 juta dan uang pembangunan Rp10 juta.

Mahasiswa juga diwajibkan untuk tinggal di asrama mahasiswa President University Student Housing di tahun pertama perkuliahan. Biaya asrama President University yaitu Rp 5,8 juta per semester (4 bulan) atau Rp 16,6 juta per tahun.

Mahasiswa President University juga harus mengikuti pelatihan TOEIC selama 4 bulan. Biaya pelatihan TOEIC yaitu sebesar Rp 2,5 juta.

President University memberikan beasiswa jalur rapor dan jalur tes untuk mahasiswa dengan pengurangan biaya hingga gratis biaya kuliah.

5. Binus University

Binus University menempati urutan pertama universitas swasta terbaik Indonesia versi QS World University Rankings 2022. Kampus ini juga masuk daftar universitas terbaik Indonesia urutan ke-8.

Binus University tersebar di beberapa kota, seperti Binus @Greater Jakarta, Binus @Malang, dan Binus @Bandung.

Biaya kuliah Binus University semester pertama tahun ajaran 2022-2023 berkisar Rp 18,7 juta - Rp 25,2 juta sesuai prodi.

Mahasiswa Binus juga dikenakan biaya lab Rp 1,75 juta - Rp 4,25 juta sesuai prodi.Di samping itu, ada biaya peralatan sebesar Rp9,5 juta. Khusus mahasiswa kampus Binus Greater Jakarta dikenakan biaya laboratorium mulai dari semester 1-4.

Mahasiswa Binus juga dikenakan Biaya Sumbangan (DP3) dengan dua kali cicilan, dengan kisaran masing-masing cicilan mulai dari Rp 17,5 juta - Rp 22,5 juta. Total biaya sumbangan Binus University S1 berkisar Rp 35 juta - Rp 45 juta.

Nah, itu dia universitas swasta termahal di Indonesia. Ada kampus incaranmu, detikers?



Simak Video "Jokowi Kritik Kampus yang Masih Ajarkan Ilmu 20 Tahun Lalu"
[Gambas:Video 20detik]
(pal/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia