Bangga! Mahasiswa UNJ Raih Medali Perak di Olimpiade Tokyo 2020

Fahri Zulfikar - detikEdu
Jumat, 30 Jul 2021 10:54 WIB
Eko Yuli Irawan, Mahasiswa UNJ
Foto: UNJ
Jakarta -

Mahasiswa Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Eko Yuli Irawan, menjadi Kontingen Atlet Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020 yang berhasil meraih medali perak. Eko menjadi peraih medali kedua Indonesia setelah Windy Cantika Aisah, perwakilan angkat besi putri.


Mahasiswa Program Studi Kepelatihan Kecabangan Olahraga Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) tersebut turun di kelas 61kg pada cabang angkat besi putra dengan total angkatan 302 kg.


Eko menorehkan total 302 kg melalui percobaan angkatan snatch 137 kg dan usaha clean and jerk seberat 165kg. Ia kalah dari wakil China yaitu Li Fabin yang mencatatkan total Angkatan 313kg.


Peraihan ini merupakan medali kedua kontingen Indonesia di Olimpiade kali ini. Pada Olimpiade Rio 2016, Eko juga berhasil meraih medali perak.


Torehan medali ini merupakan torehan medali keempat Eko selama empat kali mengikuti ajang Olimpiade. Sebelumnya, ia meraih medali perunggu di Beijing 2008 dan empat tahun berikutnya di Olimpiade London.


Apresiasi UNJ


Rektor UNJ, Prof. Komarudin, turut menyampaikan bangga atas torehan prestasi yang diraih oleh Eko Yuli Irawan.


"Saya bangga Eko sebagai mahasiswa UNJ menyuguhkan medali perak yang kedua kali bagi Indonesia di Olimpiade. Tampil di Tokyo tentunya Eko sudah berusaha seoptimal mungkin. Namun yang maha kuasa masih mengijinkan Eko diurutan kedua dan meraih medali perak lagi," kata Komarudin dikutip detikEdu dari laman resmi UNJ (30/7).


Komarudin juga mengatakan UNJ akan memberikan penghargaan kepada Eko Yuli Irawan atas prestasi yang diraih dan mengharumkan nama bangsa.


"Penghargaan tersebut berupa beasiswa full dan bisa berbentuk lainnya" tegasnya.


Sementara itu, pada kesempatan yang sama, Wakil Rektor 3 Bidang Kemahasiswaan dan Alumni UNJ, Dr. Abdul Sukur, M.Si., mengatakan, prestasi di Olimpiade yang dipersembahkan Eko bagi Indonesia dan UNJ khususnya bisa meningkatkan motivasi mahasiswa lainnya untuk menggapai pentas dunia.


"Dengan begitu, mahasiswa UNJ selain membawa nama harum Indonesia, juga membawa nama baik UNJ" katanya.


Penghargaan Kedutaan Besar Indonesia untuk Jepang


Sebelumnya, Eko beserta Windy Cantika Aisyah sebagai peraih medali di Olimpiade 2020 telah penghargaan oleh Kedutaan Besar Indonesia untuk Jepang.


Atas prestasinya itu, Dubes Heri Akhmadi memberi tiket pesawat Jakarta-Tokyo yang berlaku 1 tahun. Proses pemberian penghargaan digelar Kedubes Indonesia saat melepas kepulangan Eko Yuli-Windy bersama 5 atlet lainnya sebelum pulang ke tanah air pada Kamis (29/7/2021).


Bagaimana detikers? Bangga kan punya perwakilan kampus yang berprestasi di ajang Internasional seperti mahasiswa UNJ?



Simak Video "Fleksibilitas Universitas Terbuka Membawa Mahasiswanya Berprestasi"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia