Transol Kuta, Tempat Berburu Oleh-oleh Bali Kain Pantai-Arak Lokal

Triwidiyanti - detikBali
Rabu, 10 Agu 2022 12:32 WIB
Pembukaan Transmart Oleh-oleh (Transol) Sunset Road, Kuta, Badung, Bali, Kamis (10/8/2022).
Pembukaan Transmart Oleh-oleh (Transol) di Sunset Road, Kuta, Badung, Bali, Kamis (10/8/2022). Foto: Triwidiyanti/detikBali
Badung -

Transmart Oleh-oleh (Transol) hadir di Bali, tepatnya di Jalan Sunset Road, Kuta, Kabupaten Badung. Transol Kuta menambah salah satu destinasi oleh-oleh dan retail di Bali. Yuk, berburu oleh-oleh khas Bali, mulai dari kain pantai hingga arak lokal Bali.

GM Transmart Budiman Sinaga mengatakan, Transol Kuta merupakan perubahan dari Transmart retail menjadi salah satu destinasi oleh-oleh tanpa menghilangkan retailnya, sehingga menjadi one stop shopping. Pihaknya mentargetkan kunjungan 70 persen wisatawan domestik dan 30 persen wisatawan asing, dengan target omzet penjualan Rp 450 juta.

"Jadi perubahan itu sebenarnya mengikuti behavior dari customer sebelum pandemi, Transmart Carrefour Sunset Road, didominasi wisatawan China, ketika behavior wisatawan China menurun, kami coba mengikuti alur wisatawan domestik yang mencapai 10 ribu per hari," katanya, saat pembukaan Transol Kuta, Kamis (10/8/2022).


Adapun kelebihan Transol Kuta dibanding gerai oleh-oleh lain di Bali, katanya, memiliki gerai penjualan minuman arak dan wine satu-satunya di Bali, serta ada sekitar 120 UMKM Bali.

Perwakilan Store Manager Transol, Ida Ayu A Paramitaswari mengatakan, saat ini terdapat sebanyak 70 arak lokal Bali. Arak tersebut sangat berkualitas dan telah mengantongi izin NPPBKC dari Bea Cukai, serta izin SKP dan SKPA dari Dirjen Perdagangan dalam Negeri.

"Itu izin menjual alkohol saja, tidak minum di tempat," kata Paramitaswari.

Untuk arak, imbuhnya, masuk golongan minuman alkohol tipe C dengan kadar alkohol 40 persen dan wine masuk kategori minuman beralkohol golongan A dan B.Untuk harga arak Bali ukuran 100 mili mulai dari Rp 100 ribuan sampai Rp 1 juta.

"Kalau wine itu golongan A mulai dari 3 persen, A dan B itu sampai 13 persen," jelas Paramitaswari.

Selain itu, terdapat berbagai aksesori, baju, kain pantai, dan aneka kerajinan lokal Bali hadir di area Transol Kuta. Seperti, kain pantai premium dibanderol kurang lebih Rp 128 ribu. Kain ini berasal dari Sukawati dan dilukis langsung oleh perajin. Selain lukisan, juga ada kain pantai printing.

Area Transmart saat ini masih terdiri dari tiga lantai, di mana lantai 1 berisi fashion (pakaian), kedua home and living (perabotan rumah tangga), dan lantai 3 penggabungan oleh-oleh dan retail dengan luas 2.000 meter persegi.

Pengunjung Transol Kuta juga dimudahkan layanan Trans Home Delivery bekerjasama dengan JNT Express. Layanan ini merupakan pengantaran paket ke hotel atau tujuan pembeli dengan harga terjangkau.

Bagi pengunjung yang merupakan nasabah Allo Bank akan mendapatkan diskon menarik. "Ketika punya Allo bank, pengunjung mendapat free parking Rp 1 selama satu hari, ketika customer belanja dengan Allo Prime juga mendapat diskon 10 persen dan tambahan diskon 5 persen menggunakan pay later," pungkas Budiman Sinaga.



Simak Video "Kesan-kesan Prilly Latuconsina Jadi Dosen di UGM"
[Gambas:Video 20detik]
(irb/iws)