Usut Tragedi Kanjuruhan, Jokowi Perintahkan Menpora-Kapolri ke Malang

Tim detikcom - detikBali
Minggu, 02 Okt 2022 15:31 WIB
Menpora Zainudin Amali saat di UNNES, Semarang, Senin (26/9/2022).
Foto: Menpora Zainudin Amali (Afzal Nur Iman/detikJateng)
Bali -

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali dan Kapolri Listyo Sigit Prabowo diperintahkan Presiden Jokowi terbang ke Malang terkait tragedi kerusuhan yang menewaskan 174 orang di Stadion Kanjuruhan, Malang.

Hal tersebut disampaikan Menpora lewat keterangan pers tertulis, Minggu (2/10/2022). Dia pun meminta pihak yang terlibat bertanggung jawab ditangani sesuai dengan aturan yang berlaku.

"Kita jadikan tragedi ini sebagai pelajaran berharga yang memilukan kita semua dan harus menjadi yang terakhir. Kepada mereka yang harus bertanggung jawab tentu harus bisa mempertanggungjawabkan sesuai aturan yang berlaku (aturan FIFA, aturan PSSI & aturan-aturan lainnya yang berlaku di negara ini)," kata Zainudin melalui keterangan pers tertulis, Minggu (2/10/2022).


Zainudin menyampaikan Presiden Joko Widodo memerintahkan untuk segera menginvestigasi serius dan mengusut tuntas tragedi kerusuhan ini. Berangkat dari itulah, dia pun segera berkoordinasi dengan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan Ketua Umum Mochamad Iriawan (Iwan Bule) untuk melakukan penanganan secara cepat dan menyeluruh.

"Bapak Presiden telah memberikan arahan melalui mensesneg kepada menpora & kapolri untuk segera menginvestigasi secara serius kejadian ini dan mengusut tuntas apa yang menjadi penyebab terjadinya kerusuhan ini. Selanjutnya, Bapak Presiden memberi arahan untuk segera ke Malang dan melihat kondisi korban yang sedang dirawat di rumah sakit serta bertakziah kepada keluarga korban yang meninggal," ujarnya.

"Menindaklanjuti arahan tersebut, saya segera berkoordinasi dengan kapolri & ketum PSSI untuk segera mengambil langkah penanganan secara cepat & tepat. Saya berharap kita harus mengevaluasi secara menyeluruh pelaksanaan pertandingan sepakbola (baik kompetisi maupun turnamen) agar tragedi Kanjuruhan ini tidak terulang lagi di masa depan," sambungnya.

Zainudin, Sigit, dan Iwan Bule segera berangkat ke Malang. Zainudin akan segera menginformasikan perkembangan selanjutnya setelah tiba nanti.

"Setelah saya & kapolri serta ketum PSSI tiba di Malang akan segera menginformasikan perkembangan berikutnya," ungkapnya.



Simak Video "Kapolri, Menteri, PSSI Bicara Tragedi Kanjuruhan"
[Gambas:Video 20detik]
(hsa/dpra)