Shin Tae-yong Bicara soal Pemain Temperamental yang Rugikan Tim

tim detikSport - detikBali
Selasa, 19 Jul 2022 07:36 WIB
Pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong menjawab pertanyaan detikSport dalam wawancara eksklusif.
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong. Foto: Andhika Prasetia/detikcom
Bali -

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong berbicara soal pemain temperamental yang justru merugikan tim. Ia mengaku tidak menyukai perilaku tersebut karena bisa membawa kerugian untuk tim.

"Itu kelakuan yang sama sekali tidak boleh dilakukan. Saya benar-benar tidak suka dengan hal itu," kata Shin dalam pembicaraannya di saluran YouTube Sport77 Official, dilansir dari detikSport.

Menurutnya, bersikap temperamental seperti mendorong pemain lawan atau bahkan bertengkar, tidak boleh dilakukan. Karena bukannya mendapat keuntungan, perilaku tersebut justru menjadi bumerang untuk tim sendiri.


"Mendorong-dorong pemain lawan atau bertengkar dengan lawan itu sama sekali tidak boleh dilakukan karena bisa merugikan tim sendiri. Mungkin karena lihat pertandingan melawan Thailand, ya, jadi membicarakan ini?" sambungnya.

Ia kemudian bercanda, daripada mendorong lawan yang bisa menyebabkan kartu merah, lebih baik langsung memukulnya.

"Jadi sebenarnya dorong-dorongan begitu saja sudah dapat kartu merah, mending sekalian tonjok saja, hajar saja biar bonyok. Dorong-dorongan bisa bikin kita dapat tiga kartu merah, itu yang membuat saya tidak terima. Jadi, ya, mending hajar saja," kata Shin sambil disambut tawa.

Shin Tae-yong lalu menyebut kelebihan sekaligus menjadi kelemahan pemain Indonesia. Pelatih asal Korea Selatan itu mengatakan, pemain Indonesia memiliki sifat lemah lembut, yang menurutnya baik tapi sangat tidak cocok jika dibawa ke dalam lapangan.

"Mungkin saya bicara seperti ini saja. Sifat yang tidak boleh dimiliki seorang atlet terlalu baik atau lemah-lembut," mantan pelatih Timnas Korea Selatan itu menjelaskan.

"Sebetulnya bisa dibilang itu sebagai kelebihan, tetapi itu juga bisa menjadi kelemahan di dalam lapangan. Untuk menjadi tim yang lebih baik sebenarnya itu (lemah-lembut) tidak baik," sambungnya.

Ia lalu bercanda lagi dan mengatakan sedang mengajarkan pemain Indonesia untuk menjadi lebih berani bertarung seperti bad boy. "Memang sedang diajarkan seperti itu (menjadi bad boy)," ujar Shin Tae-yong sambil tertawa, yang kemudian memperagakan pukulan-pukulan tinju.



Simak Video "Akting Kocak Shin Tae-yong Bintangi Iklan Makanan Khas Korea"
[Gambas:Video 20detik]
(irb/irb)