Vietnam-Thailand Akhirnya Tumbang di Piala AFF U-19

Tim detikSport - detikBali
Kamis, 14 Jul 2022 08:33 WIB
Logo Piala AFF U-19 2022
Timnas U-19 Vietnam dan Thailand akhirnya tumbang. Keduanya sempat menuai kecaman lantaran dituding main aman di fase grup Piala AFF U-19 2022. (Foto: dok.Instagram @pssi)
Bali -

Timnas Vietnam U-19 dan Thailand akhirnya tumbang. Setelah sempat menuai kecaman para pecinta sepakbola di Indonesia lantaran main aman kala bertemu di fase grup Piala AFF U-19 2022, kini keduanya sama-sama terdepak di semifinal. Adapun Vietnam dibantai Malaysia 0-3 dan Thailand disikat Laos 0-2.

Dilansir dari detikSport, Timnas Malaysia U-19 dan Timnas Laos U-19 dipastikan melaju ke final Piala AFF U-19 2022. Sementara itu, Vietnam dan Thailand selanjutnya akan kembali berhadapan dalam laga perebutan tempat ketiga di Stadion Patriot Candrabhaga, Jumat (15/7/2022) mendatang.

Kegagalan Vietnam dan Thailand menuju final membuat pendukung Timnas Indonesia di Tanah Air bersorak, terutama di media sosial. Sejumlah meme bertebaran. Beberapa menyebut 'Karma Is Real' dan ada pula yang menyebut 'The Power of doa Netizen Indonesia'.


Seperti diketahui, Vietnam dan Thailand menuai kecaman dari suporter Indonesia, usai keduanya berimain imbang 1-1 di laga terakhir fase grup Piala AFF U-19 2022. Kedua tim ini dinilai bermain tak sportif hingga muncul kecurigaan bermain mata untuk mengamankan kelolosan menuju semifinal.

Diketahui, dengan hasil 1-1 itu, Vietnam dan Thailand sudah dipastikan lolos; sedangkan Indonesia tersingkir. Kendati punya 11 poin yang sama dengan Vietnam dan Thailand, Indonesia tetap tak bisa lolos lantaran kalah head-to-head dalam klasemen.

Adapun kecurigaan bahwa Vietnam dan Thailand bermain mata muncul setelah di 15 menit terakhir. Ketika itu, Vietnam menyamakan kedudukan. Setelah itu para pemain cuma mengoper dan memainkan bola di belakang, tanpa menunjukkan tekad untuk menang.

Aksi kedua Timnas ini turut disorot Pelatih Timnas Indonesia U-19 Shin Tae-yong. Pelatih asal Korea Selatan itu meragukan kedua tim memeragakan sebenar-benarnya fairplay.

Tak hanya Shin Tae-yong, PSSI juga melayangkan protes kepada ASEAN Football Federation (AFF). PSSI menyebut laga Vietnam vs Thailand, Minggu (10/7/2022) dengan skor 1-1, sebagai pertandingan yang tidak sportif. Itu pula yang dianggap menjadi salah satu penyebab Timnas Indonesia U-19 tersingkir.



Simak Video "Akting Kocak Shin Tae-yong Bintangi Iklan Makanan Khas Korea"
[Gambas:Video 20detik]
(iws/iws)